Ku Temukan Dia, Ketika Aku Mengganti Ban Motorku.

04.37.00


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(artikel ke-14 dari program one day one article selama ramadhan)

Sore tadi tepatnya pukul 14.40an saya pergi ke salah satu bengkel motor yang berada tepat di seberang terminal Ledeng. Mungkin dari dekatnya dengan terminal itulah bengkel tersebut dinamai Ledeng Motor. Sedikit info tentang bengkel tersebut, yakni harga-harga barang yang dijualnya relatif lebih murah dibandung dengan beberapa bengkel disekitar Gerlong dan Ledeng yang pernah saya tahu, cohtohnya saja harga jual ban yang tadi saya beli dibengkel lain dibandrol dengan harga Rp.370.000 sementara di Ledeng Motor ada diskon hingga saya hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp.311.000, lumayan murah kan? Hehe jadi promosi, semoga saja jadi informasi yang bermanfaat.
Pada tulisan ini sebenarnya saya tidak akan menceritakan tentang bengkel yang tadi saya kunjungi, tapi saya ingin berbagi inspirasi dari pengalaman saya tadi ketika mengganti ban belakang motor saya, kebetulan yang depannya baru diganti sekitar satu bulan yang lalu. Ketika mengganti ban depan yang bulan kemarin, sejujurnya inspirasi ini belum muncul dibenak saya, tapi ketika tadi saya tiba-tiba dimasuki sebuah ide “ting” nah akhirnya say tuliskan di artikel ini. Semoga bermanfaat.
Sahabat yang baik hati, dan selalu berbahagia apa yang terpikir dalam benak sahabat sehingga akhirnya seseorang yang punya motor harus mengganti ban motornya dan dalam keadaan apa ia akan mengganti ban motornya tersebut? Jawabannya sangat sederhana, yakni boleh jadi karena bannya sudah gundul, atau karena rusak sehabis kecelakaan sehingga ia harus segera menggantinya. Dan tujuan ia mengganti bannya adalah untuk mendapatkan rasa aman ketika ia menggunakan motornya tersebut. Betul atau betul sekali?
Nah sebenarnya kita bisa mengambil hikmah penting dari peristiwa tersebut, yakni kita harus senantiasa memastikan untuk selalu mengevaluasi diri kita, terlebih yang berkaitan dengan kebiasan kita yang tercermin dalam wujud akhlak kita. Hal ini  penting untuk terus dievaluasi. Karena boleh jadi makin hari kebiasaan yang kurang baik kita makin buruk saja, makin membuat orang lain tidak nyaman dengan kita, makin sering menyakiti perasaan orang lain.
Karena suatu perbuatan buruk tersebut sudah sangat sering kita lakukan hingga kita sendiri tidak lagi menyadari bahwa itu perkara yang tidak baik dan boleh jadi kita tidak lagi menyadari bahwa ucapan kita, cara bersikap kita, cara bergaul kita, malah membuat orang lain muak atau bahkan dengan dengan kelakuan kita. Maka selagi masih ada kesempata untuk kita perbaiki, sebelum ia membawa petakan untuk diri kita, sebagaimana ketika ban motor kita sudah gundul dan terus dibiarkan, bsa jadi membawa kita celaka, maka akhlak kita pun , kebiasaan buruk kita pun harus segera diganti dengan kebiasaan dan akhlak-akhlak yang terpuji.
Bulan ramadhan adalah bulan yang amat tepat untuk kita banyak mengevaluasi diri kita, khususnya mengevaluasi kebiasaan kita, apakah masih sering bohong, masih sering dusta, masrih sering malas, masih sering menunda tugas-tugas, masih sering melalaikan amanah dan tanggungjawab, masih sering ceplas-ceplos dalam berbicara hingga membuat hati orang terluka, marilah segera kita ganti dengan kebiasaan yang baik, yang akan menghadirkan kedamaian, ketentraman, keharmonisan juga akan mengundang kebahagiaan baik untuk kita ataupun untuk orang lain. Wallahu’alam, tulisan ini pada intinya untuk nasihat kepada diri saya sendiri, semoga bermanfaat untuk semuanya, aamiin YRA.


Untuk lebih mempererat silaturahim kita, boleh add fb saya di http://www.facebook.com/ence.surahman dan follow saya di https://twitter.com/encesurahman Terimakasih. 

You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.