Langsung ke konten utama

Kisah Keluarga Kami (K3) TP B PPS UNY 2014




Ini tentang cerita keluarga, keluarga besar dari nusantara, keluarga yang bertemu karena asa dan cita, keluarga yang bersatu sepenuh jiwa, itulah kami keluarga mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Kelas B angkatan 2014. 

Jumlah kami tidak banyak tercatat hanya 20 saja, namun kisah cinta kami tak mungkin terdefinisi secara singkat, kisah penuh kasih yang hangat karena butiran-butiran semangat yang terbangun setiap saat. 

Kami punya kepala keluarga seorang yang arif nan bijak, sosok bapak yang tahu betul bagaimana maunya anak. Beliau bernama Bapak Sri Widodo, pembelajar sepanjang hayat yang banyak memberi manfaat dan selalu mengajarkan arti berbagi sesama umat. 

Kami punya kepala suku yang tidak kalah bijak, sosok kalem yang bikin banyak kaum hawa pada kesengsrem. Beliau adalah Mas Hartoto calon guru besar dari Universitas Negeri Makasar, sekaligus owner perusahaan electindo. Kecakapannya dalam mengeola kelas dan tugas sangat patut diacungii jempol, selain itu inisiatifnya untuk selalu bahagia dan bersepeda juga penting untuk dicatat. 

Kami punya bendahara kelas yang rajin dan tanggungjawab, beliau Mba Natalis, calon dosen dari Univ Widiana Mandiun, sosok periang dan pintar menyenangkan orang. Urusan uang rapi dan akuntabel, cocok jadi bendahara rumah tangga untuk suaminya nanti. 
Selain itu kami punya Pakde, yakni Pakde Andri Kurniawan, pria tinggi besar asal Palembang ini insyaAllah sebentar lagi punya bukde, kita doakan semua segera punya anak kembar aamiin YRA. 

Setelah itu kami punya anak angkat, pria yang memiliki ideologi tinggi ini bernama Ziaurrahman, calon dosen PAI dari Aceh. Konon sempat berseloroh mau jadi orang Jawa, kita do’akan semoga cita-citanya kesampaian, aamiin YRA. 

Kami punya keluarga bahagia yakni mas Fakih dan Mba Erni yang sudah dikaruniai seorang putri cantik solehah bernama Fatiha, sejak dikandung hingga kini berusia lewat satu tahun, Fatiha ibarat generasi II TP B 2014. Semoga jadi anak yang solehah berbakti pada orang tua ya nak. 
Lalu kami mau cerita tentang seorang pria misterius namun gokil, beliau adalah Adrie Satrio, ya sesuai namanya beliau terlihat memiliki jiwa kesatria, jarang bicara banyak aksi, selain itu beliau punya style japanes sebutan teman-temannya. 

Selanjutnya ada sosok pak asisten dosen yang yang juga guru kami, karena sering mengajari kami, menggantikan peran profesor di kelas, konon sebentar lagi akan menggenapkan agamanya, beliau adalah Mas Galih Widiatmojo, semoga dimudahkan mas. 

Berikutnya ada anggota keluarga kami yang punya kisah heroik, mungkin belum banyak yang tahu tentang latar belakang mengapa beliau terkesan malu-malu dan pendiam, saya pernah mendengar langsung ceritanya dalam perjalanan touring ke tempat arung Jeram di Sungai Serayu akhir tahun lalu. Beliau adalah Mas Abdul Haris Munandar, yang konon siap hijrah ke rumah idamannya walau jauh sekalipun. Semoga berhasil ya mas. 

Selanjutnya ada sosok adem ayem, beliua calon pengusaha masa depan, karena dari sekarang sudah terbiasa berwirausaha, saya salah satu pelanggannya, yakni langganan pulsa, maaf ya Mba Dwi Kusrini kalau-kalau saya sering lama bayarnya. Semoga yang di Amsterdamnya segera pulang ya. 

Lanjut ke anak termuda dikelas keluarga kami yakni Mba Sella Mawarni, awardee LPDP ini sering bingung, tahu bingung kenapa? Bingung memilih siapa yang akan di ACC, semoga dipermudah cita-cita ke Ausinya ya mba. 

Berikutnya Teh Nusuki Syariati Fatimah, orang Bandung yang kurang faham bahasa Sunda, ternyata orang tuanya semua berasal dari Jawa, pantesan suatu hari saya uji dengan keluarganya beberapa istilah bahasa Sunda terlihat asing bagi mereka. Semoga sukses ke Jepangnnya ya. 
Selanjutnya saya mau mengenalkan artis dikeluarga kami, beliau adalah Mba Azizah, menurut saya orang ini punya derajat ikhlas yang tinggi, buktinya ikhlas didahului nikah oleh adiknya. Semoga segera bertemu ya mba, bertemu dengan idolanya (Syahrini). 

Setelah artis, saya mau mengenalkan putri tertinggi dikeluarga kami yakni Mba Rina Rizalini, selidik punya selidik konon beliau ini mendapat julukan Ratu Bone dari teman-temannya (infonya memang masih simpang siur, butuh penyelidikan dan penelitian lebih dalam tentangnya, tentu ini cocok untuk kajian budaya), semoga segera dipertemukan dengan sang Rajanya ya mba, aamiin YRA. 

Selanjutnya Mba Nita dari lombok, orangnya kalem penyuka semua tentang Jepang juga sama dengan Mas Adrie dan Mba Nuki, konon selain menyukai dunia psikologi anak-anak, beliau juga menjadi relawan pengadopsi hewan dikamarnya. Semoga kelak punya kebun binatang ya mba, terutama binatang-binatang yang terlantar tidak bertuan, kasian mereka.
Berikutnya saya mau mengenalkan sosok penghafal quran yang karena barokahnya alhamdulillah dikaruniakan istri solehah penghafal quran juga, beliau adalah develloper e-tahfidzqu, semoga barokah ya tadz ikhtiar amalnya. 

Berikutnya saya kenalkan mister Rendi dari Kalimantan, pria hoby main bola yang juga perdukung Persib Bandung, semoga Mitra Kukar dan Persib selalu juara ya mas. 

Pria ini yang paling ngetrend dikeluarga kami, beliau sosok pria kesepian penyuka lagu RAN yang judulnya dekat di hati, Mas Muhammad Alwan namanya. Orangnya rame dan rajin mengerjakan tugas.

Yang terakhir tentu saya sendiri,  sosok pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan ini adalah pria asal kampung nan jauh disana, Talegong Garut Jawa Barat, kuliah S2 bukan hanya untuk mengejar cita dan asanya, namun untuk mewakili ratusan pemuda desanya yang belum berkesempatan duduk dibangku S2, semoga langkahnya diberikan kemudahan dan kebarokahan, aamiin YRA. 

Hari ini, Senin, 29 Februari 2016 kami mengadakan kegiatan keakraban yang bertajuk LavaTour yakni sebuah kegiatan tadzabur alam dengan menaiki mobil Jeep untuk melihat bekas sisa-sisa dahsyatnya bukti kekuasaan Allah swt dalam peristiwa Erupsi Merapi tahun 2006. 

Selama perjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan indah sekaligus penuh haru, terlebih ketika sopirnya bercerita tentang kampung-kampung yang terkubur, hewan dan ladang yang terbakar lahar, photo-photo dokumentasi yang semakin mendekatkan kami pada satu titik yakni puncak iman bahwa manusia itu kecil dan Allah itu Maha Besar. Maka sungguh tak layak manusia berlaku sombong dengan sedikit ilmu dan titipan kemampuan yang Allah berikan. 

Diakhir perjalanan kami makan-makan, mungkin itu menjadi makan yang terakhir kalinya, suasanannya penuh kehangatan, terasa bagaikan makan bersama keluarga sendiri. 

Selepas makan ada sesi istimewa, sebuah sesi yang mengakibatkan air mata tak dapat ditahan untuk jatuh membahasahi pipi. Kami saling berkomunikasi dengan hati tentang perjalanan indah yang serasa baru sehari, besok ternyata kami harus kembali, namun ikatan hati yang telah mengakar membuat kami semakin berat untuk pergi. Semua kenangan yang telah dijalani akan menjadi materi cerita berkisah kepada anak cucu nanti. 

Terimakasih teman-teman, terimakasih atas kebaikan dan kehangatan ikatan keluarga kita, terimakasih untuk senyum dan motivasinya, mohon maaf atas salah dan khilaf baik yang disengaja maupun tidak. Ijinkan saya menyampaikan isi hati saya, sungguh saya mencintai rekan-rekan semua. Mencintai semua kenangan kita, mencintai kebersamaan kita, mencintai mimpi-mipin kita sebagi sejawat teknolog pendidikan. Semoga kita bertemu kembali dalam karya-karya untuk bangsa dan peradaban umat manusia dimanapun melalui apapun ruang karya kita nanti. bismillah. 


Yogyakarta, 29 Februari 2016
Ence Surahman,

Komentar

  1. Terimakasih kang Ence, saya bisa menjadi bagian dari cerita ini 😊. Dan semoga kebingungan saya segera terjawab hahaha...

    BalasHapus
  2. Haha..terimkasih mas ens..saya tlh dianggap sebagai bapak. mudah2an saya bisa menjadi bapak yg baik..dan saya masih menunggu janjimu utk mengajariku berbahasa sunda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak Wied, langsung kita mulai dari pembelajaran pertama ya

      Judulnya melamar.


      Berikut naskahnya:
      A: Nepangkeun wasta pribados Sri Widodo linggih di kalasan Sleman Yogyagakarta, dongkap angggang diteang, jauh di jungjugm aya maksad sejak ngaitkeun tali silaturahim, mamanawian sijalu tiasa jatuk rami sareng si eneng putri bapak.

      artinya : Perkenalkan nama saya Sri Widodo, kawit ti Kalasan sleman yogyakarta,datang jauh-jauh untuk menghubungkan tali silaturahmi, barangkali anak saya yang jagoan ini ada peluang untuk mempersunting putri bapak


      hehehe

      Hapus
    2. lanjut belajar bahasa sunda nya nich..hhaha..

      Hapus
  3. terimakasih mas ence... TP B merupakan massa yang tak akan terlupakan

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste