Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Terbaik Untuk Mempelajari Sesuatu?



Oleh : Ence Surahman

Sebagai seorang manusia yang tentu memiliki banyak kekurangan, tentu kita ditakdirkan oleh Allah harus gigih berusaha, belajar dan berikhtiar. Tidak ada bayi yang ketika lahir ia langsung bisa berlari cepat, bahkan hanya untuk berjalan kaki saja sang bayi tidak bisa melakukannya. Untuk dapat berbicara lancar bayi juga butuh waktu yang tidak sebentar untuk belajar. Lalu bagaimana prosesnya hingga ujungnya sang balita bisa berbicara dengan fasih, hingga ia bisa berjalan dengan lancar?  Kuncinya sederhana yakni ia terus berlajar untuk melakukannya, karena itulah kunci yang paling tepat untuk menguasai segala sesuatu.
Pun bagi kita yang sudah dewasa, bagi kita yang ingin mempelajari dan menguasi sesuatu, apakah itu mau menguasai kecakapan ilmu diperkuliahan, mau mahir berbicara didepan umum, mau pandai berorasi, mau pandai berbisnis dan berwirausaha, mau pandai menguasai bahasa asing, bahkan mau bisa mengendarai kendaraan, baik yang roda dua ataupun dora lebih dari dua. Maka kunci utamanya adalah terus belajar untuk menguasainya. Karena dengan belajar maka sesungguhnya kita telah melakukan sebuah cara yang paling tepat dan paling logis untuk bisa menguasi sesuatu.
Berikutnya adalah cara belajar seperti apa yang paling baik, tepat dan efektif? Tentu antara belajar hanya membaca berbeda dengan belajar dengan cara hanya mendengar, atau melihat. Dan sebaik cara belajar adalah dengan melakukannya secara langsung. Contohnya ketika kita mau mahir berbicara dihadapan umum, maka cara yang paling baik adalah dengan berbicara langsung dihadapan umum, bagi kita yang mau pandai berbisnis maka lakukanlah bisnis secara langsung. Bagi kita yang mau menguasai bahasa asing, maka seringkanlah berbicara dalam bahasa asing tersebut. Memang terkadang ketika kita terjun langsung melakukan apa yang ingin kita kuasai, akan banyak kendala dan halangan yang menghadang, namun yakinlah dengan demikian kita akan mendapatkan pelajaran yang penuh makna. Insya Allah itu cara terbaik untuk mempermudah kita menguasai sesuatu. Wallahu’alam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste