Langsung ke konten utama

Mau Tahu Keterbatasan Diri Anda!



Oleh : Jaisyurrahman

Konon katanya orang yang tercerdas dalam sejarah yang diyakini oleh kebanyakan para intelectual dunia adalah Einstein, dan konon katanya orang hebat tersebut baru hanya menggunakan kapasitas otaknya sebesar 2,5% saja. Anda bayangkan baru 2,5% sudah seperti itu, bagaimana kalau dimaksimalkan hingga 100%, pasti lebih luar biasa. Lalu berapa persen kapasitas otak Anda yang telah dimaksimalkan?
Saya sendiri sampai saat ini masih sepakat bahwa kapasitas otak manusia seandainya di maksimalkan maka hasilnya akan sangat luar biasa. Dan kita termasuk saya, sampai saat ini baru menggunakan sebagian kecilnya saja. Faktornya karena kita tidak tahu bagaimana cara memaksimalkannya. Hal lain karena banyak virus dalam diri kita yang menghambat perkembangan diri, yang membuat otak kita tidak bisa digunakan secara maksimal, hal lain barangkali karena terlalu banyak masalah yang kita rasakan, sehingga kecepatan otak kita tidak bisa maksimal.
Jika Anda perlu bukti bahwa diri kita masih serba kekurangan dan masih banyak upaya untuk memaksimalkanya adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Tapi sebelumnya saya ingin Anda kondisikan dulu pikirannya. Hilangkna dulu berbagai hal yang mmebuat Anda tidak konsentrasi. Saya akan ajukan beberapa pertanyaan terhadap sesuatu yang tidak asing bagi Anda, bahkan boleh jadi setiap detik Anda berinteraksi dengannya, yang saya maksud adalah Handphone.
Silakan Anda jawab dengan jujur, apa merk handphone Anda? Dinegara mana diproduksinya? Tahun berapa dikeluarkannya? Apa nama perusahaan/pabrik yang memproduksinya? Dimana alamat lengkap pabriknya? Berapa jumlah karyawan perusahannya? Siapa pemilik utama perusahaannya? Sejak kapan perusahaan itu dibangun? Dari mana bahan baku untuk membuat handphonenya diperoleh? Apa jenis bahan yang dominan di pakai untuk membuat handphone Anda? Apa saja fitur handphone yang Anda gunakan? Berapa total cost yang dikeluarkan untuk membuat 1 handphone Anda? Berapa tahun masa tahan handphone Anda? Dinegara mana saja handphone yang Anda gunakan dipasarkan? Dinegara mana pengguna terbesar handphone yang sama dengan handphone?
Pertanyaannya lainnya, bagaiman proses distribusinya sehingga barang itu sampai ketangan Anda? Berapa keuntungan bersih yang didapatkan oleh pihak produsen dan distributor? Selanjutnya sudha berapa ribu sms yang Anda kirimkan dan Anda terima? Apakah Anda mengetahui cara memperbaiki jika handphone Anda rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik? Dan masih banyak pertanyaan lain yang terkait dengan handphone Anda? Pertanyaan saya dari sejumlah pertanyaan diatas, berapa pertanyaan yang berhasil Anda jawab dengan baik dan benar?
Setiap pertanyaan diatas ada jawabannya. Hanya keterbatas kemampuan otak kita untuk mencari tahunya. Mari kita jujur pada diri sendiri, sesungguhnya diri kita masih banyak kekurangan, masih banyak hal yang tidak kita ketahui dari pada yang sudah kita ketahui. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kita perlu melakukan serangkaian strategi untu terus mengupgrade diri kita, kuncinya adalah B4, yakni belajar, belajar, belajar dan berdo’a. Insya Allah Anda akan memaksimalkan otak yang telah diberikan Tuhan untuk dioptimalkan.
Mari manfaatkan waktu yang tersisa, jangan kita biarkan berlalu tanpa ilmu, amal dan karya, semoga Anda dan saya akan selalu berupaya sungguh-sungguh untuk menjadi pribadi yang lebih dahsyat, lebih hebat dan lebih bermanfaat. Tentu untuk kemajuan diri, keluarga, bangsa dan negara serta dunia agar lebih baik, lebil Adil dan lebih sejahtera, sehingga tercipta peradaban yang luar biasa. Aamin. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste