Langsung ke konten utama

Mahfuzi Irwan Ketua KMP UNY 2016


Dok : Humas Media KMP UNY


Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) menggelar Musyawarah Besar III KMP UNY yang diselenggarakan Sabtu, 19 Desember 2015. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00-20.00 WIB bertempat di Ruang Aula L.3 Gedung Baru Pascasarjana UNY. Kegiatan musyawarah besar dihadiri oleh pengurus dan peserta magang KMP UNY 2015, undangan mahasiswa delegasi program studi berjumlah 112 mahasiswa PPs UNY.
Ketua Pelaksana kegiatan Saudara Didik Kurniawan, S.Pd yang juga menjabat selaku Wakil Ketua KMP UNY 2015 dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Mubes adalah untuk meminta Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus KMP UNY 2015, kemudian membahas dan menetapkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) dan memilih serta menetapkan ketua umum KMP UNY 2016.
Agenda Mubes secara resmi dibuka oleh Asisten Direktur 1 Pascasarjana UNY yakni Prof. Parjhono, Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus KMP UNY 2015 yang dikomandoi oleh Saudara Ence Surahman, S.Pd yang telah mengabdikan sebagian waktu, pikiran dan tenaganya untuk menghidupkan geliat dan aktivitas kemahasiswaan di Program Pascasarjana UNY. Di samping itu beliau berpesan agar para pengurus yang sudah demisioner dapat segera fokus pada amanah studinya agar lulus tepat waktu. Kemudian kepada calon pengurus baru beliau berpesan agar pandai memilih program yang akan dilaksanakan sehingga program yang dilaksanakan benar-benar sesuai dengan pola pengembangan kegiatan kemahasiswaan yang sudah dirancang dibawah koordinasi Ketua Assosiasi Alumni dan Mahasiswa (AAM).
Selepas agenda pembukaan, selanjutnya memasuki agenda persidangan yang terbagi menjadi 4 sidang pleno. Para peserta sidang terlihat antusias dari awal hingga akhir. Terutama pada saat membahas LPJ dari pengurus KMP UNY 2015 dan pada saat memilih dan menetapkan Ketua Umum KMP UNY 2016. Melalui serangkaian mekanisme pemilihan ketua yang disepakati dalam Anggaran Rumah Tangga Pasal 14. Tercatat ada 21 bakal calon yang diusulkan oleh forum, kemudian mengkrucut menjadi 13 nama setelah diverifikasi oleh presidium sidang. Dari 13 bakal calon, selanjutnya di verifikasi lebih lanjut oleh tim formatur yang terdiri dari 10 orang Badan Pengurus Harian (BPH) demisioner. Lalu sesuai aturan dipilih 3 nama calon untuk menyampaikan visi, misi dan program strategisnya dihadapan seluruh peserta sidang. Setelah prosesi musyawarah peserta sidang, calon yang bernama Mahfuzi Irwan, S.Pd mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah PPs UNY yang terpilih secara mufakat untuk memimpin KMP UNY satu tahun kedepan.
Dok : Humas Media KMP UNY

Dalam sambutan perdananya pemuda asal Medan ini menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dari seluruh peserta musyawarah, kemudian beliau meminta komitmen, loyalitas dan dukungan dari seluruh calon pengurus KMP UNY 2016 yang akan bersama-sama melanjutkan kiprah pengabdian di organisasi Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP UNY). Menjelang akhir acara Pembina KMP UNY Bapak Dr. Nuchron, M.Pd menyampaikan sambutan singkat, berupa ucapan selamat dan terimakasih kepada pengurus KMP UNY 2015, kemudian selamat mengemban amanah kepada Ketua Umum KMP UNY yang baru terpilih. Acara diakhiri dengan serah terima jabatan dari Ketua Umum KMP UNY 2015 saudara Ence Surahman, S.Pd kepada Ketua Umum KMP UNY 2016 Saudara Mahfuzi Irwan, S.Pd melalui penyerahan bendera dan stempel KMP UNY. (Humas Media KMP UNY)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste