Langsung ke konten utama

MENGAPA HARUS KULIAH????

MENGAPA KITA HARUS KULIAH?????

Oleh: Ence Surahman

Pesan untuk adik-adik ane yang sedang bingung setelah meninggalkan SMA/MA.

Bismillairohmanirohim

Assalamualaikum wr. wb.

Pertanyaan yang muncul dalam benak ane ketika ane sedang duduk di kelas XII semester akhir ialah, “kemanakah ane setelah beres sekolah?. Cukup pusing untuk menjawabnya, sekalipun beberapa jawaban sempat terlintas dalam benak ane. Namun setiap kali ane ingin mengatakan jawaban itu, setiap itu juga penghalang datang, seperti tidak percaya diri, lihat kondisi orang tua yang tak mungkin bisa mengantarkan ane menuju kawah candra dimuka.

Pertanyaan serupa ingin ane tanyakan pada antum (kamu) semua, “hendak kemanakah antum semua setelah lulus kelak?”

Saya yakin jawaban antum semua berbeda-beda, mungkin ada yang ingin langsung bekerja, mungkin juga ada yang mau langsung keluar negeri (jadi TKI), atau mungkin tidak sedikit yang mau langsung ke ‘bale nyungcung” alias pernikahan gitu, atau mungkin ada yang mau langsung jadi pejabat? alias pengangguran Jawa Barat. Apapun profesi yang akan antum terima nanti hal itu merupakan konsekuensi logis dari pilihan yang antum putuskan saat ini. Hanya jika antum merasa kebingungan menentukan semuanya, agar tidak tambah pusing yang berujung masuknya antum ke RSJ, ane coba kasih bocoran special, emang apa ya? Menurut ane antum mending kuliah aja,,,, emang kenapa harus kuliah kang???

Alasan simpelnya,,,,,:

  1. Mengurangi jumlah penguin, apaan tuh? Maksudnya Pengangguran Indonesia yang udah terkenal ampe manca negara, antum tau ga di tahun 2007 aja udah lebih dari 46 juta penguin yang hidup dipantai Bumi Pertiwi ini, masa antum mau nambah juga,.
  2. Guna memperbaiki jumlah SDM negeri tercinta, dalam rangka mempersiapkan diri menuju era pasar global yang saat ini udah mulai, bayangkan aja saat ini jumlah penduduk Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi Cuma 2 % aja lho,, yang lainnya pada kemana? Emang si mungkin pemerintah belum bisa memfasilitasi kita kali ya? Tapi bukan itu yang harus kita besar-besarkan. Kata kang Romi Satrio W. Pendiri situs Ilmu Komputer.com bilang “Kita tidak usah saling menyalahkan, karena tidak akan bisa menyelesaikan semua persoalan yang ada, namun yang harus kita lanekan ialah bersama-sama saling memperbaiki negeri ini”.
  3. Terus tau ga mengapa amerika, jepang, korea dan Negara maju lainnya bisa maju, ternyata jawabannya ialah terletak pada pendidikannya. Makanya kalo kita mau Indonesia maju, ayo sama-sama duaneng pendidikannya.
  4. Dengan kuliah insya Allah hidup kita akan lebih baik, kenapa coba? Allah swt berfirman yang artinya “Allah akan meningkatkan orang yang berilmu beberapa derajat” ini janji Allah lho,,,
  5. Terus dengan kuliah kita bisa nambah kenalan juga lho….

Sekarang terserah antum, mau jadi generasi pengganti atau yang tergantikan??? siapkan diri antum untuk menimba ilmu lebih tinggi. Ga perlu takut masalah biaya, Allah pasti ngasih ko, asal menjemputnya yang bener, masa semut aja yang ga pernah sekolah tetap bisa makan dan hidup, jangan kalah sama monyet donk, mereka juga bisa bertahan padahal ga pernah tu masuk SMA, kenapa kita yang dikasih akal dan diciptakan Allah dalam keadaan yang paling sempurna tidak bisa… apalagi untuk mencari ilmu pasti diberikan kemudahan. Don’t worry sobat!!!! Allah bersama orang yang beriman,,,,,asal niatnya udah lurus, ikhlas, bener, dan mencari ridho Allah, maka semuanya akan mudah,,, Insya Allah….

!!!!!INGAT SAHABAT SUKSES ADALAH HAK SEMUA ORANG LHO!!!!!!

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu yang merubah nasibnya sendiri (Q.S. Ar-radu:11)”

Tapi bukan berarti bagi antum yang tidak kuliah,lantas masa depan antum jadi suram, masih banyak ko jalan mengabdi pada negeri ini, antum bisa pesantren, atau antum bisa langsung mengambdikan diri menjadi masyarakat yang taat pada aturan,,, itu juga bukti bahwa antum adalah manusia terdidik. Teruskan perjuanganmu!! Jangan pernah berhenti ditengah jalan!!!!

Subhanakallahuma wabihamdika asyhadu anal ila anta asytaghfiruka waatubu ilaika. Wassalamualaikum wr wb.

Komentar

  1. Salam Laur Biasa Dahsyat, Akhi...

    BalasHapus
  2. Koreksi : maksud ana

    SALAM LUAR BIASA DAHSYAT !!!

    BalasHapus
  3. setuju akhi , insyallah dengan belajar (kuliah) Allah akan memberikan derajat sedikit lebih tinggi dan tentunya kesuksesan di dunia dan akhirat .

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste