Langsung ke konten utama

Script Motivation for Script Warior


Oleh : Ence Surahman

Alhamdulillah dalam rangkaian kalimat berikut ini saya tuliskan beberapa pesan utama yang tertangkap dan terekam dalam ingatan ketika mengikuti acara  dauroh skripsi yang disampaikan oleh pemateri Mas Darwadi. Memang tidak semua yang tertulis apa yang beliau sampaikan, mungkin lebih banyaknya dari pemikiran sendiri.....
1.      Rata-rata orang yang sedang menyusun skripsi suka sensi ketika ia ditanya tentang progres skripsinya, so agar tidak sering makan ati karena ga enak di tanya-tanya, mending segera selesaikan skripsinya.
2.      Ingat tiga peran mahasiswa muslim? Yakni sebagai tranformer kebaikan, akademisi profesional dan agent of change.
3.      Berikutnya jangan lupa, bahwa orang tua kita menyuruh dan mendukung kita kuliah adalah untuk menjadi mahasiswa yang baik, yang segera lulus dan segera mendapatkan pekerjaan atau memiliki pekerjaan yang bagus, lalu berpenghasilan yang memuaskan dan akhirnya membahagiakan kedua orang tua kita.
4.      Jarang bahkan hampir tidak ada orang tua yang nyuruh anaknya kuliah untuk menjadi aktivis dakwah kampus J
5.      Dengan begitu perhatian kita kepada masalah amanah akademik menjadi penting untuk di perhatikan dan jangan sampai di sepelekan
6.      Kalau kita ibaratkan skripsi itu adalah medan perang, maka untuk memenangkan peperangan itu hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengenali lawan perang kita. Dan lawan perang dalam konteks skripsi adalah diri kita sendiri, maka kenali diri sendiri yang tentu kalau ditanya lebih dalam, diri kita adalah orang yang sedang mendambakan segera selesaikan amanah skripsinya, betul? So jangan tunda lama lagi, bersegeralah.
7.      Banyak halangan yang akan dirasakan oleh para pejuang skripsi, salah satunya adalah keinginan untuk menunda-nunda proses penyusunannya, maka pastikan dalam hati untuk berazam “tunda untuk mendunda” artinya go ahead!!!
8.      Tips untuk mempermudah penyusunan skripsi diantaranya bersinergilah dengan dosen pembimbing.
9.      Kita boleh idealis, namun jangan lupakan masukan dari dosen pembimbing.
10.  Ingat ketika kita menerima dan mengikutinya itu sebuah pertanda bentuk penghormatan kita padanya.
11.  Namun ketika kita enggan menerimanya, hal itu hanya akan menjadi batu penghalang untuk kemudahan skripsi kita.
12.  Kita boleh idealis, tapi ingatlah bahwa sampai kapanpun skripsi kita tidak akan pernah menyelesaikan masalah yang dihadapi indonesia.
13.  Perbanyaklah membaca journal, atau hasil penelitian sebelumnya yang masih berkaitan dengan skripsi kita.
14.  Jangan biarkan ada satu haripun yang kalu lewati tanpa ada interaksimu dengan skripsimu.
15.  Karena ketika engkau tinggalkan skripsimu satu hari maka, skripsimu akan menagih untuk tidak lagi disentuh seminggu. Apabila engkau meninggalkannya seminggu, maka ia akan menagihmu sebulan.
16.  Jika dakwah itu kewajiban, dan metode terbaik dalam dakwah itu adalah dengan teladan yang baik, dan seandainya  menyelesaikan study tepat waktu adalah teladan yang baik yang juga menjadi bagian dari metode dakwah itu sendiri, maka lulus tepat waktu juga menjadi penting bahkan wajib.
17.  Luarbiasanya skripsi itu, jika ditunda-tunda penyelesaiannya, walau hanya tinggal mengeprint skripsinya, tetapi tidak dilaksanakan, maka sampai kapanpun kita tidak akan menjadi sarjana, apalagi kalau kita menundanya sejak BAB I apalagi ditunda di BAB niat saja”
18.  Sejujurnya ingin ku katakan bahwa pada saat dalam proses perjuangan nyusun skripsi yang amat luarbiasa berat perjuangannya, sempat ku katakan bahwa ngapain sih harus ada skripsi segala? Udah deh langsung di interview ja tau di lihat dari hasil PPL saja, atau ketika semua mata kuliah selesai dikontrak langsung saja diberikan ijazah.
19.  Tapi... ketika sudah selesai skripsi dan sudah dirasakan manfaat dari penulisannya, maka telah kukatakan dan ingin ku sampaikan bahwa “aku mencintai proses penyusunan skripsi” karena dengan begitu aku telah mengukur diriku bukan lagi mahasiswa biasa namun aku sudah layak untuk menjadi seorang sarjana.
20.  Oke the last, skripsi yang baik itu bukan hanya skripsi skripsi yang mendapatkan nilai yudisium yang tinggi, namun skripsi yang selesai. Percuma idenya bagus tapi penulisannya ga selesai-selesai, apalagi kalau ga selesai hingga batas akhir toleransi masa kuliah, bisa-bisa di DO karena ga bisa menyelesaikan skripsinya.
Oke itu ja, semoga bermanfaat...... goodluck buat yang sedang menempuh medang juang skripsi.. selamat menanti dan merindukan moment bahagia ketika you sudah sidang atau ketika saat-saat di wisuda J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste