Langsung ke konten utama

Mengisi liburan ala mahasiswa PhD

Pembaca yang budiman, tulisan ini saya buat untuk sekedar kenangan dari apa yang saya lakukan dalam beberapa hari terakhir. Tujuannya hanya untuk bahan sharing pengalaman saja untuk para pembaca yang mungkin menemukan konteks dan kondisi yang serupa di kemudian hari. Ceritanya dimulai dari momen liburan akhir semester 5 bersamaan dengan liburan tahun baru China (CNY) yang jatuh pada pertengahan hingga akhir January 2023. Tulisan ini dibuat tepat di akhir bulan dan akhir sesi liburan CNY.

Sebagai mahasiswa PhD yang sedang melaksanakan tugas belajar, maka tugas utama sehari-harinya adalah belajar. Belajar tentu dimensi yang sangat luas namun dalam hal ini yang paling berhubungan dengan progress penyelesaian studi itu sendiri. Kebetulan semua mata kuliah sudah saya selesaikan di semester 4 maka pada semester 5 saya bisa lebih fokus pada pengerjaan riset dan penambahan publikasi saja. Sejak kedatangan pasca liburan summer dari Indonesia pada akhir September 2022, kegiatan harian saya berkutat dengan pengerjaan disertai, mulai dari tahap penulisan proposal, penyusunan instrumen, uji coba instrumen, pengumpulan data, pengolahan hasil dan penulisan dalam draft tesis yang saya kebut pada periode pekan ke-3 Oktober sampai pertengahan Desember 2022. Pekan-pekan itu menjadi pekan-pekan yang sangat padat kaitannya dengan persiapan untuk maju seminar proposal dan ujian kualifikasi.

Sejujurnya target seminar proposal adalah dilakukan pada akhir semester 4, namun berhubung ada ketentuan baru bahwa proposal yang diseminarkan sangat dianjurkan sudah dilengkapi dengan data hasil penelitian, dan untuk lebih memperkuat kebutuhan ujian kualifikasi, maka lebih baik jika sudah memiliki publikasi di jurnal SSCI. Atas dasar itu, setelah berdiskusi dengan professor, akhirnya sepakat untuk menunda seminar proposal ke semester 5 sambil menunggu terbit paper pertama. Pada saya yang sama, saya bisa menyiapkan data secara lebih lengkap. Karena dari dua studi yang saya rancang saya dapat melaporkan datanya secara utuh dibanding jika maju seminar pada akhir semester 4. Alhamdulillah paper pertama saya diterima pada 16 Juni 2022, kemudian terbit online pada 7 Juli dan terbit resmi pada Desember 2022. Akhirnya setelah melengkapi data dan mengolahnya saya segera melaporkan hasilnya ke professor. Awalnya beliau kurang memberikan respon yang positif karena bersamaan dengan kesibukannya, namun setelah saya kirimkan file doc proposal riset yang dilengkapi data sampai bab 5, disertai dengan PPTnya, alhamdulullah pada pertengahan Desember beliau mengijinkan saya untuk mensubmit ke departement. Dan kabar baiknya departemen mengabulkan berkas saya kemudian mereka menjadwalkan pra ujian kualifikasi saya pada Rabu, 28 Desember 2022 jam 16.00-16.25 offline di kampus.

Saya sangat lega karena setidaknya saya dapat menunjukkan kesiapan diri saya untuk maju sesuai plan B (ujian kualifikasi di semester 5). Padahal awalnya professor saya awalnya sempat merencanakan agar berkas saya disubmit setelah liburan CNY, yang berarti bisa saja saya baru maju ujian kualifikasi pada semester 6. Dari situ saya belajar, bahwa salah satu cara bernegosiasi dengan supervisor adalah dengan menunjukkan progress yang signifikan dan kerja keras yang minim cacat agar tanpa harus merepotkan mereka untuk membuat pekerjaan kita layak. Jujur saya berkas yang saya kirimkan ke professor tidak dikomentari dan diberikan catatan yang banyak, beliau hanya memberikan masukan untuk menambahkan 2-3 slide tentang apa yang telah saya pelajari dan saya persiapkan untuk melaksanakan riset disertasi saya. Setelah itu beliau mengabulkan untuk segera mensubmit berkas ke jurusan.

Rabu, 28 Desember 2022 menjadi hari yang mengesankan karena itu merupakan tahap pertama dari kemungkinan 4 tahap ujian yang akan saya lewati sampai menyelesaikan studi PhD saya. Tahap pertama adalah pra ujian kualifikasi, dimana kita diminta untuk mempresentasikan proposal riset dan progress data penelitian dihadapan 4 committee member di luar professor kita. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri karena kita harus berhadapan dengan para professor yang sebagian besar bidang risetnya agak berbeda dan belum tentu mendalami apa yang kita teliti. Tapi alhamdulillah prosesnya berjalan lancar, saya dapat mempresentasikan dengan baik, bahkan lebih lancar dari sesi latihan yang saya lakukan setiap hari sebelum pelaksanaannya. Besoknya saya memperoleh pengumuman resmi bahwa saya dinyatakan "LAYAK" untuk maju ke ujian kualifikasi yang saya rencanakan. Namun, saya diminta menambahkan satu professor dari background yang berbeda dengan daftar nama penguji yang saya daftarkan sebelumnya yang notabene semuanya dari latar belakang pendidikan.

Setelah mendapatkan pengumuman keputusan kelayakan, saya segera menghubungi professor saya untuk mendiskusikan jadwal ujian kualifikasi, kemudian beliau dengan sigap membantu mencarikan nama professor dari latar belakang hukum, namun setelah mengontak dua nama, keduanya menolak karena mereka merasa bidang risetnya tidak sesuai dengan bidang mereka. Akhirnya saya melapor ke ketua departemen dan saya menawarkan untuk mencari nama tambahan penguji dari bidang ilmu komputer atau manajemen informasi. Alhamdulillah di ACC dan professor saya langsung menghubungi salah satu koleganya yang ternyata dekan dari Fakultas Ilmu Komputer, akhirnya saya diminta menanyakan kesediaan waktu dari para penguji. Beberapa menyediakan waktu sebelum liburan CNY, namun ada satu yang hanya bisa setelah selesai liburan, yakni pada Senin, 30 Januari 2023. Alhamdulillah disepakati bersama ujian saya dijadwalkan pada tanggal tersebut, dan kemudian saya laporkan ke departemen untuk dibuat penjadwalannya. Kesepakatan jadwal tersebut diperoleh pada Jum'at, 6 January 2023.

Untuk mengisi waktu menjelang ujian kualifikasi, saya memutuskan untuk merevisi 5 naskah paper review saya yang sudah saya kerjakan sebelum pada semester 4 (April-Juni 2022). Kebetulan sejak saya kirimkan, professor saya sangat sibuk dan belum sempat mengomentari naskahnya, sehingga pada liburan CNY ini saya sampaikan bahwa saya mau memperbaharui data dari semua artikel tersebut. Karena rata-rata artikel tersebut hanya mengcover rentang sampai akhir tahun 2021 dan pertengahan 2022. Sedangkan saat ini sudah berganti tahun. Agar temuannya lebih akurat dan uptodate maka saya putuskan untuk menambahkan data dan merevisinya. Ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus mengolah ulang data berdasarkan periode waktu terbaru yang ditetapkan. Target saya adalah saya harus dapat menyelesaikan semua revisi sampai akhir liburan CNY dan sebelum jadwal ujian kualifikasi saya. Artinya kelima revisi artikel tersebut harus selesai paling lambat tanggal 29 Januari 2023.

Pekerjaan ini saya mulai dari tanggal 9 Januari, revisi artikel pertama selesai dalam waktu 4 hari, tepat pada 13 Januari dini hari jam 01.16 saya kirimkan hasilnya ke prof saya termasuk saya notifikasi via line pribadinya. FYI, kami terbiasa komunikasi dini hari dan itu sesuatu yang normal-normal saja antara saya dengan professor, karena beliau juga saking sibuk-nya kadang baru bisa balas email setelah tengah malam, dan tiba-tiba menghubungi via line saya pada waktu dini hari, jadi ini bukan sesuatu tabu, walaupun mungkin untuk konteks di Indonesia lebih sopan menghubungi prof ketika jam kerja saja. Lanjut ke paper yang kedua, saya mulai kerjakan dari tanggal 14 Januari dan selesai pada 17 Januari. Saya kirimkan melalui email dan line pada jam 21.05.

Selanjutnya paper ketiga saya kerjakan dari tanggal 21 Januari dan saya selesaikan pada tanggal 24, kemudian saya kirimkan pada jam 23.13. Adapun paper ke empat saya kerjakan dari tanggal 24-26 January dan saya kirimkan pada jam 01.00 dini hari, lalu paper kelima saya mulai kerjakan tanggal 27 January, awalnya saya pikir untuk menunda mengerjakan naskah ini karena saya merasa yang harus dibenahinya sangat banyak, namun saya berusaha untuk memperkuat argumentasi diri agar segera menyelesaikannya sesuai target diri saya, akhirnya pada Jumat 27 malam saya kebut sampai tidak tidur semalaman karena saya harus merombak total hampir 50% bagian pendahuluan, metode, dan hasil. Akhirnya naskah baru berwujud pada pukul 10.30 dini hari Sabtu, kemudian saya putuskan untuk istirahat dulu, dan jelang isya saya lanjutkan kerjakan untuk membaca ulang dan finalisasi data dan informasinya termasuk formating naskahnya. Sampai akhirnya naskah benar-benar selesai dan saya kirimkan pada Sabtu, 28 Januari pukul 20.13 malam.

Alhamdulillah saya merasa lega karena telah merevisi dan menambahkan data dan informasi pada kelima paper saya, namun ada hal yang lebih membahagiakan saya, yakni Allah memberikan kekuatan agar saya berkomitmen dan konsekuen dengan target yang telah saya tetapkan. Target itu saya yang tetapkan. Dalam perjalanan studi saya, saya selalu membuat target, alhamdulillah professor saya tidak pernah memberikan tenggat waktu terhadap pekerjaan saya, karena saya selalu berusaha untuk mengerjakan target lebih awal dari yang orang pikirkan. Bagi sebagian orang mungkin tidak mudah merevisi dan merombak 5 naskah dalam waktu 2 minggu, namun dengan tekad yang kuat dan pertolongan dari Allah alhamdulillah saya dapat menyelesaikannya. Walaupun saya juga menyadari hasil pekerjaan saya belum tentu telah mampu memuaskan harapan professor saya, dan saya sangat senang atas komentar dan saran-saran yang akan beliau berikan setelah semua paper-nya beliau baca. Hal itu akan menjadi modal lebih penting yang membantu menemukan kelemahan dan kekurangan naskah saya agar ketika disubmit kejurnal tujuan, maka potensi itu dapat diminimalisir.

Setelah saya merasa lega dengan semua target yang saya kerjakan selama liburan CNY, saya dapat merasa lebih tenang dan lebih siap untuk menghadapi ujian kualifikasi saya besok pagi. Semalam saya tanya professor saya tentang apa yang harus saya persiapkan, beliau memberikan rambu-rambu apa yang harus presentasi dalam waktu 25-30 menit dalam agenda ujian kualifikasi saya. Setelah tulisan ini dibuat saya akan menambahkan beberapa slide dan melatih untuk presentasi 2-3 kali sebelum besok pagi bersiap untuk presentasi dihadapan tiga penguji dari 2 kampus di Taiwan. Semoga semuanya berjalan lancar dan saya dapat menjawab pertanyaan dengan baik, yang pada ujungnya saya bisa lulus ujian kualifikasi untuk syarat kandidasi gelar PhD saya. Bismiillah, terima kasih sudah berkenan membaca sampai akhir ceritanya, semoga bermanfaat.

Di malam yang dingin
Hsinchu, 29 Januari 2023, 21.43. 

Komentar

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste