Langsung ke konten utama

Siap Nikah? Oleh-Oleh Workshop Keluarga Sakinah





Anda #SiapNikah? Berikut saya sharekan oleh2 dari agenda Dauroh Keluarga Sakinah kemarin siang, semoga bermanfaat buat yang mau menyegerakan dan bagi yang sudah  menggenapkan

#SiapNikah mesti siap syukur dan sabar, syukur pada hal2 yang menyenangkan dan sabar pada hal2 yang tidak menyenangkan

#SiapNikah mesti siap beradaptasi dengan semua karakter pasangan, sesuai ataupun tidak sesuai dengan karakter kita

#SiapNikah mesti siap dalam semua situasi dan kondisi, melayani pasangan, mendidik keturunan, dan membangun masa depan.

Perlu diketahui oleh wanita, laki-laki tidak suka diperintah, tapi suka direnge-in, maka pandai-pandailah meminta bantuan suami.

Bagaimana caranya agar suami bantu kerjaan istri? Diskusi dan minta bantuan, walaupun mereka akan memilih yang paling ringan.

Perempuan senang diberikan hadiah oleh suami, maka jadilah suami yang senang menyenangkan istri.

#SiapNikah, maka jangan terlalu banyak ekspektasi terhadap pasangan, nikmati saja bagaimana karakter pasangan kita.

#SiapNikah, mesti ada selera pribadi, jangan nerimo saja, karena itu juga penting dalam pernikahan.

#SiapNikah karena ada tuntutan syariah untuk menikah, ini juga penting untuk dipahami agar pasagan sama2 memahami bahwa menikah adalah ibadah.

#SiapNikah, mesti ada visi dan kepentingan dakwah, ini sangat penting agar menikah menjadi produktif dan berdaya manfaat besar untuk orang banyak.

Dalam menghadapi perbedaan karakter maka butuh  kesabaran dan ilmu untuk menangani perbedaan karakternya.

Ketika pasangan marah atau menggerutu, maka pahamilah bahwa mungkin dia butuh dipahami dan dimengerti lebih dari hanya sekedar marah dan menggerutunya

Menikah dibutuhkan rukhiyah yang kuat dan orientasi yang mantap sehingga keluarga yang dibangun tidak rapuh namun memiliki kelentingan yang tinggi.

#SiapNikah selain kesiapan rukhiyah, kita mesti menyipkan maaliyah (kekuatan ekonomi), ini penting agar peluang konflik dapat diminimalisir.

Perlu dipahami bahwa laki-laki dan perempuan memiliki pola komunikasi yang berbeda, perempuan sangat imajinatif, sedangkan laki-laki sangat rasional

Laki-laki akan tahun ketika diverbalkan kemauan perempuan, berbeda dengan perempuan yang suka cepat mengambil kesimpulan diluar nalar

Laki-laki sangat konvergen dan cenderung single tasking sedangkan perempuan divergen dan mampu multi tasking.

Perempuan jangan malu untuk meminta apa yang diinginkan, karena suami bukan dukun, dia butuh kejelasan dengan cara komunikasi yang baik

Perempuan cenderung suka main perasaan dan gampang membuat kesimpulan, sedangkan laki-laki kadang tidak bisa membuat kesimpulan

Suami mesti memahami bahwa istri sangat senang dipuji dan diapresiasi. Maka perlakukanlah istri demikian caranya.

Komunikasi dalam pernikahan penting juga untuk dikomunikasikan dengan orang tua, jangan sampai orang tua memandang proses pernikahan kita tidak elok karena tidak mengkomunikasikannya.

Ketika pasangan kita tidak sesuai dengan karakter keluarga kita, maka kita harus menjadi bamper untuk mendekatkannya agar terbangun komunikasi yang baik.

Laki-laki ketika punya masalah cenderung diam, sedangkan perempuan ketika punya masalah cenderung mau cerita dan jika perempuan cerita tidak jarang ceritanya menjadi berlebihan dari faktanya.

Kita gagal dalam memahami pasangan, hanya karena kita menilai pasangan seperti halnya yang ingin orang menilai kita.

Menggandeng istri itu merupakan peneguhan bahwa istri adalah orang yang istimewa dalam kehidupan suaminya.

Istri kalau sedang punya masalah, maka suami harus mendekati dan mendengarkan serta berempati,

Sedangkan jika suami punya masalah maka baiknya dibiarkan sendiri sampai masalahnya selesai.

Demikian semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Sangat setuju...mengajak pria dan wanita senantiasa berpositive thinking dalam menjalani hubungannya. Insha Allah manfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste