Cepeng Pageuh Dina Ati Sanubari!

00.43.00


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(Artikel ke-8 dari program ramadhan one day one article)


Beberapa bulan lalu saya pernah posting tulisan yang berkaitan dengan pemaknaan ayat pada surat al-imran ayat 91 yang berkaitan dengan keimanan. Saya singgung ulang bahwa dalam ayat tersebut Allah mengabarkan kepada kita bahwa orang-orang yang kafir (tidak beriman) dan mati dalam keadaan kafir, seandainya saja mereka mau menebus kekafirannya dengan emas sepenuh bumi maka mereka tidak akan bisa menebusnya. Padahal kalau kita lihat dengan kaca mata dunia, angka nilai tukar untuk emas sepenuh bumi sungguh akan memuat semua orang tergiur, namun ternyata nilai itu tidak bisa menebus kekafiran seseorang dihadapan Allah swt.
Maka dari iman, mendapatkan hidayah menjadi seorang mu’min merupakan sebuah kenikmatan besar yang tiada terkira. Dan itulah salah satu sebabnya mengapa kita selalu diingatkan oleh para penceramah, para ust, agar senantiasa bersyukur dengan nikmat islam dan iman.
Berikut ini saya akan share hal-hal sederhana berkaitan dengan keimanan. Tulisan ini terinspirasi dari ceramah kultum tarawih dimesjid baiturrahman beberapa malam yang lalu. Berikut ini penjelasan singkatnya.
Iman itu terbagi menjadi empat jenis, pertama iman yang terus meningkat dan tidak pernah berkurang, iman ini dimiliki oleh para Nabi dan Rosul, kedua iman yang tetap tidak naik dan tidak turun, konon iman jenis ini miliknya para malaikat, ketiga iman yang kadang naik namun kadang juga turun, nah iman ini dimiliki oleh kita manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf dan yang keempat iman yang terus turun dan tidak pernah naik, iman yang satu ini dimiliki oleh para syetan.
Setelah kita tahu bahwa jenis iman yang ada pada diri kita adalah iman yang naik turun, maka tentu kita harus tahu hal-hal yang bisa membuat iman kita naik dan hal-hal yang bisa membuat iman kita turun. Berikut mari kita sedikit pahami.
Pada prinsipnya iman seseorang akan meningkat ketika ia melakukan ketaatan kepada Allah swt dan imannya akan turun manakala ia melakukan maksyiat. Adapun hal-hal yang bisa menaikan iman kita diantaranya adalah menuntut ilmu agama, kemudian bertafakur atas nikmat dan kekuasan Allah berikutnya melakukan perkara yang diperintahkan Allah, seperti ibadah shaum, ibadah harian seperti shalat, kemudian tilawah qur’an, dzikir, dan kebaikan-kebaikan yang lainnya. Adapun hal-hal yang membuat iman kita turun yakni ketika kita baik hati ataupun diri sedang melakukan perbuatan yang bersebrangan dengan perintah dan ketentuan Allah swt.
Tulisan diatas sesungguhnya untuk menasehati diri sendiri yang masih sering melakukan perkara yang boleh jadi telah membuat kualitas iman ini menurun, untuk itu mari sama-sama kita saling mendo’akan, saling menasehati agar kita semua senantiasa berada dalam rangka iman dan taqwa kepada Allah swt, dan kita khawatir jika kemudian malaikat maut menjemput dikala iman kita tiada. Na’udzubillahimindzalik.


You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.