Langsung ke konten utama

¼ Abad, Utang yang Tak Akan Terbayar

Gambar : http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2014/07/22/16/885335/utang-pemerintah-UYZ.jpg


05 Oktober 2015 menggenapkan ¼ abad usia saja sejak saya lahir pada tanggal 05 Oktober 1989 dulu. Dalam momentum tersebut saya merenungi betapa baiknya Allah sama saya. Allah Sang pencipta dan pemelihara serta pemenuh semua kebutuhan hidup dan penentu garis takdir saya selama ini dan kedepannya. Saya merasa amat sangat bersyukur karena Allah telah mempercayai saya untuk melewati ¼ hidup didunia. Saya bersyukur dengan semua episode yang pernah saya alami apapun kondisinya karena saya yakin semua yang telah terjadi adalah yang terbaik untuk saya. Alhamdulillah.
Selanjutnya saya juga menyampaikan terimakasih kepada kedua orang tua dan saudara saya yang telah menemani dan membantu saya meraih dan mewujudkan satu demi satu impian serta cita-cita saya. Hingga kadang saya tidak percaya ternyata perjuangan ini sudah sejauh ini. Untuk hal tersebut saya juga tidak lupa sampaikan terimaksih kepada semua guru sejak SD hingga SMA, terimakasih juga kepada semua dosen sejak S1 hingga saat ini, juga terimakasih kepada semua guru-guru kehidupan yang telah mengajarkan ilmu walaupun hanya satu atau dua hurup. Saya berhutang budi kepada kalian semoga Allah membalasnya dengan balasan yang berlipat ganda. Aamiin.

Selain itu saya juga menyampaikan terimakasih kepada semua teman-teman yang telah menemani irama setiap langkah-langkah kaki ini, teman waktu kecil, SD, SMP, SMA, S1, hingga saat ini, teman-teman dekat dan teman-teman yang jauh yang senantiasa mendukung, mendoakan, membantu, membersamai, menyemangati langsung ataupun tidak langsung, teman-teman yang telah menginspirasi, memotivasi, kadang teman yang menjadi kawan berkompetisi, semuanya adalah teman baik yang saya berhutang budi kepada kalian semua, saya doakan semoga semua kebaikan kalian dibalas Tuhan dan semoga kalian diberikan kekuatan untuk mencapai setiap mimpi kalian hingga terwujud jadi nyata. 
Secara khusus saya sampaikan terimakasih kepada teman-teman di semua organisasi, forum, komunitas yang pernah saya ada disana, dari Ikatan Santri Alfalah Cikaramat, OSIS, PMR, PRAMUKA SMPN 1 Talegong Garut. Kemudian OSIS, KAPA, PASKIBRA, PRAMUKA, PMR, WIBAWA FM, Ekskul Volley, Ekskul bola, Karate, HASTA SMAN 21 Garut, kemudian teman di Hima Tekpend, Program Tutorial PAI, LDK UKDM, KALAM, Forum Mapres UPI, MATAGIRA, teman-teman MITI KM, KMP UNY, BTR Bandung, MBH Yogyakarta dan semuanya. Semoga kalian baik-baik saja dan terus berkarya sesuai dengan kapasitas kita masing-masing saat ini.

Dibagian akhir tulisan ini saya mendapatkan satu kesimpulan bahwa saya berhutang budi kepada makhluk-makhluk Allah dan itu berarti saya berhutang kepada Allah yang telah menggerakan mereka untuk membantu, menolong, mendukung, mendoakan, memotivasi saya selama ini. Dan saya tahu hal yang sesungguhnya bahwa nikmat Allah itu tak akan pernah bisa terbalaskan. Sebagaimana dalam firmanya dalam alqur’an surat An-Nahl ayat 18 dan Surat Ibrahim ayat 34 “dan sekiranya kalian menghitung nikmat Allah, maka sesungguhnya kalian tidak akan pernah bisa menghitungnya” . Jangankan untuk membayar hutang-hutang tersebut menghitungnya saja kita sudah tidak mungkin bisa. Tentu hal ini menginspirasi saya untuk memperbanyak rasa syukur kepada Allah atas semua nikmatnya selama ini dan nikmat yang akan diberikannya setelah hari ini kedepan, semoga saya senantiasa mendapatkan posisi yang istimewa disisiNya, aamiin YRA. Terimakasih Allah, terimakasih dan mohon maaf untuk bapak ibu, teteh rai, guru dosen, teman-teman semua, i love you all. May allah bless you forever. Aamiin YRA. (Yogyakarta, 06 Oktober 2015).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste