Langsung ke konten utama

Terimakasih Teman-Teman



Oleh : Ence Surahman

Hari ini Jum’at, 17 Mei 2013 adalah hari terakhir pertemuan kami dalam perkuliahan Kurikulum dan Pembalajaran. Saya dan teman-teman dari mahasiswa Pendidikan Kimia UPI angkatan 2011 yang berjumlah 35 orang sudah berteman sejak 4 bulan yang lalu. Hingga hari ini genap pada pertemuan yang ke-16.
Perkuliahan yang kami lewati setiap pekan sungguh sangat menyenangkan, hal itu dikarenakan tingkat partisifasi teman-teman yang begitu antusias dan semangat belajar yang tinggi. Sungguh saya bersyukur bertemu dengan suasana belajar yang begitu luar biasa. Perkuliahan setiap pekan yang berlangsung dengan riang gembira dan dinamis, perbedaan pendapat dan saling sanggah dalam forum ilmiah, sungguh menjadi pengalaman yang tak mungkin terlupakan.
Untuk itu saya ingin sampaikan terimakasih, yang pertama kepada Bapak H. Didi Supriadie, M.Pd yang telah memberikan kesempatan saya untuk bertemu dengan teman-teman Pendidikan Kimia B, yang kedua saya juga berterimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang telah memberikan pengalaman perkuliahan yang tidak menjemukan, sehingga momentum perkuliahan selalu saya nantikan, karena saya bisa sharing dengan teman-teman semua.
Yang paling akhir, saya mohon maaf apabila selama perkualiahan, sempat ada kata yang kurang berkenan dihati, mohon di maafkan. Semoga setiap pertemuan perkuliahan kita diberikan balasan kebaikan dan ilmu yang kita pelajari sama-sama mampu menghadirkan berkah dalam langkah-langkah berikutnya.  Aamiin.
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste