SEMARAK WISUDA SANTRI PESANTREN DAARUL QUR’AN BANDUNG 2014

00.28.00


Bandung, Kamis, 19 Juni 2014 menjadi hari yang istimewa bagi keluarga besar Pesantren Tahfidz Sekolah Daarul Qur’an International Bandung. Hal itu dikarenakan pada hari itu dilaksanakan kegiatan Wisuda Hafidz 2, Binadhar 2 dan Purnasiswa IV yang diselenggarakan di Bale Asri Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) Jawa Barat.
Kegiatan itu dihadiri oleh Pendiri sekaligus pembina Pesantren yakni Bapak K.H. Yusuf Mansur Alhafdiz, selain itu juga dihadiri oleh pengurus Yayasan Daarul Qur’an Indonesia seperti Ust. Jamil, Ust. Tarmizi, Ust. Sani, selain itu hadir dari perwakilan Gubernur Jawa Barat yakni Bapak Drs. H. Dadi Iskandar, M.M, kemudian hadir Ketua Yayasan Madinatul Qur’an Bandung Bapak Fajriadi Nur, Sekretaris Pentashih Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia yakni Bapak K.H. Prof.Dr. Akhsin Sakho Muhammad, hadir juga Bapak K.H. Masyhuri Baidhowi dan K.H. Dr. Badrus Hakim Asy-Syaufani dari Yaman. Disamping itu acara dimeriahkan dengan kedatangan orang tua wali santri dan tamu undangan umum yang hadir, serta beberapa media, seperti DAQU TV, Pikiran Rakyat dan lainnya.
Acara wisuda dimulai pukul 08.00 sampai pukul 11.45 dan dilajutkan dengan agenda pembagian raport dan ijazah. Adapun gambaran umum acaranya dimulai dengan prosesi masuknya para wisudawan-wiwudawati ketempat wisuda diiringi shalawat nabi, kemudian para tamu undangan VIP memasukan tempat yang sudah disediakan, dilanjutkan dengan khotmil Qur’an dari para wisudawan yang sudah hafidz-hafidzah 30 juz, disambung dengan pembukaan prosesi wisuda yang dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an yakni Ustadzah Hj. Nafisah, S.Pd.I salah satu qiro’yah Indonesia, selanjutnya sambutan dari Direktur Pondok Pesantren Daarul Qur’an Bandung yakni Ust. Rizki Aminullah, S.Si, selanjutnya sambutan dari perwakilan orang tua santri yakni Ibu. Dendi, disambung dengan sambutan dari perwakilan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni Bapak Drs. H. Dadi Iskandar, M.M.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda, pembacaan Isyhad oleh K.H. Yusuf Mansur, dilanjutkan dengan Bai’atul Hufadh oleh Ananda Abdullah Syadad, berikutnya Mushofahah pemberian sertifikan hafidz qur’an kepada ke 14 santri yang sudah hapal 30 Juz, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada para santri Binadhar dan santri purnasiswa.
Selanjutnya pemberian cendramata kepada dua wisudawan terbaik putra yakni Ananda Abdullah Syadad dan wisudawan terbaik putri yakni Ananda Soraya Kuswara Munawar. Kemudian acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Bapak. K.H. Prof. Dr. Akhsin Sakho Muhammad yang mengupas tentang semangat perjuangan dan perkembangan dakwah al-qur’an di Indonesia.
Selanjutnya pengumuman juara favorit lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) yang digelar hari Selasa, 17 Juni 2014 yang mendapatkan piala bergilir Ust. Yusuf Mansur yang dimenangkan oleh Ananda Siti Salwa Nisrina dari M.I. Manbaul Huda, kemudian acara disambung dengan pengumuman dan  pemberian apresiasi kepada para siswa peraih nilai UN tertinggi di SMP dan SMA, untuk tertinggi di program IPA SMA diraih oleh Ananda Fuad Ali Azmi sekaligus peraih beasiswa full S1 jurusan Hubungan International Universitas Parahiyangan Bandung, peraih nilai UN tertinggi program IPS yakni Ananda Kukuh Satrio, kemudian peraih UN tertinggi SMP kelas 9A yakni Ananda Muhammad Faza Zharfan dengan skor 35,40, dan terbaik dari kelas 9B yakni ananda Muhammad Fiyana Wijdani Hafy dengan skor 36.00. cendarmata diberikan langsung oleh kepala sekolah SMP dan SMA.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan amanat wisuda dari K.H. Yusuf Mansur, beliau banyak memberikan motivasi dan mimpi besarnya untuk masa depan Daarul Qur’an baik di Bandung, Indonesia, Asia bahkan dunia. Ceramah yang sangat menggungah dan penuh motivasi, sehingga tanpa sadar semua hadirin terbawa suasana penuh semangat mengambil bagian dalam misi membentuk generasi qur’ani. Dibagian akhir acara yakni do’a yang langsung dipimpin oleh yang terhormat K.H. Mashhuri Baidhowi salah seorang ulama besar yang sama-sama konsen dalam dakwah islam.
Akhirnya rangkaian acara dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, selepas shalar dzuhur, pada tamu undangan disediakan jamuan makan dan foto bersama dengan K.H. Yusuf Mansur sambil menuggu giliran mengambil raport dan ijazah bagi kelas 9 dan 12 (Nc-DQBdg)





You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.