Langsung ke konten utama

Mekanisme Lomba Gebyar DaQu Bandung 2014


PANITIA GEBYAR DAARUL QUR’AN BANDUNG 2014
PESANTREN TAHFIDZ
SMP - SMA DAARUL QUR’AN BANDUNG
Sekretariat : Jalan Dago Giri No. 37 Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat
                                  Narahubung : 0856 5910 3399 / 0852 2074 8252 (Teh Mulki)


MEKANISME LOMBA

Technical Meeting      : Senin, 16 Juni 2014 Jam 13.00-Selesai
Lomba                         : Selasa, 17 Juni 2014 (jam 08.00-15.00WIB)
Tempat                       : PUSDAI,  Jalan Diponegoro No. 63 Bandung 40115.

Pendaftaran Lomba
            Pendaftaran dapat dilakukan melalui sms dengan format:
GDB-Cabang Lomba-Nama Lengkap-Sekolah/Instansi   kirim ke 0856 5910 3399.
Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke BRI no rekening 040801007638503 a.n Leni Pujiastuti

Pendaftaran ditutup pada tanggal 17 Juni 2014.


Peraturan Umum
1.      Peserta berdomisili di Provinsi Jawa Barat (kecuali peserta dari sekolah yang mendapatkan undangan khusus).
2.      Peserta wajib menutup aurat dengan sopan dan syar’i.
3.      Peserta menunjukkan bukti transfer biaya pendaftaran pada saat daftar ulang.
4.      Peserta melakukan daftar ulang pada hari Selasa, 17 Juni 2014 maksimal pada pukul 08.30.
5.      Peserta memakai nomor peserta yang telah diberikan oleh panitia di tempat yang dapat terlihat jelas oleh juri.
6.      Peserta yang berhalangan hadir harap memberitahu panitia maksimal 30 menit sebelum lomba dimulai.
7.      Peserta yang belum hadir saat gilirannya tiba secara otomatis akan tampil diurutan terakhir.
8.      Jika setelah pemanggilan tiga kali berturut-turut peserta tidak hadir, maka secara otomatis peserta didiskualifikasi.
9.      Peserta yang berhalangan hadir pada technical meeting dianggap menyetujui semua aturan yang telah disepakati dalam technical meeting.
10.  Peserta wajib menaati semua peraturan lomba.


A.     Lomba MHQ (Musabaqoh Hifzhil Qur’an)
Musabaqah Hifzhil Qur’an adalah salah satu cabang lomba Al-Qur’an untuk menguji sejauh mana kefasihan bacaan dan kelancaran hafalan bagi yang sudah hafal maupun yang masih dalam proses menghafal al-Quran.

a.      Persyaratan Lomba MHQ
1.      Peserta telah melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,00
2.      Batasan usia peserta untuk setiap cabang lomba adalah sebagai berikut
§  Kategori 10 juz (juz 1 s.d. 10) maksimal usia 20 tahun
§  Kategori   5 juz (juz 1 s.d. 5) maksimal usia 17 tahun
§  Kategori   1 juz (juz 1 atau 30) maksimal usia 15 tahun.

b.      Teknik Lomba MHQ
1.      Peserta akan dipanggil sesuai dengan nomor urut yang diambil pada saat daftar ulang.
2.      Peserta yang dipanggil mengambil maqro’ (soal) sesuai cabang lomba.
3.      Peserta cukup membaca ta'awudz dan basmalah ketika memulai bacaan dan tashdiq (shodaqollahul 'adhim) ketika mengakhiri bacaan.
4.      Lama bacaan ditentukan oleh isyarat bel
§  Bel tiga kali tanda memulai bacaan
§  Bel dua kali tanda ganti maqro'
§  Bel satu kali tanda terjadi kesalahan
§  Bel empat kali tanda mengakhiri bacaan.
5.      Peserta tidak diperkenankan membawa Al-Qur’an pada saat lomba.
6.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

c.       Kriteria Penilaian Lomba MHQ
§  Kelancaran nilai maksimal                    50 poin
§  Tahsin + lagu nilai maksimal               25 poin
§  Fashohah dan adab nilai maksimal       25 poin
Total                                                   100 poin

B.      Musabaqah Fahmil Qu’an (MFQ)
Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) adalah cabang lomba Al-Qur’an yang mengungkapkan isi kandungan Al-Quran dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri.
Materi lomba adalah berbagai materi keislaman yang memiliki kaitan dengan ayat-ayat Al-Quran yang terdiri atas materi aqidah, ibadah, akhlak, muamalah, dll.

a.      Persyaratan Lomba MFQ
1.      Peserta telah melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp25.000,00
2.      Peserta adalah pelajar SMA/ SMK/ MA atau berusia maksimal 18 tahun.
3.      Setiap regu terdiri dari tiga orang, yakni satu orang juru bicara dan dua orang pendamping.
4.      Ketiga peserta boleh putra semua, putri semua, maupun campuran putra-putri.

b.      Teknik Lomba MFQ
1.      Tiga grup akan dipanggil sesuai dengan nomor urut yang diambil pada saat daftar ulang untuk mengikuti babak soal wajib.
2.      Perwakilan regu mengambil soal wajib yang telah disediakan oleh panitia.
3.      Lomba MFQ terdiri dari dua babak
§  Babak soal wajib         (10 soal)
§  Babak rebutan                        (15 soal)
4.      Perwakilan regu memperkenalkan anggotanya.
5.      Pada babak soal wajib hanya juru bicara yang boleh menjawab soal, sedangkan babak rebutan boleh semua anggota regu.
6.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

c.       Kriteria Penilaian Lomba MFQ
1.      Babak soal wajib
§  Setiap regu diberi 10 soal yang harus dijawab.
§  Jika jawaban benar maka regu mendapat 100 poin.
§  Jika jawaban salah tidak akan mendapat poin maupun pengurangan poin namun soal tersebut secara otomatis dilempar ke regu selanjutnya.
2.      Babak rebutan
§  Regu yang pertama menekan bel berhak untuk menjawab pertanyaan.
§  Jika jawaban benar maka regu mendapat 100 poin.
§  Jika jawaban salah maka regu dikurangi 100 poin.
§  Setiap peserta tidak diperkenankan menekan bel sebelum juri selesai membacakan soal.

C.      Lomba Nasyid
a.      Persyaratan Lomba Nasyid
1.      Peserta telah melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp50.000,00 (grup) atau Rp25.000,00 (solo)
2.      Usia peserta tidak dibatasi.
3.      Peserta boleh perseorangan/ solo maupun grup, untuk grup maksimal beranggota tujuh orang.
4.      Setiap grup boleh putra semua, putri semua, maupun campuran putra-putri.
5.      Panitia hanya menyediakan tujuh buah mic.
6.      Setiap peserta wajib membawa alat musik masing-masing.
7.      Untuk peserta soloist membawa minus-one yang dimasukkan kedalam flashdisk.
8.      Untuk peserta yang memakai minus-one harap menyerahkan minud-onenya kepada panitia sebelum lomba dimulai.
9.       
10.  Genre lagu bebas selama masih masuk kedalam kategori musik positif.

b.      Teknik Lomba Nasyid
1.      Peserta akan dipanggil sesuai dengan nomor urut yang diambil pada saat daftar ulang.
2.      Setiap peserta wajib menampilkan satu lagu wajib dan satu lagu bebas.
3.      Penampilan peserta maksimal 15 menit (termasuk check sound).
4.      Kelebihan durasi dapat mempengaruhi penilaian juri.
5.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

c.       Kriteria Penilaian Lomba Nasyid
·        Penguasaan Karya / Lagu                  
·        Kreativitas                   
·        Harmonisasi

*Rentang Nilai 60-90        


d.      Lagu Wajib
     OpickAssalamualaikum

e.      Lagu Pilihan
                      i.            Opick – Tombo Ati
                    ii.            Tashiru – Satukan Muslim Sedunia
                  iii.            Raihan – Demi Masa
                   iv.            edCoustic – Menjadi Diriku
                     v.            edCoustic – Muhasabah Cinta
                   vi.            Opick – Alhamdulillah
                 vii.            Bimbo – Rindu Rosul
               viii.            Hijjaz – Rasulullah
                   ix.            Maher Zain – Insha Allah
                     x.            The Fikr – CintaMu 
                   xi.            Afgan – Pada-Mu Ku Bersujud
                 xii.            Subi & Ina – Ketika Cinta Bertasbih
               xiii.            Rossa – Tak Kan Berpaling dari-Mu
               xiv.            Lagu ciptaan sendiri


D.     Lomba Baca Puisi
a.      Persyaratan Lomba Baca Puisi
1.      Peserta telah melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp25.000,00
2.      Peserta merupakan pelajar SD/MI, SMP/MTs atau SMA/SMK/MA.
3.      Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan maksimal dua orang peserta.

b.      Teknik Lomba Baca Puisi
1.      Peserta akan dipanggil sesuai dengan nomor urut yang diambil pada saat daftar ulang.
2.      Panitia hanya menyediakan satu buah mic.
3.      Peserta membacakan satu puisi dari puisi penyisihan (daftar puisi untuk babak penyisihan dan puisi untuk final terlampir) pada babak penyisihan.
4.      Beberapa peserta dengan nilai tertinggi berhak maju ke babak final.
5.      Peserta yang masuk babak final membacakan satu puisi final.
6.      Pembacaan puisi dari awal hingga akhir sepenuhnya dilakukan di panggung.
7.      Peserta tidak diperbolehkan menambahkan dalam bentuk nyanyian dan/ atau pengulangan larik/ bait tertentu, atau mengurangi puisi yang dibacakan.
8.      Peserta tidak diperbolehkan menggunakan alat bantu apapunbaik berupa iringan musik maupun alat bantu lainnya, seperti topeng atau kostum.
9.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

c.       Kriteria Penilaian Lomba Baca Puisi

No
Aspek yang Dinilai
Rentang Nilai
Uraian
1
Penafsiran
60-100
Pemahaman isi puisi
2
Penghayatan
60-100
Ketepatan emosi pembaca dengan puisi yang dibacakan
Daya konsentrasi
Ekspresi
3
Vokal
60-100
Kejelasan artikulasi membaca
Penguasaan tempo membaca
Penguasaan dinamika membaca
Penguasaan ritme membaca
4
Penampilan
60-100
Totalitas
Keutuhan penampilan

d.      Pilihan Puisi
                      i.            W. S. Rendra – “Sajak Matahari”
                    ii.            Taufik Ismail – “Beri Daku Sumba”
                  iii.            Dian Hartati – “Sebab Kisah Telah Digariskan”
                   iv.            Sapardi Djoko Darmono – “Hujan Bulan Juni”
                     v.            Toto Sudarto B. – “Gadis Peminta-Minta”
                   vi.            Acep Zam-Zam Noor – “Jalan Menuju Rumahmu”
                 vii.            Emha Ainun Najib – “Ketika Engkau Bersembahyang”
               viii.            Sutardji Colzoum Bachri – “Tanah Air Mata” (Puisi Final)


E.      Lomba Fotografi
a.      Persyaratan Lomba Fotografi
1.      Peserta telah melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp25.000,00
2.      Usia peserta tidak dibatasi.
3.      Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan maksimal dua orang peserta.
4.      Peserta menggunakan kamera masing-masing.

b.      Teknik Lomba Fotografi
1.      Peserta bebas menggunakan kamera jenis apapun.
2.      Peserta bebas memotret objek apapun yang berkaitan dengan kegiatan “Gebyar Daarul Qur’an Bandung 2014”.
3.      Waktu pengambilan gambar pada tanggal 17 Juni 2014 di PUSDAI.
4.      Batas akhir pengumpulan foto adalah pada hari Rabu, 17 Juni 2014 pukul 14.00 di ruang sekretariat Gebyar Daarul Qur’an Bandung 2014.
5.      Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu foto terbaiknya.
6.      Foto yang diikutsertakan dalam lomba harus foto asli (tidak diedit).
7.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

c.       Kriteria Penilaian Lomba Fotografi

Kestabilan gambar                       30 poin
Kekreatifan ide                            35 poin
Kesesuaian foto dengan tema     35 poin
Total                                            100 poin



9.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.


Nb : Peserta yang sudah bayar, maka sisa potongannya akan dikembalikan pada hari H perlombaan.
Donwload file mekanisme lomba disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste