Langsung ke konten utama

Renungan Pendidikan Kita

Oleh : Ence Surahman, S.Pd

Sumber Gambar : https://zforzulham.wordpress.com/2015/01/17/apa-sih-tujuan-kita-hidup-di-dunia-ini-renungan/


Apabila pendidikan dimaknai sebagai upaya memanusiakan manusia, hingga menjadi manusia seutuhnya. Atau apabila pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).
Maka fenomena perilaku korup dikalangan pejabat, bentrokan antar suku, tawuran pelajar, kasus begal, curanmor, yang terbaru pengajar bimbel membunuh wanita tuna susila langganannya, merupakan sebagian kecil wajah sosial yang menyisakan tanya mengapa itu bisa terjadi? Dan sejauh mana pendidikan berperan sebagai pengendali kelabilan-kelabilan jiwa seorang manusia yang seyogyanya mereka pernah bahkan sedang mengenyam pendidikan.
Fenomena-fenomena penuh tanya tadi menjadi bahan pembicaraan terutama oleh kalangan pemerhati pendidikan dan para civitas akdemika dalam ruang-ruang diskusi ilmiahnya. Maka dari itu kami keluarga mahasiswa pascasarjana UNY yang merupakan bagian dari kampus yang memiliki jargon leading in character education, yang diinisiasi dari bidang kerohanian, pada kesempatan sore ini sengaja menyelenggarakan kajian yang bertema “pendidikan karakter wujudkan insan unggul dalam pekerti dan prestasi, menghadirkan Bapak Dr. Marzuki, M.Ag selaku kepala Pendidikan Karakter UNY dan Bapak Lilik Krismanto Ketua Lingkar Muda DIY untuk berbagi konsep tentang upaya preventif dalam rangka memperbaiki tatanan pendidikan kita dari akar rumput yang berbasis nilai-nilai keyakinan beragama.
Kami berharap dalam acara ini terbangun diskusi yang konstruktif yang akan mengarah kepada munculnya solusi-solusi konkrit untuk mengatasi permasalahan-permasalahan fundamental berkaitan dengan tatanan sistem dan output pendidikan kita. Disamping kita semakin tertanamnya keyakinan dan kesadaran spiritual kita bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam membentuk peserta didik menjadi manusia seutuhnya, dan hanya Tuhan Yang Maha Kuasa-lah yang mampu membentuk karakter setiap individu manusia yang ada dimuka bumi ini. Sibghatallah waman ahsanu minallahu sibghoh, wanahnu lahu ‘abidun. Sibghah Allah, dan siapakah yang lebih baik dari pada sibghoh Allah, dan hanya kepadaNya kami menyembah. Demikian terimakasih.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste