Langsung ke konten utama

HARI KE-8 LATSAR CPNS DOSEN: HKI DAN AKUNTABILITAS

Photo bersama Dr. Sadjuga, M.Sc (Dok. Pak Agus)

Teman-teman yang baik hati, sebelum saya berbagi tentang materi hari ini saya mau menyampaikan hasil tes kebugaran kemarin. Tadi pagi setelah pembinaan fisik pelatih dari Makorem membawakan hasil tes kebugaran kemarin. Berikut hasil tes saya. 

Gambar hasil tes kebugaran (Nc)

Berdasarkan informasi dari pelatih untuk rata-rata hasil tes kami masih kurang dari standar tes militer, minimal untuk masuk seleksi TNI harus mendapatkan skor minimal 61. Skor saya kurang 2,25 untuk lolos militer. Sementara skor ini yang tertinggi dari semua peserta pada jenjang usia yang sama. Bagi ini merupakan hasil yang tidak terlalu buruk karena hampir 6 bulan saya tidak melaksanakan olahraga. Mungkin berbeda hasilnya apabila dalam 6 bulan terakhir saya masih rutin melaksanakan olahraga. Baik selanjutnya saya mau berbagi catatan materi dari pemateri pertama yang dari kemristek dikti. 


Peningkatan Mutu Dosen dalam Pencapaian Output Penelitian
Sadjuga Kemristek Dikti

Dosen merupakan elit bangsa karena jumlahnya hanya 0,1% dari jumlah penduduk RI. Lulusan PT juga jumlahnya baru 10%. Sedangkan 60% masih rata-rata lulusan SMP. Dengan demikian SDM dosen memiliki peran dan tanggungjawab yang besar dalam rangka pembangunan Indonesia.

Aset yang intangible memiliki nilai ekonomi yang jauh lebih berharga dari aset yang tangible. Hal itu terjadi pada hukum alam semester, komponen material hanya 4%, sedangkan komponen yang non material 21 dan 74%.

Beberapa faktor yang menjadi penentu kemajuan suatu negara diantaranya faktor driven yakni kemajuan suatu negara yang dipengaruhi oleh faktor pemberian tuhan di tanah miliknya misalnya negara penghasil migas, meneral, dan lain-lain. Eficiency Driven      yang ditandai dengan optimalisasi SDM dalam mengenadalikan entitas ekonomi. Pilarnya higher education dalam bentuk skill yang tinggi. Kita sudah masuk tahap ini, karena banyak aspek yang sudah dikendalikan oleh human sehingga mendapatkan nilai tambah ekonomi yang tinggi.  Sedangkan innovation driven mengandung arti daya kebaruan nilai dari sesuatu yang sudah ada. Sehingga tuntutan target dapat dicapai secara efektif dan efisien. Ujung pangkalnya adalah nilai ekonomi (uang) dan nilai guna.

Global Competitive Index tahun 2018 ke 45. Beberapa faktornya skil kita di posisi 62 dari 140, kemudian inovasi 68 dari 140 (WEF) tahu 2017 kita diposisi 31. Memang ada penurunan yang drastis. Komponen market size kita pada rangking 8 dari 140 negara tahun sebelum 11, 10, 9. Adapun international co-invention kita diposisi 97, sedangkan scientific publicatio h ondex kita di posisi 58. RnD expenditures % GDP pada posisi 112. Quality of reserach institution index pada posisi 53. Buyer sophistification 1-7 kita di posisi 49. Diversity of workforce 1-7 kita diposisi 37. Trademark applikation pada posisi ke 97. Berdasarkan data-data tersebut kita memiliki peran dan tanggungjawab yang tinggi untuk meningkatkan rangking-rangking tersebut agar kita semakin bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Photo bersama Dr. Sadjuga, M.Sc (Dok. Pak Agus)

Visi Indonesia tahun 2045 menempati posisi 4 di G20.
Beberapa hal yang harus diperhatikan bagi peneliti tentang paten, jumlah sedikit, untuk mendapatkannya sulit, maka kita perlu mencari data base paten sebelum riset.

Hak paten adalah hak monopoli yang diberikan oleh negara kepada seorang inventor untuk melindungi hak temuannya dengan diberikan batas waktu selama 20 tahun untuk paten biasa. Paten Sederhana selama 10 tahun. Sedangkan hak cipta 70 tahun setelah mati. Merek dagang juga didominasi oleh Asia. Desain industry 70% dari Asia.

Apabila seorang inventor hendak mempasarkan satu produk inovasi pada suatu negara maka harus didaftarkan  dinegara tersebut. Karena ketika tidak didaftarkan maka industri bisa disana. Hak paten bersifat teritorial pada satu negara. Artinya kita bisa membuat paten dari hasil paten orang lain di luar negeri, tapi tidak bisa di ekspor.

Jumlah data pendaftar paten setiap tahun mengalami peningkatan. Jumlah paten domestik kita yang tertinggi di ASEAN. Kekayaan intelektual dunia di dominasi asia seperti Jepang, China, Korea, India, Taiwan, Singapure dan Indonesia.

Beberapa program untuk peningkatan paten diantaranya penguatan sentra HKI, Pelatihan penulisan draf paten, pendaftaran paten, dan fasilitas konsultasi dengan pemeriksa paten.
Publikasi ilmiah merupakan salah satu indikator output riset. Jumlah prosiding sudah cukup besar. Target ke depan publikasi meningkat baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. 2018 kita pada posisi ke dua di ASEAN setelah Malaysia. Tahun 2019 kita punya target melampaui Malaysia.

Fasilitas publikasi ilmiah maka tersedia 50 insentif buku, 100 bimbingan penulisan buku, 300 pelatihan penulisan artikel, 1 peta publikasi perguruan tinggi. Insentif artikel terbit dijurnal international sebnyak 100, pelatihan penulisan artikel international 400. Pengembangan kompetensi internasional di Indonesia sebayak 15. Mengikuti konferensi international di LN 225.

Sistematikan karya tulis ilmiah disingkat IMRAD (introduction, Methode, Riset, Analisys, Discusion). Layanan langganan jurnal bereputasi disediakan di kampus dan di dikti.

Kekayaan intelektual adalah hasil dari olah pikir otak manusia yang dapat menghasilkan suatu proses. Haki terdiri dari hak cipta, merek, paten, paten sederhana, desain industri,
Hak cipta adalah semua ekspresi dari olah pikir manusia tidak termasuk ide atau gagasan. Biasanya dalam lingkup sastra dan artistik, contohnya film, lagu, musik.

Merek dagang perlindungannya selama 10 tahun dan dapat diperpanjang. Merek akan menciptakan brand name. Contoh merek Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lain-lain.


Suasana pembelajaran bersama Dr. Sadjuga, M.Sc


Indikasi geografis merupakan kekayaan intelektual milik komunitas tertentu contohnya Dalak Bali, Domba Garut, Kopi Toraja, Umbi Cilembu dan lain-lain. Contoh produknya Sampanye yang merupakan nama kecamatan di salah satu negara LN.

Desain Industri merupakan penampilan dari suatu produk. Jangka waktu perlindungannya 10 tahun dan tidak dapat diperpanjang. Di atur dalam UU 31 tahun 2000.

Tata letak sirkuit terpadu contohnya motherboard pada komputer, laptop, HP, di dalamnya berisi rangkaian komponen mikro.

Rahasia dagang merupakan informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi, bisnis, dan nilai ekonomi karena berguna dalam ekgiatan usaha dan dijaga kerhasiaannya oleh pemilik rahasia dagang.

Perlindungan varietas tanaman meliputi varietas alami tidak ada hak ekskusif, buatan hasil rekayasa ada hak eksklusif dan di daftarkan di pusat PVT deptan. Misalnya padi ciherang, tomat buah, cabe.

Satu produk banyak kekayaan intelektual misalnya HP Iphone yang terdiri dari desain industri, merek dagang, hak cipta, paten, rahasia dagang, tata letak sirkuit.

Kasus HKI oleh pihak luar negeri misalnya batik, tari pendet, wayang, reog oleh luar negeri. Adapun pembajakan oleh pihak Indonesia diantaranya perangkat lunak komputer, film, lagu, barang bermerek terkenal seperti IKEA, Cap Kaki Tiga.  
Menu makan siang (Nc)

Materi Akuntabilitas (Dr. I Nyoman Sukamara)
Prinsip dasar kehidupan diantaranya etika, kejujuran dan integritas, bertanggungjawab, hormat aturan dan hukum masyarakat, hormat pada hak orang lain, citra pada pekerjaan, berusaha keras untuk menabung dan investasi, mau bekerja keras, tepat waktu dan tidak menyalahkan orang lain.  Kita miskin bukan karena keterbatasan sumber daya alam melainkan karena kita kekurangan kemauan untuk mengimplemntasikan prinsip-prinsip dasar kehidupan.

Beberapa ciri manusia Indonesia (Muchtar Lubis, 1978) diantaranya hipokrit atau munafik, enggang bertanggungjawab, feodal, percaya tahayul, artistik hidup dekat dengan alam, lemah, kurang kuat dalam karakter, ciri lainnya tidak hemat, kurang bekerja keras, priyayi, kurang sabar, cepat cemburu/dengki, gampang bangga, suka sok tukang tiru, kurang peduli orang lain, suka bermalas-malasan. Sebagai ASN kita perlu belajar untuk mendobrak karakter kurang baik tersebut, dengan cara revolusi karakter.

Suasana Pembelajaran bersama Dr. I Nyoman Sukamara (Nc)


Prof. Dr Ken (peraih empat doktor) menyampaikan para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dan negara terbelakang akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan dalam hal kecerdasan.

Banyak orang sukses dalam bidangnya bukan karena uang yang menjadi targetnya melainkan keinginan untuk membahagiakan orang lain atau keinginan menyelesaikan persoalan yang ada.

Secara umum kelompok pegawai dibagi menjadi tiga. Pertama pegawai yang memberikan lebih dari kewajibannya, kedua pegawai yang memberikan sama dengan kewajibannya, dan yang terakhir yaitu pegawai yang memberikan di bawah standar kewajibannya.

Aparatur dituntut memiliki akuntabilitas yang baik. secara tingkatan akuntabilitas terdiri dari akuntabilitas stake holder, organisasi/lembaga, kelompok, individu dan personal. Semua tahapan tersebut harus dilakukan dengan baik. cara terbaik agar akuntabel adalah dengan memastikan akuntabilitas personal. Dimulai dengan komitmen dengan kejujuran, disiplin dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas sebaik mungkin di atas standar yang ditetapkan.

Secara umum materi pembelajaran hari ini seperti itu, selebihnya bisa di baca di modul-modul yang membahas tentang materi akuntabilitas. Dalam sesi diskusi baik peserta maupun fasilitator berbagi pengalaman berhadapan dengan kasus-kasus yang sikap akuntabel. Menariknya fasilitator yang menyampaikan materi merupakan eks pejabat struktural yang memiliki banyak pengalaman dalam mengelola dinas seperti PU dan bapeda. Sehingga sharing pengalaman dan kasus-kasusnya cukup banyak.

See you next day....


Komentar

  1. Salam kenal.. Apakah mas ini adalah CPNS Dikti angkatan 2018 mas? Klo boleh tahu pada saat angkatan latsarnya mas apakah hanya Dosen, atau digabung dengan Tendik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal,
      Saya CPNS dikti SK Mei 2018, waktu saya hanya dosen, tempatnya di Balai Diklat Pemprov Bali

      Mohon maaf baru buka2 komentar blog

      Hapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste