Langsung ke konten utama

Semarak Wisuda Santri Pesantren Daarul Qur’an Bandung 2014


Bandung, Kamis, 19 Juni 2014 menjadi hari yang istimewa bagi keluarga besar Pesantren Tahfidz Sekolah Daarul Qur’an International Bandung. Hal itu dikarenakan pada hari itu dilaksanakan kegiatan Wisuda Hafidz 2, Binadhar 2 dan Purnasiswa IV yang diselenggarakan di Bale Asri Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) Jawa Barat.
Kegiatan itu dihadiri oleh Pendiri sekaligus pembina Pesantren yakni Bapak K.H. Yusuf Mansur Alhafdiz, selain itu juga dihadiri oleh pengurus Yayasan Daarul Qur’an Indonesia seperti Ust. Jamil, Ust. Tarmizi, Ust. Sani, selain itu hadir dari perwakilan Gubernur Jawa Barat yakni Bapak Drs. H. Dadi Iskandar, M.M, kemudian hadir Ketua Yayasan Madinatul Qur’an Bandung Bapak Fajriadi Nur, Sekretaris Pentashih Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia yakni Bapak K.H. Prof.Dr. Akhsin Sakho Muhammad, hadir juga Bapak K.H. Masyhuri Baidhowi dan K.H. Dr. Badrus Hakim Asy-Syaufani dari Yaman. Disamping itu acara dimeriahkan dengan kedatangan orang tua wali santri dan tamu undangan umum yang hadir, serta beberapa media, seperti DAQU TV, Pikiran Rakyat dan lainnya.
Acara wisuda dimulai pukul 08.00 sampai pukul 11.45 dan dilajutkan dengan agenda pembagian raport dan ijazah. Adapun gambaran umum acaranya dimulai dengan prosesi masuknya para wisudawan-wiwudawati ketempat wisuda diiringi shalawat nabi, kemudian para tamu undangan VIP memasukan tempat yang sudah disediakan, dilanjutkan dengan khotmil Qur’an dari para wisudawan yang sudah hafidz-hafidzah 30 juz, disambung dengan pembukaan prosesi wisuda yang dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an yakni Ustadzah Hj. Nafisah, S.Pd.I salah satu qiro’yah Indonesia, selanjutnya sambutan dari Direktur Pondok Pesantren Daarul Qur’an Bandung yakni Ust. Rizki Aminullah, S.Si, selanjutnya sambutan dari perwakilan orang tua santri yakni Ibu. Dendi, disambung dengan sambutan dari perwakilan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni Bapak Drs. H. Dadi Iskandar, M.M.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda, pembacaan Isyhad oleh K.H. Yusuf Mansur, dilanjutkan dengan Bai’atul Hufadh oleh Ananda Abdullah Syadad, berikutnya Mushofahah pemberian sertifikan hafidz qur’an kepada ke 14 santri yang sudah hapal 30 Juz, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada para santri Binadhar dan santri purnasiswa.
Selanjutnya pemberian cendramata kepada dua wisudawan terbaik putra yakni Ananda Abdullah Syadad dan wisudawan terbaik putri yakni Ananda Soraya Kuswara Munawar. Kemudian acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Bapak. K.H. Prof. Dr. Akhsin Sakho Muhammad yang mengupas tentang semangat perjuangan dan perkembangan dakwah al-qur’an di Indonesia.
Selanjutnya pengumuman juara favorit lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) yang digelar hari Selasa, 17 Juni 2014 yang mendapatkan piala bergilir Ust. Yusuf Mansur yang dimenangkan oleh Ananda Siti Salwa Nisrina dari M.I. Manbaul Huda, kemudian acara disambung dengan pengumuman dan  pemberian apresiasi kepada para siswa peraih nilai UN tertinggi di SMP dan SMA, untuk tertinggi di program IPA SMA diraih oleh Ananda Fuad Ali Azmi sekaligus peraih beasiswa full S1 jurusan Hubungan International Universitas Parahiyangan Bandung, peraih nilai UN tertinggi program IPS yakni Ananda Kukuh Satrio, kemudian peraih UN tertinggi SMP kelas 9A yakni Ananda Muhammad Faza Zharfan dengan skor 35,40, dan terbaik dari kelas 9B yakni ananda Muhammad Fiyana Wijdani Hafy dengan skor 36.00. cendarmata diberikan langsung oleh kepala sekolah SMP dan SMA.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan amanat wisuda dari K.H. Yusuf Mansur, beliau banyak memberikan motivasi dan mimpi besarnya untuk masa depan Daarul Qur’an baik di Bandung, Indonesia, Asia bahkan dunia. Ceramah yang sangat menggungah dan penuh motivasi, sehingga tanpa sadar semua hadirin terbawa suasana penuh semangat mengambil bagian dalam misi membentuk generasi qur’ani. Dibagian akhir acara yakni do’a yang langsung dipimpin oleh yang terhormat K.H. Mashhuri Baidhowi salah seorang ulama besar yang sama-sama konsen dalam dakwah islam.
Akhirnya rangkaian acara dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, selepas shalar dzuhur, pada tamu undangan disediakan jamuan makan dan foto bersama dengan K.H. Yusuf Mansur sambil menuggu giliran mengambil raport dan ijazah bagi kelas 9 dan 12 (Nc-DQBdg)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste