Langsung ke konten utama

Upgrade Skill Pemrograman Anda Disini


Oleh : Ence Surahman, S.Pd

Yogyakarta, 18/9/14. Hari ini saya amat bersyukur karena bisa kembali mengasah kemampuan bahasa pemrogramran saya yang sudah hampir hilang semua semenjak dulu kuliah pemrograman waktu S1.  Memang yang namanya ilmu itu kalau mau tajam ya harus dilatih, ibarat pisau kalau tidak digunakan atau tidak pernah diasah maka ia akan tumpul dan lama kelamaan bisa berkarat.
Hari ini saya, Mba Dwi dan Mas Adri belajar bahasa pemrograman dari teman kuliah yakni Mba Nusuki namanya, beliau alumni Pendidikan Ilmu Komputer FMIPA UPI, kebetulan tahun ini sama-sama masuk di Pascasarjana UNY bersama kami. Karena beliau lumayan ekspert jadinya kami minta beliau share ilmunya. Kami mulai dari pengenalan bahasa pemrograman HTML, bahasa ini penting untuk mereka yang suka mengotak –atik web, blog, dan yang sejenisnya.
Ketika kami mulai pembelajarannya, ternyata Mba Nuki (panggilan akrabnya) beliau langsung memperkenalkan kami pada sebuah situs yang menyediakan tutorial bahasa pemrogaman secara gratis, namanya http://w3schools.com . Disana kita bisa belajar secara mandiri atapun dengan bimbingan orang lain beberapa bahasa pemrograman yang familiar, seperti HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP,JQuery dan lain-lain. Pokoknya ketika saya mengeksplorasi fiturnya, sangat bagus dan kita bisa mengupgrade skill  bahasa pemrograman kita secara otodidak.
Berikut ini contoh tampilan websitenya, 

selamat mencoba dan semangat mengupdare skill  programingnya see you next time ...

Nb: selain kita bisa belajar, di http://w3schools.com kita juga bisa uji skill kita juga lho, bahkan kalau bagus bisa dapat sertifikat ahli bahasa yang kita kuasai. Lets try! 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste