Langsung ke konten utama

Tentang Rencana Kita

Oleh : Ence Surahman, S.Pd


Sahabat yang baik hati, sudah lebih dari 3 minggu saya tidak menulis dan tidak mengupdate tulisan saya di blog tercinta http://encesurahman.blogspot.com dan rupanya keadaan beberapa hari terakhir menginspirasi saya untuk kembali bercerita semoga ada kebaikan yang bisa diambil.
Kali ini saya akan curhat tentang #rencana, ceritanya begini, 2 minggu yang lalu saya dapat SMS dari panitia rekrutment pengurus baru MITI-KM pusat bahwa saya masuk sebagai pengurus baru dan akan ada pertemuan perdana pada hari Jum’at sampai Ahad, 20-22 September 2013 di Jakarta dan saya diminta konfirmasi kehadiran, sejak saat itu saya langsung memberikan balasan bahwa saya memutuskan untuk mengagendakan hadir dalam acara meeting perdana semua pengurus baru.
Karena rencana yang sudah terjadwal tadi, bahkan saya sempat menolah 2 permintaan untuk menjadi pengisi acara di Bandung tepatnya di LDKS OSIS SMP dan SMA Daarul Qur’an Bandung dan permintaan dari UKM Sciemics UPI. Namun ternyata Allah juga punya rencana yang sama sekali tidak saya duga sebelumnya, 4 hari yang lalu kondisi kesehatan saya semakin kurang baik dan mulai hari Rabu saya tidak masuk sekolah bahkan hari ini saya memutuskan untuk istirahat total dirumah dengan keluarga.
Kalau istirahat di Bandung kadang tidak bisa total karena beban pikiran kadang tidak bisa jernih mudah-mudahan di Garut bisa mendapatkan suasana dan kondisi yang lebih baik. Apalagi kalau di Bandung belum ada orang yang melayani kebutuhan harian saya berbeda dengan dirumah sendiri setidaknya ada orang-orang yang bisa dimintai banyak bantuanya.
Intinya kita sebagai manusia boleh punya rencana akan esok hari bahkan hal itu memang harus, namun ketahuilah bahwa Allah juga punya rencana yang boleh jadi tidak sama dengan rencana kita namun yakinlah bahwa rencana Allah pasti akan jauh lebih baik dibanding rencana kita.
Pekan depan juga tanggal 28 September 2013 saya sudah merencanakan untuk memenuhi permintaan dari teman-teman Mahasiswa UPI Kamda Serang Banten untuk mengisi seminar penulisan Karya Tulis Ilmiah  (KTI), namun keputusannya saya kembali serahkan kepada Allah apakah saya diberikan ijin untuk berangkat ataukah ada rencana Allah yang lain, dan saya yakin apapun yang terjadi pasti yang terbaik dariNya. Wallahu’alam.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste