Langsung ke konten utama

MAKALAH APLIKASI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN TIK

MAKALAH

APLIKASI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN TIK

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Komunikasi Pendidikan

Dosen : Dr. Deni Darmawan, M.Sc


KATA PENGANTAR

Alhamdulilah, Segala fuji, fuja serta syukur hanya milik Allah yang telah memberikan nikmat-Nya, tiada Tuhan selain Allah dan tiada daya dan kekuatan hanya milik Allah. Hal diatas saya sampaikan karena kesadaran hati dengan pengakuan keagungan-Nya, kemaha sempurnaan-Nya dan pemberian kesempatan-Nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Aplikasi Komunikasi dalam Pembelajaran TIK” yang sengaja saya susun untuk memenuhi salah satu tugas Akhir mata kuliah komunikasi pendidikan.

Salawat dan keselamatan dari Allah, semoga selamanya tercurah dan terlimpah kepada Nabi yana wahabi bana, Nabi Muhammad SAW, juga kepada keluarganya, para sahabatnya, serta seluruh umatnya.

Dalam makalah ini akan diulas mengenai aplikasi komunikasi dalam pembelajaran TIK. Penulis berharap setelah pembaca membaca isi makalah ini maka pembaca akan mengetahui urgensinya komunikasi dalam menunjang pencapaian tujuan pembelajaran TIK dilaksanakan.

Tak lupa saya mengucapkan terimakasih banyak kepada dosen mata kuliah Komunikasi Pendidikan yaitu Bapak Dr. Deni Darmawan, M.Sc ,yang telah memberikan ilmunya kepada kami maha siswa konsentrasi guru TIK angkatan 2008 umumnya dan kepada saya khususnya, semoga segala kebaikan beliau dibalas oleh Allah dengan balasan yang berlipat ganda, amin.

Terakhir, terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak telah membantu menyelesaikan makalah ini, dan saya mohon maaf apabila pembaca menemukan berbagai kekurangan dalam isi (content) makalah ini, serta semua kritik dan saran yang mendukung perbaikan karya saya dimasa yang akan datang sangat saya harapkan.

Bandung, 23 Desember 2008

Ence Surahman

BAB I

PENDAHULUAN

2.1. LATAR BELAKANG PENULISAN

Yang menjadi latar belakang utama makalah ini saya tulis adalah adanya penugasan dari dosen mata kuliah Komunikasi Pendidikan, yang menugaskan kepada saya untuk menyusun makalah ini sebagai tugas tersruktur dari mata kuliah tersebut. Alasan lain sehingga saya menulis makalah ini adalah karena saya menyukai karya ilmiah termasuk makalah, bahkan saya berkeinginan menjadi seorang peneliti. Sehingga penulisan makalah ini sekaligus saya jadikan sebagai tolak ukur kemampuan mengembangkan keterampilan dalam menyusun karya ilmiah seperti yang saya maksudkan diatas.

2.2. METODE PENULISAN

Adapun metode dalam penulisan makalah ini, saya menggunakan kajian pustaka dan imaginary atau pencarian dengan berfikir. Jelasnya dalam proses isi makalah ini akan disertakan contoh aplikasi ilmu komunikasi dalam pembelajaran TIK.

2.3. TUJUAN PENULISAN

Makalah ini saya susun dengan tujuan sebagai berikut:

* Menyampaikan hakikat komunikasi dalam pembelajaran TIK

* Menguraikan karakteristik komunikasi dalam pembelajaran TIK

* Menjelaskan keutamaan komunikasi dalam pembelajaran TIK

* Menguraikan tentang contoh konkrit penerapan komunikasi dalam pembelajaran TIK disertai dengan landasan, model-model yang digunakannya serta out put dari proses pembelajarannya..

Dengan tujuan akhir semua pembaca, khusunya para akademika memahami secara jelas tentang aplikasi komunikasi dalam pembelajaran TIK

2.4. MANFAAT PENULISAN

Adapun manfaat yang akan didapatkan oleh pembaca semuanya, diantaraya adalah sebagai berikut:

* Mengetahui hakikat komunikasi dalam pembelajaran TIK

* Mengetahui karekteristik komunikasi.

* Memahami tentang keutamaan komunikasi dalm pembelajaran TIK

Manfaat lainnya para pembaca akan lebih mengerti hakikat komunikasi kaitannya dengan kegiatan pembelajaran TIK.

2.5. SISTEMATIKA PENULISAN

Agar pembaca memperoleh gambaran mengenai uraian isi dalam makalah ini, dibawah ini saya tuliskan sistematika penulisan makalah yang saya susun ini.

Adapun sistematikanya adalah sebagai brikut:

Halaman sampul,

Yang berupa coper makalah, tertulis judul makalah, dan juga penulisnya serta tujuan utama penulisannya.

Kata pengantar,

Yang berisi kata pembuka dan pengatar isi makalah

Bab I Pendahuluan

Yang berisi latar belakang penulisan, metode penulisan, tujuan penulisan dan juga manfaat penulisan serta sistematika penulisan

Bab II Pembahasan Materi

Dalam BAB yang satu ini penulis uraikan mengenai hakikat komunikasi, karekteistik komunikasi serta aplikasi ilmu komunikasi dalam pembelajaran TIK.

Bab III Simpulan dan Saran

Dalam bab ini akan dituliskan mengenai simpulan dan saran terkait isi makalah yang disusun. Jadi pembaca akan mengetahui isi secara keseluruhannya.

Bab IV Daftar Pustaka

Berisi daftar sumber yang dijadikan isi dalam penulisan makalh ini.

BAB II

PEMBAHASAN ISI TENTANG

APLIKASI KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

2.1. Hakikat dan Karakteristik Komunikasi dalam Pembelajaran TIK

Komunikasi yang berarti proses timbal balik yang secara sadar dan terencara dilakukan oleh seseorang dengan orang atau kelompok lain melalui media tertentu dengan model tertentu guna menyampaikan seuatu yang dianggap perlu untuk disampaikan dengan tujuan ada efek atau akibat yang sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya.

Unsur-unsur penting yang harus ada dalam proses komunikasi diantaranya:

* Komunikator atau pihak (individu ataupun kelompok) yang berstatus sebagai penyampai atau pemberi informasi. Kalau dalam proses pembelajaran misalnya guru, instruktur atau pelatih.

* Mediator yaitu perantara yang digunakan untuk melakukan proses komunikasi. Media sangat banyak jenisnya namun dapat dipsederhanakan menjadi media yang bersifat pisik yaitu yang sifatnya dapat terlihat, teraba. Ada juga media yang bersifat maya, nah media yang kedua ini yang sekarang sedang trend diperbincangkan.

* Komunikan yaitu orang atau kelompok yang menerima pesan yang disampaikan. Kalau dalam proses pembelajaran misalnya siswa.

* Pesan yaitu materi atau isi pesan yang disampaikan kepada komunikan. Kalau dalam pembelajaran misalnya materi ajar baik itu yang menggunakan media berbentuk fisik ataupun maya.

Berdasarkan tipenya maka saya membagi komunikasi menjadi dua tipe yaitu:

1. Komunikasi yang berjalan lancar, dalam artian diantara pelaku komunikasi terdapat kesaling sinkronisasian yang berefek keduanya merasakan kepuasan dari proses komunikasi yang dilakukannya. Contoh dalam kegiatan pembelajaran, misalnya guru merasa puas menyajikan materi dan begitupun siswa merasa puas dan mengerti akan materi yang telah disampaikan oleh gurunya. Hal ini bisa terjadi apabila antara guru dengan siswa terdapat saling pemahaman dan saling pengertian ditambah suasana belajar yang menyenangkan.

2. Komunikasi yang berjalan tidak lancar atau tidak baik., artinya antar komunikator dengan komunikan tidak terjadi kesaman pemahaman dan tidak adanya kesalingpengertian. Contoh dalam proses pembelajaran misalnya guru telah menerangkan namun siswanya sama sekali tidak mengerti dengan materi yang disampaikan gurunya. Hal ini bisa terjadi apabila pelaku komunikasi tidak adanya kesiapan untuk melakukan proses komunikasi baik itu pada gurunya ataupun pada siswanya.

Berdasarkan proses terjadinya komunikasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Komunikasi langsung (direct communication). Dalam komunikasi ini antara komunikator dengan komunikan terjadi proses komunikasi secara tatap muka langsung. Contohnya percakapan, ngobrol, atau kalau dalam pembelajaran biasayanya yang face to face (tatap muka).

2. Komunikasi tidak langsung (indirect communication). Dimana antar pelaku komunikasi tiodak terjadi tatap muka secara langsung melaingkan dalam tempat yang berbeda namun komunikasinya tetap efektif. Contohnya komunikasi yang memanfaatkan jasa handphone, telefon, teleconference, internet, dll.

Cakupan atau ruang lingkup komunikasi sangatlah luas dan beragam tipe serta jenisnya. Namun untuk memudahkan pemahaman maka saya sengaja menyederhanakan jenis-jenis komunikasi berdasarkan jumlah pelaku komunikasinya dapat dibedakan menjadi sebagai beikut:

1. Kumunikasi antar pribadi atau antar individu (inter personal)

Kalau dalam kegiatan pembelajaran TIK ini biasanya terjadi sebagai aktualisasi metode belajar peer teaching atau metode tutor sebaya, dimana meraka belajar dengan mnggunakan metode komunikasi antar teman. Atau mungkin juga terjadi antar guru dengan siswanya misalnya ketika bimbingan dsb.

2. Komunikasi individu dengan kelompok

Contoh komunikasinya sangat banyak namun saya sengaja mempersempit lingkupnya hanya dalam proses pembelajaran TIK saja. Comtoh komunikasi ini seperti guru yang berperan sebagi komunikator dan siswa berperan sebagi komunikan.

3. Komunikasi antar kelompok (inter groups)

Kalau dalam contoh pembelajaran biasanya contoh komunikasi ini terjadi seperti ketika diskusi kelompok atau debat dsb.

Catatan: komunikator pada saat yang bersamaan sewaktu-waktu bisa juga menjadi komunikan, contohnya guru pun harus siap menjadi komunikan apabila sisawanya berperan sebagai komunikator. Hal ini terjadi setelah adanya interpretasi pesan yang dilakukan oleh komunikan.

2.2. Keutamaan Komunikasi dalam Pembelajaran TIK

Dalam proses pembelajaran proses komunikasi sungguh sangat diperlukan. Bagaimanapun kondisinya. Apalagi dewasa ini dimana Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek) yang telah berkembang pesat. Begitupun dalam proses pembelajaran TIK ilmu komunikasi sangat dibutuhkan baik itu oleh guru kepada siswannya, siswa kepada gurunya, atau siswa dengan siswa lainnya

Adapun keutamaan-keutamaan komunikasi dalam proses pembelajaran diantaranya berikut ini:

1. Komunikasi merupakan kunci utama proses sesuatu terjadi, spesifiknya pembeljaran akan terjadi dengan adanya proses komunikasi,

2. Dengan komunikasi orang akan bisa mencari tau sesuatu yang ingin diketahuinya

3. Komunikasi mebuat proses interaksi menjadi lebih mudah dan efektif serta efisien

4. Kalau dalam pembelajaran dengan komunikasi maka akan tercipta hubungan harmonis antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa lainnya.

5. Komunikasi menjadi alat penyebar informasi, terkait saat ini informasi merupakan hal pening bagi kehidupan manusia. Seperti ada istilah ‘jika ingin menguasai dunia maka kuasailah informasi’.

2.3. Contoh Aplikasi Komunikasi dalam Pembelajaran TIK

Berbicara tentang aplikasi komunikasi dalam pembelajaran TIK, maka kita tidak akan lepas dari pemahan tentang komunikasi, belajar, pembelajaran, dan TIK itu sendiri.

Secara sederhana komunikasi telah dijelaskan diawal pembahasan. Sekarang perlu kita kaji kembali makna dari pembelajaran. Menurut saya pembelajaran ialah proses belajar yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri ataupun secara bersama-sama dengan orang lain sebagai upaya sadar dan terencana untuk mencapai tujuan yang diharapakan dengan menggunakan metode yang diinginkan baik itu dengan bantuan orang lain ataupun tidak.

Sekarang apa yang dimaksud dengan belajar? Menurut Sudjana belajar ialah perubahan tingkah laku. Namun menurut saya pribadi belajar ialah suatu proses yang terjadi baik itu dalam dirinya sendiri ataupun terjadi dengan lingkungannya yang bersifat sementara ataupun berkelanjutan yang dapat merubah dirinya kearah yang lebih baik.

Sekarang kita berbicara tentang TIK. TIK merupakan kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi yang secara sederhana dapat diartikan sesuatu hasil olahan manusia terhadap suatu kajian ilmu yang bermanfaat dalam proses penyaluran informasi sehingga menjadi lebih mudah, murah, efektif dan efisien.

Setelah kita mengkaji makna belajar, pembelajaran serta TIK, sekarang kita kembali kapada pembahasan aplikasi komunikasi dalam pembelajaran TIK.

Untuk memudahkan pembahasan materi maka saya akan mencoba membuat sebuah contoh aplikasi komunikasi dalam proses pembelajaran TIK.

Misalnya aplikasi komunikasi yang dilaksanakan dalam pembelajaran jarak jauh (Open Distance Learning atau ODL). Dalam pembelajaran jarak jauh antara komunikan dengan komunikator bertatap muka secara langsung karena tempatnya berjauhan, sehingga antara pengajar dengan peserta didik tidak terjadi komunikasi langsung. Namun walaupun begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai karena adanya bantuan komunikasi. Yaitu komunikasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam proses pembelajaran jarak jauh, landasan yang digunakannya yaitu landasan teknologi komunikasi dengan pertimbangan, jaraknya yang jauh, untuk meminimalisir biaya, sehingga diterapkan komunikais tidak langsung.

Adapun model komunikasi yang digukannya yaitu model teknologi komunikasi. Yang secara sederhana model teknologi komunikasi itu dapat diartikan sebagai hasil rekayasa manusia sebagai upaya untuk menyeimbangkan dengan kemajuan teknologi yang saat ini terjadi. Biasanya model teknologi ini kebanyakan dalam prosesnya memanfaatkan peranan teknologi. Seperti contoh saat ini kita kenal bahkan kita telah memahaminya yang dimaksud internet. Ini merupakan hasil temuan dibidang teknologi yang dapat diterapkan dalam setiap aspek kehidupan manusia salah-satunya dalam komunikasi pembelajaran dengan pembelajaran jarak jauh.

Selain internet media komunikasi yang merupakan penemuan dari teknologi yaitu hand phone, telephone rumah, GPS, dsb. Handphone seperti kita ketahui manfatanya bisa kita gunakan untuk melakukan proses komunikasi, dengan memanfaatkan fitur short message service (sms) atau kita juga bisa berkomunikasi dengan berbicara langsung.

Semua itu merupakan hasil penemuan dibidang TIK. Dan dalam pembelajaran TIK hal semua diterapkan seoptimal mungkin. Karena komunikasi dengan model teknologi komunikasi nyata berguna serta memberikan nilai tambah dalam prosesnya.

Akibatnya output dari proses pembelajarannya pun memiliki kelebihan dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya memakai metode dan model yang biasa-biasa saja.

BAB III

SIMPULAN DAN SARAN

3.1. SIMPULAN

Dari materi yang saya uraikan diatas intinya ialah aplikasi komunikasi dalam pembelajaran TIK itu murni diperlukan dan sangat urgent. Karena dari hakikatnya saja komunikasi itu bisa mempermudah proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan. Begitupun dalam pembelajaran TIK, peran komunikasi tidak dapat dipisahkan dan akan selamanya diperlukan. Hanya saja model dan tipe komunikasi yang seperti apa yang akan kita gunakan, mengingat sesuai dengan perkembangan zaman ternyata model-model komuniasi itu sangat Beragam. Seperti ada model matematikal komunikasi, Osgood dan Schram, biologi komunikasi, helical dance, sosiologi komunikasi, dan juga teknologi komunikasi (Deni Darmawan 2007). Dalam berkomunikasi pun kita juga harus memilih landasan apa yang dipakai dengan model yang kita gunakan, dalam hal ini antara model komunikasi, landasan komunikasi harus sinkron juga dengan tujuan komunikasi seperti dalam aplikasi komunikasi dalam pembelajaran TIK.

3.2. SARAN

Setelah kita tau bahwa komunikasi merupakan hal penting dalam segala hal khususnya dalam praktek pembelajaran TIK, maka saya hanya menyarankan kepada semua pembaca khususnya kepada guru yang bergelut dalam dunia TIK, maka kita harus pandai-pandai memilih dan memilah, mau seperti apa proses komunikasi yang kita laksanakan, yang pasti akan menunjang kegiatan pembelajaran yang kita laksanakan tersebut.

Lakukanlah komunikasi yang baik agar tujuannya bisa tercapai, dan jangan malu serta ragu untuk memanfaatkan media komunikasi yang ada saat ini.

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

* Darmawan, deni. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Arum Mandiri Press. Bandung.

* Materi perkuliahan komunikasi pendidikan

* www.google. com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste