Langsung ke konten utama

5 Pesan Penting dari Seorang Musafir


Oleh : Ence Surahman
               
Tulisan ini adalah salah satu oleh-oleh selama liburan kemarin. Singkat cerita selepas agenda gathering dengan sebagian SDM Daarul Qur’an Bandung di daerah Cianjur yang dilaksanakan hari Ahad-Senin,23-24 Desember 2012. Senin pagi selepas shalat subuh, saya dan salah satu teman guru yang ikut ke Cianjur langsung menuju Bandung karena kita sudah punya agenda berikutnya.
                Sampai di Bandung pukul 06.45. Tepat pkul 8.50 saya berangkat ke Garut. Berhubung di kawasan Dayeuh Kolot masih tersisa genangan banjir yang cukup dalam akhirnya saya menggunakan jalan ke arah Ciparay, dan ternyata nyasar L.
Berhubung sudah saatnya shalat dzuhur, saya putuskan untuk shalat di salah satu mesjid yang biasa saya jadikan tempat istirahat ketika menuju atau pulang dari kampung halaman.
Selepas shalat, saya melihat ada sosok orang tua dibelakang saya yang sedang khusyu berdzikir, rupanya beliau tersenum dan datang menghampiri saya untuk sekedar bertanya nama, asal dan tujuan perjalanan saya. Hingga akhirnya beliau bercerita tentang perjalanannya.
Dalam percakapan kami, beliau titip 5 pesan penting untuk saya.  Apa kelima pesan tersebut?
Yang pertama jangan tinggalkan shalat, dan laksanakan shalat tepat waktu, khusus bagi laki-laki pastikan untuk selalu berjamaah. Yang kedua perbanyaklah interaksi dengan al-qur’an, minimal satu hari satu ayat yang dibaca dengan terjemahannya dan akan lebih baik jika dibaca dengan tafsirnya. Tentu ketika kita bisa lebih banyak dari itu, maka hal itu akan lebih bagus untuk kita.
Yang  ketiga rutinkanlah ibadah shalat dhuha dan shalat tahajud, serta istiqomahkanlah waktu pelaksanaannya, niscaya kita akan merasakan dahsyatnya manfaat dari kedua shalat sunah tersebut. Yang ke empat perbanyaklah bersedekah, bila perlu buatlah target sedekah setiap hari, walau jumlahnya tidak besar dan yang paling penting istiqomahlah untuk selalu bersedekah dengan ikhlas. Dan yang terakhir biasakanlah untuk selalu berbaik sangka dan janganlah membiasakan diri untuk berburuk sangka, jika persangkaan kita kepada  seseorang itu adalah 100%, maka 75%nya adalah husnudzon (baik sangka) dan 25%nya adalah hati-hati bukan buruk sangka.
Kata beliau, insya Allah dengan kelima hal tadi, maka hidup kita bisa selamat dan kita bisa menikmati indahnya hidup bersama dalam ketaatan kepada Allah swt.

Diakhir cerita saya semakin penasaran dengan musafir  yang katanya sudah melakukan perjalanan selama 4 tahun 8 bulan ini. Rupanya beliau ini seorang sarjana di bidang manajemen, memiliki dua anak yang pertama perempuan sudah sarjana di Tarbiyah Tebu Ireng dan yang kedua masih di level SMA juga sama di pesantren Tebu Ireng. Yang luar biasa keduanya sudah hafidz, sementara beliau sendiri memiliki dua rumah makan yang pertama Namanya Rumah Makan Anugrah 99 yang ada di Subang dan yang kedua rumah makan Anugrah 99 yang ada di Jakarta.
Perjalanan yang sedang beliau lakukan merupakan perintah dari Gurunya sewaktu di pesantren dulu, dan selama dalam perjalanan beliau tidak boleh meminta-minta, tidak boleh melakukan perkara yang merugikan orang lain, justru hanya satu tujuan saja yakni untuk semakin dekat dengan Allah melalui perjalanan spiritual yang telah beliau lakukan lebih dari tahun dengan tanpa membawa uang, hanya menggunakan kemampuan jalan kaki, namun ternyata beliau sudah pernah nyebrang ke Sumatra, Kalimantan dan beberapa pulau lainnya.
Jika ada yang bertemu dengan beliau dimesjid, namanya adalah Bapak Yana, umur 56 tahun, badannya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu kurus. Orangnya murah senyum.
Semoga 5 pesan penting diatas yang beliau sampaikan kepada saya, juga bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian, aamiin. 

Komentar

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste