Langsung ke konten utama

Pengalaman Ujian Kualifikasi di IPHD NTHU

Tulisan ini akan bercerita tentang pengalaman saya melaksanakan ujian kualifikasi sekaligus seminar proposal penelitian disertasi saya pada pagi tadi, Senin, 30 Januari 2023. Kegiatan dilaksanakan secara online menggunakan Google Meet disebabkan salah satu committee member-nya berasal dari kota yang berbeda dan tidak memungkinkan untuk datang secara langsung. Kegiatan dijadwalkan pada jam 09.30-11.00. Namun alhamdulillah selesai lebih cepat, sehingga pukul 10.33 kegiatan sudah berakhir.

Secara umum rangkaian acaranya dimulai dari welcoming kepada semua committee members, kemudian ada pengantar dari supervisor sekitar 2-3 menit. Supervisor memperkenalkan saya yang akan diuji, nama, asal, judul riset, dan progress riset-nya termasuk pengalaman publikasi selama dibimbing oleh supervisor. Kemudian setelah itu, beliau memberikan waktu kepada Committee Chair untuk memandu jalannya ujian. Beliau tanpa berbasa basi langsung mempersilakan saya untuk mempresentasikan proposal saya dalam waktu 25-30 menit. Kemudian sesi langsung saya ambil alih, dan saya mulai menjelaskan apa yang sudah saya persiapkan, dari mulai memperkenalkan diri, nama, asal negara, pekerjaan, kemudian judul penelitian, outline presentasi, hal-hal yang sudah dipelajari dan persiapkan untuk melakukan penelitian disertasi seperti mengambil mata kuliah tentang metode penelitian, belajar beberapa software analisis data, framework penelitian, membaca banyak paper terkait topik-topik penelitian, menulis beberapa paper, mempresentasikannya pada conference dan jurnal. Hal-hal tersebut saya uraikan dalam waktu sekitar 2-3 menit.

Setelah itu baru saya masuk untuk menjelaskan tentang motivasi dan latar belakang penelitian, kemudian studi pustaka, sekitar 6-8 menit. Selanjutnya menjelaskan tentang metode penelitian untuk studi 1 dan studi 2 yang saya kerjakan. Bagian ini cukup lama sekitar 10 menit, dan segmen paling akhir saya jelaskan tentang beberapa potensi kontribusi dari penelitian saya baik untuk dimensi teoretis, empiris/praktis maupun metodologis. Sehingga total presentasi kurang lebih antara 26-28 menit.

Setelah itu, masuk ke sesi tanya jawab, penguji pertama yang bertanya adalah anggota penguji yang diundang, beliau adalah dekan College of Computer Science NTHU, beliau bertanya kurang lebih 4 pertanyaan termasuk saran-saran konstruktif untuk penelitian saya. Selanjutnya ketua penguji yang dari luar NTHU, bertanya cukup banyak pertanyaan, kurang lebih ada 7-8 pertanyaan, dari mulai yang subtantif, teknis, sampai hal-hal pribadi saya seperti kapan rencana saya lulus untuk menyelesaikan studi saya. Saya tidak menyangka beliau akan bertanya hal tersebut, dan saya sangat senang karena saya dapat memperkuat alasan untuk segera lulus termasuk kepada professor saya. Paling akhir penguji yang bertanya adalah professor saya sendiri, beliau lebih bersifat memberi saran untuk menguatkan argumentasi jawaban saya kepada para penguji sebelumnya. Karena kedua penguji bertanya tentang proses pengumpulan data, yang saya jawab secara oral saja, namun waktu professor saya bertanya, beliau meminta menunjukkan online kuesioner sistem yang saya gunakan, dan alhamdulillah dengan mudah saya dapat menunjukan formnya termasuk jumlah responden yang sudah mengisi sejauh ini. Pada bagian ini saya merasa sangat bahagia karena professor saya secara tidak langsung membantu saya untuk meyakinkan para penguji bahwa data yang saya sajikan dibab IV itu adalah data yang ril dan saya memiliki buktinya. Sangat salut dengan kecerdasan prosessor saya. Selain itu beliaut tidak bertanya apa-apa lagi.

Agenda paling akhir, saya diminta untuk mengingatkan perihal form evaluasi yang harus mereka isi sesuai dengan form yang diberikan oleh staff di IPHD. Kemudian saya diberikan kesempatan untuk mengakhiri dan menyampaikan penutup, lalu sesi diakhir oleh professor dengan menyampaikan ucapayan selamat dan motivasi untuk segera menyelesaikan penelitiannya dan mereka menunggu untuk bertemua kembali dalam agenda oral defense yang saya rencanakan sekitar 5 bulan lagi. Semoga semuanya berjalan lancar. Demikian cerita ujian kualifikasi saya hari ini, semoga bermanfaat.

Di petang hari yang dingin

Hsinchu, 30-01-2023, 05.49-06.07

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste