Langsung ke konten utama

Dia Begitu Mengesankan Hati



Oleh : Jaisyurrahman

Dulu semasa kecil, saya tergolong anak yang pendiam, tidak senang ngobrol berbincang-bincang dengan orang lain, mau bicara ketika ada yang mengajak atau menyuruh untuk berbicara, sampai-sampai banyak orang bilang saya itu orangnya “cicingeun” alias pendiam. Jujur pada saat itu saya tidak senang bertemu dengan orang lain dan saya baru bisa dekat dengan orang yang benar-benar sudah saya kenal. Sepertinya orang-orang pada saat itu merasa sangat tidak nyaman bertemu dan dekat dengan saya. Betapa menyesalnya saya. Semoga kedepan tidak lagi demikian.
Sekarang Anda bayangkan, kalau Anda seorang direktur sebuah perusahaan yang baru diangkat, dan Anda harus dekat dengan sekretaris pribadi Anda yang sikapnya sangat dingin, ia tidak pernah tersenyum, tidak mau memulai pembicaraan, bahkan ketika Anda mengajak ngobrol untuk urusan perusahaan dan tugas Anda seoalh tak ada ketertarikan untuk membicarakannya,  tak pernah menghadapkan wajah bentuk simpati kepada Anda sebagai atasannya. Saya rasa kalau Anda normal mungkin Anda langsung mengganti dengan sekretaris yang baru yang lebih hangat ketika bericara, yang tanggap ketika diminta pertolongan, berupaya melakukan tugasnya dengan baik, menampakan sikap ceria dihadapan Anda, yang selalu mencoba memahami keadaan Anda ketika Anda ngobrol masalah perusahaan kepadanya.
Atau kalau Anda berkerja sebagai public relations perusahaan yang sangat Anda cintai, lalu ketika Anda bertemu dengan calon klien Anda, mereka bersikap dingin seolah tak peduli, menunjukan wajah datar seolah tidak menganggap penting Anda dan perusahaan Anda, penawaran yang Anda berikan ditanggapi semaunya, kalau saya jadi Anda tentu sangat tidak mengenakan, tidak salah Anda akan menandai perusahaan-perusahaannya atas sikapnya terhadap tawaran kerja sama perusahaan Anda.
Hal yang sederhana, misalnya Anda memiliki teman baru yang sikapnya begitu dingin, jutek, tidak pernah perhatian, tidak pernah menganggap eksistensi Anda, tidak pernah menunjukan sikap senang bertemu dan bersahabat dengan Anda, sepertinya Anda tidak akan mau lagi dekat dengan orang itu, dan Anda lebih memilih mencari orang lain untuk jadikan teman Anda.
Yang lebih membahayakan adalah ketika orang-orang yang seperti diatas itu adalah istri, suami, atau mungkin mertua Anda. Tentu hal tersebut akan berdampak pada tidak harmonisnya bangunan keluarga yang Anda idamkan. Maka marilah kita sepakati bahwa kita benar-benar harus menjadi pribadi yang menyenangkan dan mengesankan semua orang siapapun itu.
Adalah Nabi Muhammas saw, orang yang yang memiliki perangai terbaik sepanjang sejarah manusia, dan beliau telah mengajarkan arti pribadi yang indah dan mengesankan, bahkan banyak Anda dengar kisahnya, dimana banyak orang yang ketika mendengar Muhammad membawa agama baru, maka mereka menghardiknya, membencinya dan mencaci makinya, tetapi ketika sudah bertemu dengan orangnya secara langsung, maka mereka berpikir 180 derajat, yang awalnya sangat membenci akhirnya sangat mencintainya, bahkan rela berkorban nyawa untuk berjuang bersamanya, sebutlah nama Umar Bin khatab, kisahnya bisa and abaca kembali di buku sirah nabi Muhammad saw.
Sosok lain yang memiliki kesan mendalam adalah Assyahid Imam Hasan Albana, seorang tokoh pergerakan di mesir, beliau adalah pribadi yang sangat baik, penuh simpati dan begitu mengesankan kepada semua orang yang ditemuinya. Bagaimana tidak beliau menyampaikan nasehat di café-café dan semua orang di café mau mendengarkan nasihatnya dan tidak lama kemudian mereka bersama dalam barisannya, memperjuangkan islam dan kebenaran. Pernah dikisahkan seorang yang bertemu dengan Imam Hasan Albana, terkejut karena sang imam mengenal baik dirinya, padahal ia sendiri sudah  tidak ingat lagi kapan bertemu dengan sang imam tersebut.
Sekarang, mari perhatikan diri Anda masing-masing, apakah Anda sudah memiliki sikap diri yang menyenangkan dan mengesankan orang lain, ataukah Anda masih seperti orang-orang yang saya ceritakan diatas? Lalu mengapa Anda harus menjadi pribadi yang mengesankan, dan bagaimana caranya agar Anda bisa mengesankan orang lain?
Sebelum saya paparkan, mohon do’akan agar saya lebih dulu mengamalkan setiap apa yang saya katakana termasuk yang saya tuliskan dalam artikel ini. Alasan mengapa Anda harus menjadi pribadi yang mengesankan karena sikap yang mengesankan adalah sikapnya orang-orang sukses, orang-orang besar, itu berarti ketika Anda ingin menjadi orang sukses dan besar dalam hidup Anda, maka mulailah memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan orang lain, buatlah semua orang terkesan dengan akhlak Anda, cara berbicara Anda, cara menyapa Anda, cara berjalan Anda, cara bertemu dan berpisah dengan orang lain, cara Anda menghormat orang lain, cara Anda mengganggap penting orang lain serta cara Anda memposisikan  orang lain.
Cara pertama agar Anda menjadi pribadi yang mengesankan adalah dengan senantiasa menjaga rona wajah Anda untuk tetap berseri penuh karisma, senyum senantiasa dipasang sebagai citra diri, dan Anda menggunakannnya kepada semua orang. Coba Anda perhatikan orang-orang besar seperti Step Job, Bill Gate, para pengusaha minyak dari timur tengah, para selebritis dunia, presiden Barack Obama, kebanyakan dari mereka adalah orang yang senantiasa tersenyum manis, dan berupaya untuk tidak memperlihatkan wajah kusam dan kusut kepada orang lain. Anda pun demikian, pastika wajah senantiasa tersenyum, dan jangan pernah memperlihatkan wajah yang tidak menyenangkan orang lain.
Saya ingat kata-kata guru saya Hari Subagya, dalam bukunya Time To Change beliau menuslikan bahwa “senyum adalah kunci pembuka persahabatan. Senyum adalah obat bagi kegalauan, senyum bisa menurunkan ketegangan. Senyum membuat wajah Anda menjadi lebih indah”. Luar biasa bukan? Saya teringat ketika masa SMP dulu, saya dengan teman selalu takut kalau melewati terminal, karena biasanya disana berkumpul orang-orang yang bebas (free man), diman citra yang ada pada saat itu mereka adalah orang-orang yang tidak menyenangkan bahkan banyaknya menegangkan. Pada suatu kesempatan saya melewati tempat “angker tersebut, dengan wajah yang penuh senyum, dan saya lemparkan senyum saya kepada mereka sembari saya katakan “Punten kalangkuangan”, artinya “permisi saya numpang lewat”,    sungguh diluar dugaan, ternyata mereka memberikan kesan yang baik kepada saya, sampai-sampai ketika bertemu kami selalu saling saling sapa, saling melempar senyum, dan ketika saya masuk SMA kami bersama ketika main bola, volley bareng, dan bahkan akhirnya saya dekat dengan mereka.
Kedua, miliki sikap simpat dan empati kepada semua orang. Pandangi bahwa orang yang bersama Anda bukan orang sembarangan, hargai dan hormati semampu Anda, tinggikan derajat kemanusiaannya. Ketika Anda berbicara dengan orang lain, maka pasang muka ceria, dan Anda siap mendengarkan apa yang dikatakannya, jangan pernah membuang muka, coba dengarkan dan perhatikan setiap apa yang dikatakannya dengan penuh rasa penasaran. Pasang wajah bahwa Anda merasa tertarik dengan apa yang ia bicarakan. Apalagi kalau beliau adalah utusan dari perusahaan pathner Anda, maka tentu sikap Anda harus sangat baiak kepada orang tersebut.
Ketiga, berikan pelayanan terbaik (best service), ini penting untuk Anda biasakan dalam kehidupan sehari-hari, jadi apapun profesi Anda, maka lakukanlah dengan penuh kesungguhan, berikan kualitas layanan terbaik sesuai kemampuan Anda. Misalnya Anda menjadi karyawan disebuah perusahaan maka jadilah karyawan yang selalu berupaya maksimal dalam performa kerja, begitupun Anda yang menjadi pemimpin maka berikanlah kualitas layanan terbaik kepada bawahan Anda, begitupun yang menjadi pendidik, entertainers, dan semuanya, maka pastikan Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada semua orang. Begitupula kalau Anda ingin menjadi pribadi yang mengesankan di mata Allah swt, maka lakukanlah pengabdian (ibadah) terbaik yang Anda bisa.
Keempat, jangan beri kesan “tidak”, dimanapun Anda berada, dengan siapun Anda bersama, maka pastikan jangan ada kesan tidak, misalnya tidak menyenangkan, tidak mengesankan, tidak mengenakan, tidak memperhatikan, tidak menghargai, tidak menyayangi, tidak simpati, tidak empati, tidak peduli, tidak care, dan kesan “tidak-tidak” yang lainnya.
Masih banyak yang bisa kita lakukan untuk melatih diri Anda agar menjadi pribadi yang mengesakan bagi orang lain, mudah-mudahan di tulisan berikutnya bisa kembali saya paparkan. Tapi yang paling  inti orang yang mengesankan adalah orang yang baik akhlaknya, yang tidak mungkin dimiliki oleh orang yang baik hatinya, orang yang memahami betul ilmu berkomunikasi dengan orang lain, maka saran pertama saya adalah mari kita terus perdalami ilmu, salah satunya ilmu tentang kepribadian, lalu amalkan. Banyak sekali buku yang menjelaskan tentang hal tersebut, tinggal bagaimana Anda mau bersungguh-sungguh untuk mendalaminya. Semoga bermanfaat dan selamat menjadi pribadi yang mengesankan. Agar semua orang nyaman dengan Anda dan mereka selalu berkata “dia begitu mengesankan hati”. Selamat, Anda pasti bisa melakukannya. 

Komentar

  1. luarbiasa... kang ada saran supaya ana suka membaca?Y(^_^)Y

    BalasHapus
  2. hmm apa ya, ada konsep dobrak diri, artinya sebuah metode yang ahrus kita lakukan, terhadap hal2 baik yang sebelumnya sama sekali tidak ktia sukai,bahkan mungkin kita membencinya... dan akang telah banyak emlakukan itu, alhamdulillah,
    pada awalnya memang berat, namun setelah dicoba, bisa juga dinikmati kok,,

    BalasHapus
  3. Editing ejahan pekerjaan mudah yang memiliki dampak luar biasa. So, don't for get it! Sukses selalu Akh Ence.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah dikunjungi teh Imas... sekalian saya mau minta bantuan teteh jika sedang tidak sibuk, saya sedang mencari editor untuk tulisan saya, yang rencananya mau di bukukan... dan belum menemukan orang yang tepat, tapi saya juga masih ragu dengan kesibukan teteh yang luar biasa... saya mencari editor yang sama-sama senang dengan buku atau tulisan motivasi... dan yang juga senang dengan self devellopment.... jika teteh tidak keberatan, akan sangat bersyukur... terimakasih untuk sarannya.. sejujurnya setiap tulisan yang saya post kebanyakan tidak pernah saya review dulu... thats my mistake, but insya Allah, i will to try.... thanks... good luck for go to malaysianya...

      Hapus
  4. Actually, Teteh adalah salah seorang yang cukup rajin membaca tulisan-tulisan Akh Ence. Hanya saja baru kali ini menyempatkan diri memberi komentar.

    Subhanallah, menurut Teteh, Akh Ence termasuk salah satu penulis yang produktif, dan dari itu semua tergambar jelas keseriusan Akh Ence dalam menulis (itulah hal yang belum Teteh miliki); jadi iri.

    Mengenai komentar Teteh di atas mksudnya begini, meskipun tidak banyak komentar di kotak komentar setiap postingan, tapi Teteh sangat yakin bahwa banyak sekali orang-orang yang membaca tulisan Akh Ence. Jadi sudah saatnya setiap tulisan yang dibuat itu disempurnakan dahulu sebelum posting supaya isi tulisan tersebut dapat diterima dengan utuh oleh readers.

    Selanjutnya, jika memang Akh Ence percaya tulisannya diedit oleh Teteh yang masih belajar di tingkat dasar dalam dunia editing, with pleasure....Mangga kintunkeun wae.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.... insya Allah saatos di review ka abdi, kin dikintunkeun, supados tos utuh satu bahan bukuen, mung masih bingung oge, judulna teu acan kapendak.... manawi kin gaduh saran kango tipe tulsian anu sapertos kieu... haturnuhun teh, upami tos di malaysia... kabari....

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Rencanana bade diajengkeun ka penerbit mana Akh? Biasana Penerbit oge sok nyayogikeun editor. Janten ke hasil editan Teteh oge tangtos bakal disampurnakeun deui ku editor penerbitna. Tapi teu sawios, mudah2an tiasa meringankan tugas editorna, sareng nu teu eleh penting mah Teteh tiasa diajar ngedit.

      Hapus
    4. masih memilih dan memilah sareng jenis bukuna, margi kedah nyesuaikan oge sareng kekhasan penerbitna.. muhun teh

      Hapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste