PENGERTIAN BELAJAR
DIKAJI DARI SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HASIL PEMIKIRAN PARA AHLI
Tak ada satupun setiap aktivitas yang kita lalaui dalam keseharian kita, melainkan merupakan seuatu proses belajar. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan belajar? Dibawah ini akan saya uraikan beberapa pengertian para ahli dalam ranah pembelajaran, yang akan saya sajikan sesuai dengan titimangsa pemunculannya pengertian-pengertian tersebut.
1. Belajar adalah suatu perubahan yang tahan lama dalam mekanisme-mekanisme perilaku yang diakibakan oleh pengalaman-pengalaman dengan peristiwa-peristiwa lingkungan. (Domjan dan Bukhard (1986)
2. Belajar adalah satu perubahan yang relatif tahan lama pada perilaku akibat pengalaman, (Chance (1988))
3. Menurut Santrock, learning is a relatively permanent change in behaviour that occurs through experience (perubahan perilaku yang relatif tetap akibat pengalaman) (Mazur, 1990).
4. Belajar adalah suatu proses yang mana perubahan-perubahan yang bersifat relative permanen terjadi dalam potensi perilaku sebagai suatu akibat pengalaman. (Andersen (1995)
5. Belajar merupakan suatu aktifitas mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan serta sikap. Perubahan ini bersifat relatife konstan dan berbekas (Winkel, 1996: 53).
6. Belajar diartikan suatu perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau dalam potensialitas perilaku yang diakibatkan oleh pengalaman dan tidak dapat diatribusikan pada kondisi tubuh sementara seperti kondisi-kondisi tubuh yang disebabkan oleh penyakit, kelelahan atau obat-obat. (Hergenhahn dan Olson (1997)
7. Belajar akan merubah seseorang, tetapi tidak semua perubahan tingkah laku di sebut perubahan. Ciri-ciri belajar menurut Max Darsono Alex dan kawan – kawan (2000:30) adalah :
1. Belajar dilakukan dengan sabar dan memiliki tujuan.
2. Belajar merupakan pengalaman tersendiri.
3. Belajar adalah proses interaksi individu dengan lingkungan.
4. Belajar mengakibatkan terjadinya perubahan pada diri pelaku.
8. Belajar adalah perubahan tingkah laku baik aktual maupun potensial, perubahan itu pada pokoknya adalah didapatkannya tingkah laku baru atau kecakapan baru dan perubahan tersebut diperoleh karena adanya usaha, bukan karena kematangan, kelelahan, dan kekuatan otot (Sumadi Suryabrata, 2005:232)
9. Learning is a comprehensive, holistic, transformative activity that integrates academic learning and student development.
10. “Learning is what people do when they want to make sense of the world. It may involve an increase in skills, knowledge, understanding, values, feelings, attitudes and capacity to reflect. Effective learning leads to change, development and the desire to learn more”. (Campaign for Learning )
11. Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan dua unsur, yaitu jiwa dan raga.
12. Belajar sebagai perubahan potensialitas perilaku yang relatif permanent yang terjadi sebagai akibat dari latihan yang memperoleh penguatan (reinforcement). (Gregory A.Kimble)
13. Belajar ialah proses penyesuaian seorang individu terhadap suatu keadaan secara sadar dan berpengaruh pada perubahan tingkah lakunya sesuai dengan yang dialaminya dengan kadar yang relative permanen melalui proses pemasukan, penyaringan, pemrosesan, dan pengeluaran hasil kepada individu lain, (Ence Surahman, 2009)
Komentar
Posting Komentar
You can give whatever messages for me,,