Panduan Obersevasi Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran

20.51.00



Oleh : Ence Surahman, S.Pd
Asisten Drs. H. Didi Supriadie, M.Pd


Latar Belakang
Sebagaimana yang disampaikan pada saat orientasi perkuliahan, bahwa proses perkuliahan Kurikulum dan Pembelajaran yang dikontrak oleh mahasiswa Pendidikan Kimia B, meliputi proses kuliah tatap muka didalam kelas, kemudian pembuatan dan persentasi makalah, diskusi kelompok, ujian tengah semester, observasi pengembangan kurikulum sampai ujian akhir semester. Hal itu sengaja di susun guna menghasilkan proses perkuliahan yang bermutu dan menghasilkan output yang optimal.
Guna memperjelas arahan untuk observasi perkuliahan, maka disusunlah panduan observasi ini dengan harapan para mahasiswa akan mendapatkan arahan yang jelas pada saat perencanaan, pelaksanaan, sampai pembuatan laporan observasinya. Tentu hal ini dilakukan bukan semata untuk mempersulit proses observasi melainkan dalam rangka memudahkan pelaksanaan observasi yang berkualitas, sehingga dihasilkan produk observasi berupa laporan yang bermanfaat.
Tujuan Observasi
Berikut ini beberapa tujuan dilaksanakannya observasi;
1.      Menyelaraskan teori yang diperlajari di bangku perkuliahan dengan kenyataan dilapangan
2.      Memberikan pengalaman langsung untuk memotret keadaan kurikulum dilapangan baik dari konteks perancangaan, implementasi maupun proses evaluasinya
3.      Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membuat laporan observasi yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum
4.      Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melakukan penelitian sederhana dan membuat laporan penelitiannya untuk dipublikasikan baik di media elektronik maupun cetak diluar penugasan perkuliahan.
Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan;
Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan para saat observasi;
1.      Bagaimanakah proses penyusunan kurikulum di institusi tempat observasi?
2.      Apakah kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan arahan dari pemerintah?
3.      Apa saja kesulitan yang ditemukan pada saat penyusunan dan implementasi kurikulum?
4.      Bagaimanakah tahapan  penyusunan kurilumnya?
5.      Siapakah pihak yang dituntuk untuk menyusun kurikulumnya?
6.      Bagaimana pelibatan seluruh guru untuk menyusun kurikulum?
7.      Bagaimana proses implementasi kurikulumnya?
8.      Seperti apa proses eveluasi dari implementasi kurikulumnya?
9.      Bagaimana persiapan yang sudah dilakukan menjelang pelaksanaan kurikulum 2013?
10.  Sejauhmana persiapan  yang telah dilakukan untuk menyambut kurikulum 2013?
11.  Adakah saran untuk para pengembang kurikulum, berdasarkan pada kendala yang dihadapi dilapangan?
Nb : pertanyaan boleh dimodifikasi bahkan boleh ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.

Target Observasi
Observasi dilakukan secara merata, dimana setiap satu kelompok memilih kelompok yang berbeda dengan kelompok yang lainnya. Berikut ini beberapa target yang bisa dijadikan tempat untuk melakukan observasi, silakan pilih salah satunya. Untuk menghindarkan kesamaan pilihan target observasi, maka sebaiknya dilakukan pengundian dalam musyawarah kelas.
1.      Sekolah Dasar Reguler (SD)
2.      Madrasah Ibtidayah (MI)
3.      SMP Reguler
4.      SMP Islam terpadu
5.      Mts Reguler
6.      SMP RSBI
7.      SMP Kristen
8.      SMA Reguler
9.      SMA Islam Terpadu’
10.  SMA Kristen
11.  SMK
12.   Boarding School
13.   Home Schooling
14.  Sekolah Terbuka (kejar Paket A,B,C)
15.  Tim Pengembang Kurikulum Universitas
16.  Tim Pengembang Kurikulum Politeknik
17.  Tim Pengembang Kurikulum/pusat kurikulum (puskur) baik ditingkat kota/kab, provinsi, bahkan nasional.
Observation Report
Setelah para mahasiswa melakukan observasi, diharapkan seluruhnya membuat laporan observasi. Dengan memastikan ada dokumentasi pendukung pada saat observasi. Selain menyusun laporan kelompok yang harus dikumpulkan kepada dosen, para mahasiswa juga diharapkan membuat artikel atau berita yang terkait dengan hasil observasi yang dilakukan lalu dikirim ke surat kabar atau ke website yang biasa memuat berita.
Misalnya membuat artikel berita bahwa ternyata berdasarkan fakta dilapangan banyak sekolah yang mengalami masalah ketika menyusun kurikulum, atau hal lain yang terkati dengan point-point hasil observasi. Tentu dengan memperhatikan etika pemberitaan yang ada.
Laporan observasi kelompok dikumpulkan paling lambat hari kamis, tanggal 25 April 2013 jam 24.00 ke email ncislam4ever@gmail.com.
Demikian panduan singkat ini saya susun, semoga bermanfaat. Terimakasih atas perhatiannya.
Bandung, 13 April 2013


Ence Surahman,S.Pd


Kalau ada hal-hal yang kurang dipahami, silakan tanyakan ke 081321281433 /087821291948.




You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.