Rahasia Sukses Orang Yahudi

04.01.00



Oleh : Ence Surahman, S.Pd (Ketua MITI KM 2016)

Sumber gambar.


1.      Saya baru saja baca buku yang berjudul “Menguak Rahasia Cara Belajar Orang Yahudi” Karangan Abdul Waid. Saya mau share inti pesan dari buku tersebut.
2.      Bagi yang pernah membaca buku tersebut sudah barang tentu faham, bahwa judul buku tersebut hanya bagian dari pembahasan didalamnya.
3.      Buku tersebut terdiri dari 13 bab. Bab pertama membahas tingkat kecerdasan orang Yahudi. Bab 2 membahas profil orang Yahudi yang menguasai dunia.
4.      Bab 3 membahas rahasia pembinaan otak sejak dalam kandungan. Bab 4 membahas tentang rahasia genetika, bab 5 membahas rahasia pembinaan dimasa kecil.
5.      Bab 6 membahas rahasia imajinasi kaum Yahudi. Bab 7 membahas rahasia hidup serba terampil. Bab 8 membahas rahasia prindip dalam belajar.
6.      Bab 9 membahas rahasia menajamkan daya ingat. Bab 10 membahas tempat dan waktu belajar. Bab 11 membahas tradisi pelecut kekuatan jiwa.
7.      Bab 12 membahas rahasia metode orang Yahudi dalam belajar dan bab 13 bagian penutup.
8.      Dari semua pembahasan tersebut dapat saya simpulan bahwa orang-orang Yahudi cerdas karena dua faktor, pertama takdir Tuhan, kedua usaha alamiah mereka untuk cerdas.
9.      Setelah membaca buku tersebut kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa hasil yang mereka peroleh sehingga menguasai dunia sebanding dengan usahanya.
10.  Kita mulai pembahasannya, tahukah Anda bahwa 102 orang (35%) dari 270 pemenang Nobel adalah orang Yahudi?
11.  Tahukah Anda rata-rata IQ orang Yahudi pada kisaran 107,5 – 115? Sedangkan orang diluar ras Yahudi rata-rata sekitar 90-100?
12.  Tahukan Anda tahun 1954 di New York dikejutkan oleh 28 anak dibawah usia 15 tahun dan 24 diantaranya adalah golongan Yahudi?
13.  Tahukan Anda bahwa 25% Profesor di Amerika berasal dari keturunan Yahudi? Tahukan Anda beberapa ilmuwan dan pebisnis dunia banyak dari  Yahudi?
14.  Sebut saja orang terkaya seplanet Bumi Bill Gates, Bapak Fisika dunia Albert Einstein, pendiri google Larry Page, Mark Zuckerberg, Karl Marx, Sigmund freud semuanya Yahudi
15.  Selanjutnya Mike Lazardis pendiri BB, Arnold bintang film juga politisi, albert Sabin penemu vaksin Polio, termasuk Lionel Messi juga Yahudi
16.  Dan masih banyak lagi orang-orang cerdas dan hebat dari kalangan Yahudi yang memiliki pengaruh luarbiasa didunia.
17.  Apa dan bagaimana mereka bisa begitu? Pertanyaan yang perlu kita temukan jawabannya untuk kita tiru usaha-usahanya agar kita bisa setara dan melebihinya.
18.  Memang berat upaya untuk menyamai tingkat kecerdasan mereka, namun bukan berarti tidak mungkin.
19.  Secara historis mereka pernah punya pengalaman yang buruk, mereka pernah menjadi kaum termarjinalkan di Amerika, namun mereka kemudian bangkit. Why?
20.  Rupanya usaha mereka menjadi ras supercerdas sangat perlu diapresiasi dan ditiru, mereka melakukannya dengan penuh kesadaran dan kerjakeras.
21.  Proses pembinaan generasi baru mereka, dimulai sejak mencari pasangan, orang yahudi hati-hati dalam memilih pasangan, tidak mau dengan non Yahudi.
22.  Pada saat hamil, ibu yang mengandung sudah memahami proses ilmiah untuk meningkatkan kecerdasan calon bayinya.
23.  Pertama dengan memperdengarkan dan bermain musik klasik dari dentingan piano dan gesekan biola. Mereka meyakini bahwa musik klasik dapat memacu pertumbuhan otak bayi
24.  Kedua, calon ibu terbiasa mengerkan soal-soal matematika, bahkan kemanapun mereka pergi, sang ibu tidak lupa buku soal matematika.
25.  Mereka menyadari bahwa dengan begitu proses pertumbuhan otak sang bayi akan optimal dan mulai terlatih sejak dalam kandungan
26.  Ketiga, menjaga pola dan kualitas makanan, mereka banyak mengonsumsi kacang2an, sayuran dan buah berkualitas, korma, dan susu. Selain itu ikan dan dadging.
27.  Keempat, ibu hamil menjauhi asap rokok. Orang yahudi akan respek berhenti merokok ketika melihat ada ibu hamil dalam radius 15 M.
28.  Seorang suami perokok sekalipun ketika istrinya hamil, ia akan berhenti merokok sampai anaknya lahir hingga usia 7 tahun.
29.  Dan setelah itu biasanya mereka malas bersentuhan dengan rokok dan akhirnya berhenti. Rokok bagi mereka menjijikan dan sesuatu yang tabu. Beda dengan dikita.
30.  Selanjutnya mengapa mereka menjadi ras yang unggul, karena rahasia genetika. Pertama mereka menjaga gen /keturunan mereka.
31.  Di bangsa yahudi ada satu etnis yang dipandang paling cerdas namanya etnis Ashkenazim, etnis tersebut  benar-benar dijaga agar semakin banyak.
32.  Kedua, masa lalu mereka pernah mengalami penderitaan hidup dan trauma sosial yang tinggi. Salahsatu kisahnya dalam peristiwa pembunuhan masal oleh Nazi.
33.  Hal tersebut memicu mereka untuk menjaga kualitas keturunan dan etos kerja mereka untuk menunjukan eksistensi mereka.
34.  Kesadaran tersebut sudah dibangun sejak masih kecil. Anak-anak sudah dipahamkan tentang hal tersebut. Bahwa mereka harus jadi bangsa yang unggul.
35.  Rahasiswa selanjutnya adalah pembinaan anak sejak kecil. Pertama dimulai dengan penguasaan bahasa sejak dini. Ada 3 bahasa yang wajib dipelajari yakni Inggris, arab dan  Hebrew.
36.  Kedua, sejak kecil diajarkan dan diwajibkan bermain musik, terutama musik piano dan biola. Bahkan diacara-acara keagamaan dan formal para pemainnya rata-rata anak-anak.
37.  Orang tua merasa malu jika anaknya tidak pandai bermain piano dan biola, menurut mereka biola dan piano adalah jenis alat musik yang dapat memicu kecerdasan anaknya.
38.  Ketiga pelajaran wajib bagi anak-anak Yahudi diantaranya adalah matematika berbasis perniagaan, IPA, Olahraga dan sains.
39.  Rahasia berikutnya adalah budaya imajinasi. Mereka memiliki optimis bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini, semua yang orang lain tidak mungkin menjadi mungkin bagi mereka.
40.  Contohnya internet, mesin pencari, sosial media, bom atom, vaksin, semua yang ditemukan kaum Yahudi awalnya orang mengira sesuatu yang abstrak, namun menjadi nyata.
41.  Orang tua mengajarkan anaknya untuk berimajinasi, mencari peluang dalam berbagai bidang kehidupan yang belum ideal agar menjadi ideal.
42.  Rahasia berikutnya adalah hidup serba terampi, ini yang luar biasa, mereka memiliki etos kerja yang tinggi, dan selalu punya daya juang untuk melakukan yang terbaik.
43.  Tujuannya agar orang lai  tahun kualitas mereka dan mereka mendapakan tempat disana. Hal itu tak lepas dari masa lalu mereka yang kelam. Ketika menjadi kaum termarjinalkan.
44.  Rahasia selanjunya adalah prinsip belajar orang Yahudi. Pertama bertanya (keingintahuan yang tinggi) akan segala sesuatu yang tidak diketahuinya.
45.  Kedua, proses belajar dan bertanya tanpa tekanan, semua dibangun secara manusiawi, disekolah tidak ada siswa yang merasa tertekan dalam belajar.
46.  Semua dilakukan dengan nyaman, sehingga proses dan hasil belajar mereka menunggukan kualitas diatas rata-rata.
47.  Anak-anak Yahudi sudah pandai memberikan tingkat kognitif pertanyaan mereka mulai dari C1-C6. Sesuatu yang luarbiasa. Sehingga pertanyaan mereka cenderung berbobot istimewa.
48.  Rahasia selanjutnya adalah kemampuan menajamkan daya ingat. Memori mereka sangat luarbiasa, karena sudah dilatih dan dipersiapkan sejak masa kehamilan.
49.  Beberapa cara meningkatkan daya ingat diantaranya dengan imajinasi, mencari perantara, simbol, pendekatan multimodel dan menjaga faktor makanan.
50.  Beberapa makanan yang biasa mereka konsumsi diantaranya adalah ikan yang banyak mengandung lemak, sayuran berwarna hijau,alpukat, minyak ikan, kacang dan biji-bijian
51.  Selain itu kurkumin dalam temulawak, kunyit, beras merah, air putih, pegagan (antanan) juga kafein serta buah beri.
52.  Rahasia berikutnya tentang tempat mereka belajar, pertama belajar dekat air, kedua tidak belajar diperpustakaan, karena menurutnya perpustakaan bukan tempat yang kondusif
53.  Ketiga, tidak belajar dengan bantuan elektronik, mereka belajar secara manual. Belajar diwaktu pagi.
54.  Rahasia selanjutnya lebih fundamental dan sangan esensi untuk ditiru. Pertama selalu duduk didepan, mengontak mata lawan bicara, 25% berjalan lebih cepat dari ras lain.
55.  Selalu bicara jujur, senyum mempesona, tidak pernah puas, selalu konsisten, menghindari kesalahan, mengindari sifat lufa, juga pantang menyerah.
56.  Demikian rangkuman rahasia belajar orang yahudi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.
57.  Apabila dikaji secara mendasar, sebenarnya katakter asasi mereka juga banyak dianut di ras yang lain, misalnya Islam. Hanya barangkali effortnyalah yang membedakan hasilnya.
58.  Inti dari tulisan ini adalah untuk memotivasi penulis sendiri untuk lebih besar usaha dalam belajar agar dapat mencapai kualitas optmimal.
59.  Sehingga kecerasan orang yahudi bukan semata-semata karena takdir Tuhan melainkan sejalan dengan usaha alamiah dan lahiriyahnya.
60.  Kemudian hal itu memantaskan mereka menjadi kaum tercerdas dimuka bumi ini walaupun jumlah mereka minoritas. Wallahu’alam.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Sungguh sangat megninspirasi. Terima kasih sdh berbagi mas.:)

    BalasHapus
  2. Sungguh menarik untuk di kaji
    Syukron akh Ence?

    BalasHapus

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.