Langsung ke konten utama

Ringkasan Ceramah Tarawih Mendikbud di UPI


Versi: Ence Surahman


Dalam tulisan ini  Anda akan membaca ringkasan konten ceramah tarawih Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang disampaikan di Universitas Pendidikan Indonesia, Jum’at malam Sabtu tentu dengan menggunakan bahasa saya sendiri tapi insya Allah tidak keluar dari konten yang pak Menteri sampaikan. Adapun tipe tulisannya seolah-olah saya sedang bercerita apa yang saya dengar dalam ceramahnya pak menteri. Selamat menyimak semoga mendapatkan kesan yang sama yang saya dapatkan ketika mendengarkan langsung dari beliau.
Diawal ceramah selepas membacakan alimah muqodimah dalam bahasa Arab, Pak Menteri mengajak semua jama’ah untuk bersyukur kepada Allah atas setiap nikmat yang telah dan masih kita nikmati, baik itu nikmat iman dan islam juga nikmat kesehatan. Beliau mengingatkan bahwa mungkin ada diantara saudara kita yang tahun kemarin masih bisa menikmati ramadhan dengan dalam keadaan sehat, tahun sekarang tidak bisa menikmatinya karena sedang sakit, atau ada saudara kita yang hari ini tidak bisa ikut shalat berjama’ah tarawih karena sedang terbaring sakit atau sudah meninggal dunia, bagi kita yang sedang sehat, alhamdulillah masih bisa shaum, bisa shalat berjama’ah maka marilah kita bersyukur kepada Allah swt.
Selanjutnya beliau mulai masuk pada inti ceramah, beliau memulai dengan menyinggung perkara hati. Beliau menyampaikan apa yang disampaikan oleh Imam At-turmudzi, bahwa dalam pandangan Imam At Turmudzi yang namanya hati manusia itu terbaga menjadi empat lapisan, yakni lapisan yang terluar disebut sodr, kemudian lapisan berikutnya disebut qolb, kemudian lapisan yang ketiga disebut dengan fu’ad dan lapisan yang terakhir dinamakan lub.
Kemudian beliau menjelaskan dalam pandangannya bahwa lapisan yang terluar sodr itu berarti islam, karena islam bisa nampak dari luar, kita bisa membedakan orang islam dan yang bukan misalnya dari terlihatnya ia shalat, mengeluarkan zakat, naik haji, membaca qur’an dan lain-lain artinya perkara yang terlihat oleh mata. Adapun tingkatan yang kedua yakni qolb beliau ibaratkan sebagai iman, yang tidak bisa dilihat oleh mata pisik karena keimanan menyangkut hubungan seseorang dengan Allah. Lapisan yang ketiga dinamakan fu’ad atau yang diibaratkan dengan mukhsin artinya kualitas hati yang dimiliki oelh orang-orang yang memiki keimana yang luar biasa, sehingga yang ada dalam hatinya hanya Allah, mereka tidak akan peduli dengan tanggapan orang lain, yang mereka cari adalah ridho Allah. Dan kualitas hati yang terakhir yakni lub hanya dimiliki oleh para nabi dan Rasul.
Hati ibarat rumah
Beliau menganalogikan hati sebagai rumah, dimana sodr itu diibaratkan sebagai bagian ruang tamu, teras dan taman rumah, sedangkan qolb diibaratkan sebagai ruang utama rumah, sementara fu’ad diibaratkan ruang kamar pribadi dan atau ruang kerja pribadi yang tentunya hanya orang-orang tertentu yang bisa ada disana, sementara lub itu ibarat sesuatu yang disimpan didalam brangkas yang dikunci karena saking berharganya.
Hiasi taman depan rumah denagn 4 jenis tanaman
Karena waktu yang terbatas beliau hanya membahas lebih dalam tentang sodr yakni taman rumah. Kata beliau hiasilah taman rumah dengan empat jenis tumbuhan yakni kejujuran, kasih sayang, syukur dan sabar. Penjelasan secara tertulis mengenai keempat jenis tanaman tersebut adalah sebagai berikut:
1.       Kejujuran
Menurut beliau kejujuran adalah perkara yang sangat luarbiasa, sangat dibutuhkan dan sangat dirindukan. Mengeni kejujuran beliau bercerita tentang sebuah kisah pemuda berusia kisaran 18 tahun yang pamitan kepada orang tuanya untuk mencari ilmu ke Baghdad Irak, ketika hendak berangkat ibunya memberikan bekal uang sebanyak 80 dinar, kalau di hitung sekarang mungkin kisaran 136 juta rupiah, dengan asumsi satu dinar sama dengan 1,7 juta rupiah. Semua dinar itu dijahitkan di bawah lengan bajunya yang dipakai dalam perjalanan.  Singkat cerita diperjalanan yang akan ditempuhnya dengan jarak yang jauh, beliau memutuskan untuk ikut dengan kafilah dagang yang juga mau ke baghdad, ditengah perjalanan mereka dihadang oleh para perampok, singkat cerita masing-masing diperiksa satu persatu untuk diambil hartanya.
                Tiba giliran sang pemuda yang ditanya oleh perampok “kamu membawa apa”? kata sang pemuda dengan jujur beliau mengatakan saya membawa uang sebesar 80 dinar. Sambil ditunjukan pakaian yang berisi penuh dengan dinar tersebut. Karena dianggapnya main-main, akhirnya sang perampok melepaskan begitu saja. Namun karena heran dengan sikap jujurnya sang perampok melaporkan ulah sang pemuda tadi ke ketua kelompok/komandan rampoknya, sampai kemudian sang pemuda menurut dan menghadap ke komandan rampok, lalu sang komandan bertanya “Wahai Pemuda, apa gerangan yang membuat engkau berlaku seperti itu?” dengan penuh keyakinan sang pemuda menjawab “sesungguhnya ketika saya berangkat dari rumah ibu saya berpesan “nak, jujurlah engkau, dimanapun dan dalam keadaan apapun”, maka ketika mendengar perkataan sang pemuda, komandan rampok mencium kakinya dan menyampaikan terimakasih karena sudah diingatkan dan disadarkan bahwa selama ini sang komandan rampok banyak berbohong dengan dirinya dan juga orang lain dan ia amat menyesali perbuatannya. Dan tahukah siapa pemuda yang jujur tadi? Ialah Syeik Alqodir Aljaelani yang namanya harum hingga kini karena buah kejujurannya. Subhanallah.
2.       Kasih sayang
Tanaman yang kedua yang harus di tanam di bagian depan rumah kita/taman (sodr)yakni tanaman kasih sayang. Mengenai kasih sayang pam menteri bercerita tentang sepenggal kisah Saidina Umar bin Khatab, pada suatu ketika Umar menemui anak yang sedang membawa/memegang burung pipit, karena umar kasian melihat burung pipit yang tidak bisa hidup bebas sebagaimana yang lain, akhirnya Umar membelinya dan kemudian melepaskannya. Setelah umar meninggal dunia, dikisahkan ada seorang ulama besar yang bermimpi dialog dengan umar, kemudian sang ulama bertanya “wahai Umar, bagaimanakah keadaan dialam kuburmu?”, Umar menjawab “alhamdulillah baik, bahkan aku merasakan kubur ini seolah-olah taman surga”. Lalu sang ulama masih dalam mimpinya bertanya lagi “lalu amalan apa yang membuat engkau berbahagia di sana?” umarpun menjawab “dulu aku pernah memerdekakan burung pipit.
Subhanallah, hal kecil dan sederhana namun bergi berharga, kita diingatkan oleh salah satu keterangan bahwa cintailah makhluk sesama di bumi maka Allah dan makhluk langit akan mencintai kamu.
Kisah yang lain yang masih terkait dengan tanaman kasih sayang, yakni kisah yang dialami oleh Ali R.a, pada suatu ketika ali sedang berjalan menuju mesjid untuk melaksanakan panggilan Allah yakni shalat berjama’ah, namun dijalan perjalanan beliau terhambat karena ada orang tua yang jalannya sangat lambat, namun walaupun begitu Ali tetap menghormatinya dan tidak mau menyalip orang tua tersebut, hingga akhirnya pas hendak sampai di pintu mesjid rupanya orang tua tadi tidak masuk mesjid ikut sholat, melainkan ia berbelok dan konon orang tua itu bukan orang muslim, beliau seorang nasrani, karena lama diperjalanan Ali baru sampai di mesjid ketika Nabi Muhammad  yang saat itu menjadi imam sedang menyelesaikan raka’at terakhir yakni pada bagian ruku, dan akhirnya Ali masih bisa ikut berjamaah dengan Rosulullah, yakni di akhir ruku pada rakaat terakhir tadi.
Ketika selesai shalat ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rosulullah, “Ya Rasul, mengapa ruku kali ini begitu lama sekali,  tidak seperti biasa?” Rosulullah menjawab “aku diperintahkan untuk menghormati Ali yang telah menghormati orang tua itu”, sungguh luar biasa. Allah begitu memandang spesial hamba yang mau menebar cinta kepada sesama dan untuk saling menghormati terlebih kepada orang yang lebih tua, walaupun ia berbeda keyakinan, maka marilah kita saling menghormati.
3.      Syukur
Tanaman yang ketiga yang harus ditaman di bagian sodr kita adalah tamanah syukur, tanaman ini penting untuk kita tanam dalam hati bagian depan kita, karena dengan syukur maka menjadi pertanda kualitas keimanan seseorang. Syukur dibagi dua yakni denga sebutan As-Syakir dan As-Syakur,  keduanya memili arti yang sama hanya makna yang berbeda, kalau as-Syakir itu sikap syukur terhadap perkara-perkara yang menyenangkan, seperti naik jabatan, naik gaji, mendapatkan rizki banyak, dan hal-hal lain yang menyenangkan dan membahagiakan. Syukur dalam konteks ini relatif mudah melakukannya, artinya semua orang tentu biasanya mengucap syukur ketika mendapatkan tambahan kebahagiaan. Sementara konsep as-Syakur berarti syukur dalam konteks apapun, apakah itu menyenangkan, membahagiakan ataupun sebaliknya, seseorang yang telah memahami dan mengamalkan as-syakur niscaya ia akan senantiasa mensyukurinya, karena ia tahu betul itu semua adalah kehendak Allah swt.
4.      Sabar
Tanaman keempat yang harus ditanam di ruang sodr kita adalah tanaman sabar. Tanaman ini wajib ditanam agar mampu bertahan dari berbagai kesulitan, kesempitan dan kondisi apapun. Sabar menjadi pondasi yang akan selalu berselaras dengan syukur, artinya apapun kondisinya harus senantiasa dibarengi dengan syukur dan sabar. Sebagaimana yang kita pahami bahwa sabar itu dibagi dalam beberapa kontek yakni sabar ketika mendapatkan musibah, kemudian sabar dalam rangkat ta’at beribadah serta sabar dalam rangka menjauhi setiap perkara yang diharamkan.
Kemudian pak menteri menekankan agar keempat tanaman diatas benar-benar ditanam di hati kita masing-masing terutama di hati bagian luar sodr kita. Namun beliau juga mengingatkan yang lebih utama setelah menanam adalah menyiraminya, merawatnya, memupuknya, agar tanaman tadi berbuah lebat, dan aman dari gangguan benalu, atau hama yang lain.
Selepas beliau ceramah, diberikan kesempatan bertanya keapda jama’ah yang ingin mengajukan pertanyaannya, salahsatu penanya mempertanyakan terkiat dengan IPM Indonesia yang cenderung menurun dari setiap tahunnya. Akhirnya Pak Menteri menjawadnya dengan sangat mendetail sampai-sampai beliau berbicara panjang lebar tekait dengan program kemendikbud, dan harapan-harapan  pendidikan bangsa kedepan.
Menanggapi pertanyaan tentang menurunnya IPM Indonesia, Pak Menteri menyampaikan bahwa sesungguhnya IPM Indoensia meningkat hanya yang dipublish ada yang di politisir, bahkan beliau bilang jika tidak percaya bisa dibaca di bukunya yang langsung beliau dapatkan dari pusat pengukur IPM yang ada di Indonesia. Dan kesimpulannya sebenarnya IPM Indonesia meningkat satu tingkat di banding sebelumnya. Menyoal hal ini saya (penulis) memandang bahwa saya sendiri sepakat bahwa IPM Indonesia itu meningkat jauh dibanding beberapa tahun yang lain, hanya yang jadi persoalannya adalah negara lain majunya lebih cepat di banding Indonesia. Hal ini dikarekan mereka lebih mudah mengelolanya karena negara dan penduduknya tidak seluas dan sebanyak Indonesia. Saya (penulis) berhipotesis kalau saja kaisar jepang diminta mengurusi Indonesia, belum tentu bisa membawa Indonesia seperti jepang dalam tempo yang cepat. Atau termasuk presiden Amerika pun kalau di uji coba untuk menjadi presiden RI belum tentu bisa merubah menjadi maju dalam waktu yang singkat.
Generasi 45
Diakhir ceramahnya beliau menyampaikan bahwa sejak tahun 2013 semua lulusan SMP dan sederajat wajib sekolah lagi ke SMA dan yang sederajat, hal ini penting karena berdasarkan penelitian dibeberapa negara bahwa lama pendidikan menpengaruhi kualitas kesehatan, lama masa studi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan negara dan lama masa studi juga berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Maka Kemendikbud mulai merancang berbagai program yang luar biasa, diantaranya wajib belajar 12 tahun, kemudian pembangunan PTN baru diberbagai kabupaten diseluruh Indonesia.
Tujuannya adalah untuk menyiapkan generasi 45 yakni generasi tepat satu abad dari masa kemerdekaan bangsa, karena beliau memahami bahwa setiap 100 tahun/satu abad akan hadir seorang mujadid yakni pembaharu dunia, dan beliau sangat yakin bahwa mujadid-mijadid itu akan muncul dari Indonesia. Bahkan beliau menyampaikan ada tiga tanda yang ini sangat menyakinkan dan tanda ini Allah yang membuatnya.
Tanda yang pertama adalah bahwa Indonesia berpenduduk muslim terbanyak ke empat didunia, pasti ini ada apa-apanya yang menjadi rahasia Allah. Tanda yang kedua hanya negara Indonesia yang pertumbuhan ekonominya menjadi 6,3 % padahal masih banyak korupsi, apalagi kalau tidak ada korupsi pasti lebih maju lagi, yang ketiga luas wilayah negara Indonesia dan posisi negara Indonesia yang strategis berada dikawasan daerah khatulistiwa, dengan sumber dalam alam yang kaya raya.
Adapun ciri dan karakter para pengemban misi generasi 45 menurut beliau adalah sebagaimana firman Allah dalam Surat almaidah ayat 54 Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui
Itulah ayat yang di jadikan pijakan oleh Pak Menteri tentang penyiapan visi generasi 45, generasi satu abad kemerdekaan Negara Indonesia yang kita cintai. Semoga Allah merahmati bangsa ini, amin.
Maka dari itu, dengan upaya kita menyiapkan generasi 45, beliau yakin betul Indonesia bisa menjadi negara besar dan termaju didunia.

Kurang lebih itulah ringkasan ceramah tarawih yang berhasil saya rekam dalam memori saya dan bisa saya tuliskan kembali dalam versi saya, semoga Anda bisa menangkap pesan utama atau intisari dari uraian ceramahnya. 

Komentar

  1. Huaaa,
    KEREN-KEREN-KEREN!!
    ternyata pak Mentri ^^

    BalasHapus
  2. Mhun mangga teh khilda fauziah, pamugi manfaat,

    BalasHapus
  3. SUBHANALLOH, IZIN COPAS, untuk melengkapi buku...

    (serius)
    jika memungkinkan akan saya daftarkan rek-anda agar nanti termasuk dapat transferan secara proporsional dari buku yg dihasilkan. sekedar uang lelah notulensi dan upload.
    email saya : mohandika@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste