UPGRADING PENGURUS MITI KM; MEMBENTUK SDM UNGGUL

23.07.00


Semenjak diresmikan dalam agenda pelantikan pengurus dan musyawarah kerja pada tanggal 17-18 Januari di Kantor MITI Center Depok Jawa Barat. Dua bulan kemudian pengurus Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa kembali diupgrade semangatnya dalam acara upgrading perdana yang dilaksanakan pada Rabu, 18 Maret 2015 jam 20.00-21.30 WIB. Uppgrading yang diselenggarakan oleh departemen HRD MITI KM 2015 tidak dilaksanakan secara tatap muka melainkan dengan menggunakan metode upgrading online via aplikasi telegram. 
Upgrading perdana yang mengangkat tema “membangun SDM MITI KM yang unggul” tersebut mengundang pembicara dari pengurus MITI pusat tepatnya Sekretaris Umum MITI yakni Bapak Dr. Edi Syukur dengan moderator Saudara Ence Surahman, S.Pd dari tim HRD MITI KM.  Doktor lulusan Teknik Kimia Chiba University Jepang itu dengan penuh semangat menyampaikan materinya walaupun harus mengetik beratur-ratus kalimat dari penyajian materi hingga menjawab pertanyaan para pengurus MITI KM yang menyimak secara antusias.
Dalam pengantar materinya Doktor yang punya beberapa paten ini menyinggung tentang hukum pareto yaitu hukum yang lebih sering dikenal dengan hukum 80:20. Hukum yang awalnya dikembangkan dalam bidang ekonomi tersebut kemudian diadopsi dalam berbagai bidang salah satunya dalam bidang manajemen.
“Dalam bidang manajemen hukum 80:20 ini diartinya hanya ada 20% orang dari sekumpulan orang-orang  yang menghasilkan output sampai 80% disaat ada 80% orang dalam kumpulan orang-orang itu yang hanya menghasilkan 20% output. Artinya kalau kita hitung sebetulnya dari 100 orang, hanya ada 20 orang yang benar-benar bekerja, sedangkan 80 orang seolah-olah sedang bekerja atau berpura-pura kerja, keseriusan 20% orang itu yang bisa menyelesaikan permasalan dan memberikan added value sampai 80% dari keseluruhan added value yang dihasilkan dari sebuah organisasi” pungkasnya.
Dari pemaparan tersebut, pemateri mengajak seluruh pengurus MITI KM untuk bertanya kepada dirinya masing-masing. “Dimana posisi kita saat ini? Apakah masuk kelompok 80% yang hanya menghasilnya output 20% atau sebaliknya yang 20% yang bisa menghasilkan 80% output organisasi?”. Setelah itu pemateri mengajak para pengurus untuk bertanya lagi, “apa yang menyebabkan kita memutuskan untuk bergabung dengan organisasi MITI KM? Apakah karena namanya? Atau karena hal lain? Jawaban dari pertanyaan ini akan menentukan apakah kita masuk dalam 20%  atau tidak?” ungkapnya.
Kemudian beliau kembali menyadarkan para pengurus, bahwa MITI KM adalah organisasi dunia maya, artinya setiap pengurus harus self driving, karena tidak ada yang menuntut dan menagih peran kita secara langsung, semua kembali pada kesadaran diri sendiri. Maka dari itu semua pengurus MITI KM harus memiliki manajemen diri yang bagus terutama dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pengurus MITI KM.
Poin kedua yang disampaikan oleh Dr. Edi Sukur adalah motivasi. Semua pengurus harus memiliki motivasi bergabung di MITI KM, karena dari motivasi itu akan memunculkan plan dan dari plan itu akan  melahirkan aksi yang akan dilakukan sebagai bentuk kontribusi pengurus untuk MITI KM dan semua mitra serta pihak yang mendapat manfaat dari keberadaan MITI KM. Karena MITI KM punya jargon agar kadernya bisa KPK (Kompeten, Profesional dan Kontributif), maka semua pengurus harus punya rencana kerja pribadi baik untuk meningkatkan kompetensinya maupun memaksimalkan peran kontribusinya secara profesional.

Point ketiga yang disampaikan oleh pembicara adalah komunikasi. “Di Jepang ada istilah houkoku (report), renraku (informasi) dan soudan (diskusi), ketiganya harus lancar. Yang dimaksud report adalah laporan dari subordinat kepada superordinat. Superordinat akan memberikan informasi ke seluruh pengurus setelah melalui telaah dan analisa. Informasi itu tidak saklek dari atas kebawah, tapi diberikan ruang untuk diskusi. Dengan kombinasi 3 hal tersebut maka organisasi akan sehat” tegasnya. (Ensu HRD MITI KM)

You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.