Langsung ke konten utama

Reviu Sekilas Materi Prof. Chee-Kit Looi di ICEI CoE NTHU 2021

 

Salah satu pembicara ICEI CoE NTHU tahun 2021 adalah orang yang saya kagumi karya-karyanya, Prof. Dr. Chee-Kit Looi, Beliau adalah Head of Learning Sciences Lab of the National Institute of Education (NIE), Nanyang Technological University (NTU), the first research centre devoted to the study of the sciences of learning in the Asia-Pacific region. Saya pertama mengenal beliau ketika membaca papernya, lalu saya cari namanya di Google Scholar dan saya berhasil masuk ke laman website tentang profilnya. Ternyata bidang riset beliau ada beberapa yang bisa saya pelajari. Sayangnya saya baru tahu nama beliau setelah saya masuk di NTHU. Walaupun saya kira masuk di bawah bimbingan beliau akan sangat menantang karena riset beliau luar biasa. Beliau menjadi editor di beberapa jurnal top bidang educational technologi. Background pendidikan beliau dari computer science dan Ai, membuatnya menjadi peneliti yang sangat disegani pada topik-topik risetnya.



Pada sesi ini beliau menyajikan makalah berjudul Learning Sciences and Science of Learning: Interdisiplinary Perspective towards More Holistic and Sustainable Education. Dari semua materi yang yang beliau sampaikan, saya belajar satu hal yang penting dan prinsip, yakni sikap rendah hati dan hati-hati. Beliau saya hitung tiga kali mengatakan, saya bukan pakar dalam bidang learning science, padahal beliau kepala lab learning science dan itu lab pertama di Asia Pasific. Beliau tidak berani mengatakan, menurut saya, menurut saya, beliau lebih banyak menggabungkan pemikirannya dengan pemikiran para pakar lainnya.



Dari outlinenya dapat kita lihat, beliau menyiapkan banyak sekali sub topik pembicaraan selama 1 jam pada sesinya. Saya tidak dapat menjelaskan secara rinci apa yang beliau sampaikan, saya juga belum memiliki slide materi dari panitia, namun saya memiliki SS dari seluruh materinya untuk bahan bacaan ketika ingin mengulang materinya. Intinya beliau membagikan beberapa pengalaman risetnya dalam bidang learning science and science of learning. 

Demikian semoga bermanfaat

Hsinchu, 28 November 2021
Sore hari yang mendung (15.35-16.00) sebelum bermain basket

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste