“Ngelmu Kasaluhureun Mere Maweh Kasahandapeun Silih Ajenan Kasasama”

00.16.00


Oleh : Ence Surahman


Suatu hari kakek saya pernah mengungkapkan sebuah peribahasa Sunda, yang bunyinya kurang lebih “Ngelmu kasaluhureun, mere maweh kasahandapeun jeung silih ajenan kasasama”. Saat itu saya belum memahami maksud dari peribahasa tersebut, Cuma setelah beliau jelaskan akhirnya saya sedikit memahami maksudnya.
            Peribahasa tersebut rupanya amat tepat dengan kondisi masyarakat saat ini dimana sikap individualis sudah begitu ketara dan nilai-nilai luhur seperti gotong royong, saling tolong menolong sudah mulai terkikis habis sejalan dengan cepatnya arus globalisasi dan masuknya paham serta budaya dari luar.
            Bukti konkrit yang mungkin bisa dilihat atau sudah sering ktia rasakan sehari-hari diantaranya tidak sedikit orang yang pelit berbagi ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan dalih untuk mendapatkannya juga pakai uang, maka bagi yang mau memiliki ilmunya juga harus dengan bayaran pun demikian tidak sedikit yang pelit berbagi rizkinya bahkan lebih memilih dibiarkan memusuk daripada diberikan kepada tetangga yang membutuhkan.
Padahal secara prinsip dalam hidup sudah memang seharusnya bahwa yang punya ilmu memberi tahu yang tidak punya ilmu, yang punya kelebihan rizki memberikan kepada yang kekurangan dan senantiasa saling menghormati dan menghargai antar sesama.

Semoga nilai-nilai luhur para pendahulu kita senantiasa kita pelihara, kalaupun diluar sana sudah jauh dan sudah semakin hilang, setidaknya diri kita masih menjadi pelaku dan pelestari nilai-nilai tersebut demi terwujudnya kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan, aamiin. 

You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.