Langsung ke konten utama

JOBDES PENGURUS BIDAG HIMA TEKPEND 09/10PERIODE KEEMASAN

Bismillahirahmanirohim,,,

Assalamua’alaikum wr. wb.

GAMBARAN ALUR KERJA PENGURUS ROHIS TEKPEND PERIODE KEPENGURUSAN 2009/2010

A. Muqodimah

Segala puji hanya milik pencipta sekaligus pemelihara alam beserta seluruh makhluk-Nya, salawat dan salam semoga senantiasa tercurahlimpah, kepadabaginda tercinta Nabi Muhammad saw, kepada keuara, shabat beserta sluruh umat penerus perjuangannya, semoga kita semua termasuk golongan makhluk yang dicintai-Nya, amin.

Insya Allah dalam kesempatan ini, atas ijin Allah saya sebagai ketua Bidag periode 2009/2010, akan membuat satu catatan sederhana yang mudah-mudahan bermakna bagi semua kawan saya, kuhusnya bagi semua pengurus bidag Tekpend yang akan mengurusinya bersama-sama, semoga tulisan ini menjadi sedikit penerang dan pengarah pergerakan kita bersama dalam rangka mewujudkan dan merealisasikan semua agenda dan program bidag,

Saya berlindung kepada Allah swt, atas segala kesalahan yang telah, sedang dan mungkin akan saya perbuat, dan saya mohon maaf apabila Jobdes ini tidak sesuai dengan harapan dan kemauaan ikhwati fillah, maka apabila menemukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum syar’i, mohon segera beritahukan kepada saya, agar saya dengan segera memperbaikinya.

B. Inti

1. Gambaran peran kerja Ketua Rohis

* Bertanggungjawab kepada himpunan

* Bertanggungjawab atas semua kinerja pengurus

* Berkewajiban membimbing, mengarahkan, menilai, memberikan nasihat, mengingatkan kepada pengurus dibawahnya

* Berhak mengambil keputusan secara bijaksana

* Menyusun Laporan pertanggungjawaban kepada hima

2. Gambaran peran kerja Sekretaris

* Bertanggungjawab kepada Ketua Rohis

* Berkewajiban mengupayakan totalitas kerja sebagai sekretaris

* Bertugas mencatat semua kebijakan, keputusan-keputusan mengenai aktivitas kepengurusan baik berupa fisik maupun non fisik, materi maupun non materi, skala besar maupun kecil yang harus mampu dipertanggungjawabkan

* Bertugas membuat agenda surat masuk dan surat keluar dan mengisinya seputar kegiatan-kegiatan program kerja Rohis, dan tidak menunda-nundanya dengan selalu megarsipkan semuanya

* Mencatat semua data pengurus inti dan kader-kader pengurus selanjutnya

* Menentukan penomoran surat secara benar

* Berhak membimbing kinerja sekretaris pada setiap kegiatan-kegiaan rogram kerja tujuannya agar berada dalam satu kesepahaman antara pengurus dengan panitia

* mencatat setiap pelaksanaan Raker Bidag secara lengkap dengan notulennya.

* Membuat laporan kerja untuk dilaporkan kepada hima

3. Gambaran peran kerja Bendahara

* Menyusun anggaran pendapatan dan belanja rohis, sesuai dengan keperluan setiap program kerja

* Membuat sekaligus mencatat dengan bukti tertulis yang sah, pada setiap penerimaan dan pengeluaran keuangan secara teliti

* Berkreasi dengan danus untuk mencari dana masukan untuk menunjang suksesnya kegiatan

* Membimbing bendahara pada kepanitiaan

* Menyusun laporan keuangan untuk laporan ke Hima

4. Gambaran peran kerja divisi humas dan media

* Menyusun rencana program kerja, selanjutnya diserahkan kepada ketua Rohis,

* Menyusun RA pengeluaran keuangan untuk optimalisasi setiap proker, beserta konsep pencarian pendapatan keuangan dari pihak luar,

* Menyusun time schedule proker secara jelas dan terperinci, minimal berisi : “Nama Proker, Ttanggal Pelaksanaan, Rek. Ketua Panitia/Penanggungjawab, Besar Biaya, Ket”

* Menyusun laporan pada setiap setelah melaksanakan proker maksimal 2 minggu setelahnya secara jelas, jujur, dan accountable

* Diakhir kepengurusan wajib menyusun LPJ untuk disetorkan ke Ketua rohis sebagai rujukan untuk LPJ Ketua Hima.

5. Gambaran peran kerja divisi Ta’lim

* Menyusun rencana program kerja, selanjutnya diserahkan kepada ketua Rohis,

* Menyusun dan menetapkan time schedule setiap proker secara jelas dan terprinci. Minimal berisi keterangan sebagi berikut:

“Nama Proker, Ttanggal Pelaksanaan, Rek. Ketua Panitia/Penanggungjawab, Besar Biaya, Ket”

* Selalu membuat catatan aporan pada setiap setelah selesai melaksanakan proker.

* Diakhir kepengurusan wajib menyusun LPJ untuk disetorkan ke Ketua rohis sebagai rujukan untuk LPJ Ketua Hima

6. Gambaran peran kerja divisi Keputrian

* Menyusun rencana program kerja, selanjutnya diserahkan kepada ketua Rohis,

* Menyusun dan menetapkan time schedule setiap proker secara jelas dan terprinci. Minimal berisi keterangan sebagi berikut:

“Nama Proker, Ttanggal Pelaksanaan, Rek. Ketua Panitia/Penanggungjawab, Besar Biaya, Ket”

* Selalu membuat catatan aporan pada setiap setelah selesai melaksanakan proker.

* Diakhir kepengurusan wajib menyusun LPJ untuk disetorkan ke Ketua rohis sebagai rujukan untuk LPJ Ketua Hima

7. Gambaran peran kerja divisi Kaderisasi Rohis

* Menyusun rencana program kerja, selanjutnya diserahkan kepada ketua Rohis,

* Menyusun dan menetapkan time schedule setiap proker secara jelas dan terprinci. Minimal berisi keterangan sebagi berikut:

“Nama Proker, Tanggal Pelaksanaan, Rek. Ketua Panitia/Penanggungjawab, Besar Biaya, Ket”

* Selalu membuat catatan aporan pada setiap setelah selesai melaksanakan proker.

* Diakhir kepengurusan wajib menyusun LPJ untuk disetorkan ke Ketua rohis sebagai rujukan untuk LPJ Ketua Hima

C. Penutup

Hidup itu butuh perjuangan, perjuangan butuh pengorbanan, pengorbanan sebagai bukti kesetiaan, kesetiaan menandakan kepatuhan, kepatuhan berarti kecerdasan, dan semua itu jika didasari dengan niat ilkhlas hanya karena dan untuk Allah, melalui jalannya pula, maka setiap tetes keringat, setiap hela nafas kita, setiap gerak tubuh kita, kedip mata kita, detak jantung kita, semuanya insya Allah akan bernilai ibadah yang berbonus pahala, karena kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal-hal diluar tugas kita sebagai manusia, tugas kita sebagai hamba yaitu ibadah, diluar itu? No.

Ikhwati fillah, perlu antum ketahui bahw medan dakwah itu tidak selamanya mudah, kadang kita menemukan jalan berupa tanjakan, belokan, turunan, lembah, bukit, lautan, gurus, salju. Namun kita yakini Allah pasti bersama hamba-Nya yang taqwa, semoga derajat taqwa senantiasa melekat dalam diri kita, amin.

Demikian saja, catatan diatas semoga bermanfaat bagi antum sekalian, mohon maaf atas semua kekurangannya, ana yakin dengan ridho Allah semua pasti bias, dan antum semua adalah kita bersama satu hati, satu visi, satu misi, maka totalitas perjuangan antum ana sangat yakin, Allah pasti memberikan jalan-jalan yang tidak aka pernah disangka-sangka, antum insya Allah bias dengan ijin Allah,

Bilahitaufik walhidayah, walinayah, walbarokah,

Wassalamualaikum wr,wb.

Bandung, 21 Juni 2009

ttd

Ence Surahman

DO’A ROBBITOH

“Ya Allah seungguhnya Engkau Maha Mengetahui, bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan mahabbah hanya kepada-Mu, bertemu dalam taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru (dakwah dijalan)-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu, ya Allah, abadikanlahkasih sayangnya, tunjukanlah jalannya, dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak akan pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepada-Mu. Hidukanlah dengan ma’rifat-Mu, dan matikalah dalam keadaan syahid dijalan-Mu,. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong, Amin. Dan semoga shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Muhammad, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya.

Cat: 1. Rancangan proker, berisi rancangan perencanaannya, bisa dikirimkan ke alamat ncislan4ever@gmail.com, paling lambat tanggal 30 Juni.

2. Proker yang direncanakan oleh setiap divisi dan pengurus, mohon untuk dipersentasikan pada hari jumat, 26 Juni 2009 pada raker II. Bertempat ditempat kemarin kita rapat.

“SEMANGAT”

“SEMOGA PERIODE SEKARANG ADALAH PERIODE KEEMASAN ROHIS TEKPEND. AMIN”

Komentar

  1. ingatlah sesuatu yang cepat di raih maka akan cepat juga lenyapnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste