Langsung ke konten utama

CATATANKU DI AKHIR RAMADHAN

Tuhan, terimakasih pada-Mu atas semua nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba-Mu yang lemah ini, Engkau yang telah membuat hatiku tegar, Engkau yang telah menguatkan Azamku, Engkau yang telah memeliharaku dengan kasih sayang-Mu yang tiada pernah berhenti, Sungguh hamba merasa beruntung karena Engkau masih memberikan kesempatan yang luar biasa ini, sebuah kesempatan emas yang tiada tara harganya, karena hamba yakin tidak semua orang bisa menimatinya, karena hanya orang-orang yang Engkau kehendaki yang bisa menemui dan menikmatinya, sungguh hamba tahu, tidak sedikit saudara hamba yang usianya tidak Engkau sampaikan pada Ramadhan tahun ini, adapun orang yang Engaku sampaikan usianya, namun ternyata tidak semua orang dapat melaksanakan perintah-Mu shaum, masih banyak saudara hamba yang belum bisa menunaikan rukun islam yang ke-3 ini, dan ini sebuah bukti bahwa seseungguhnya Engkau sayang kepada hamba yang hina ini. Alhamdulillahirobbil’alamin, Ya Rabb.
Ya Rabb, Engkau maha tahu, dengan ibadahku selama ramadhan ini, Engkau yang lebih tahu segalanya, Engkau yang paling pantas memberikan penilaiannya, Ya Allah seandainya masih banyak amalan hamba yang belum memenuhi dan belum memuaskan Engkau, mohon Engkau berikan timbangan lebih dengan maha rohman-rohim-Mu, ya Rabb, jika masih ada niat-niat hamba dalam beramal yang belum lurus, belum ikhlas, atau hanya karena riya, ingin dilihat dan difuji orang, maka ajarkanlah kepada hamba tentang arti ikhlas, dan jadikanlah hamba sebagai orang-orang yang berhati bersih dan suci serta mampu ikhlas dalam setiap perbuatan hamba.
Ya Rabb, ketika takbir bergema dimana-mana, ketika hamba merasakan nikmatnya buka dihari akhir ini, hamba sangat terharu, hamba sangat sedih, karena hamba akan kehilangan saat-saat indah dibulan ini, saat indah ketika menunggu saat buka shaum, atau saat ketika menyantap sahur, juga yang tidak kalah berkesan ketika merasakan lapar disiang hari, yang mengajarkan arti kesederhanaan, yang mengajarkan arti peduli semasa, arti cinta sosial, ketika lapar Engkau telah mengabarkan bagaimana perut-perut para fuqara, Ya Allah alhamdulillah Engkau masih mencukupi semua kebutuhan hamba,
Ya Rabb, demi diri-Mu yang Agung, hamba memohon ampun dari semua dosa dan khilaf hamba selama ini, sekalipun dosa hamba yang sangat banyak, namun hamba tetap optimis bahwa Engkau akan mengampuni semua itu, dan hamba yakin Engkau maha pengampun, Engkau maha penyeyang. Ya Allah, apabila dosaku kepada sesama makhluk-Mu belum mereka maafkan, mohon mudahkanlah hati-hati mereka agar mereka membukakan hatinya untuk memaafkan kesalahan hamba, sungguh malang apabila hama Engkau panggil sementara dosa terhadap sesama belum mereka maafkan, sehingga kelak menjadi penghalang hamba mendapat jannah-Mu, Ya, Rabb. Ampuni kebodohan hamba, ampuni kedunguan hamba, yang bodh karena lebih banyak mengiktui jejak syetan dan ajakan nafsu durjana, yang telah banyak menjerumuskan hamba kepada jurang kemaksyiatan, jurang kesesatan, jurang kemunafikan, jurang kerugian, yang akan mendatangkan penyesalan yang tiada tara. Ya Allah lindungi hamba dari azab kubur, azab mashar, dan azab akhirat, kemudian berikanlah kemenangan yang besar untuk hamba-Mu ini.
Ya Allah, tidak seperti biasanya, ramadhan tahun ini hamba banyak meninggalkan Umi dan Aby dan juga sanak saudara di kampung sana, bukan karena hamba lupa ya Rabb, namun karena dibandung hamba punya amanah, ya Allah mohon bukakan pintu maafnya untuk hamba.
Ya Rabb, sesungguhnya hati hamba banyak berpaling dari diri-Mu, maafkan ya Rabb, teguhkanlah hati ini dari ketaatan padamu, kuatkanlah kesabarannya, dan tetapkanlah dalam jalan-Mu, hidupkanlah dengan ma’rifat-Mu dan matikanlah dala syahid dijalan-Mu.
Ya Allah, sekarang ini hamba menghadapi perkuliahan di semester 5, hamba melihat banyak mata kuliah yang belum begitu banyak hamba tahu, untuk itu, bukakanlah tabir-tabir kegelapan di otak hamba, agar hamba menjadi mahasiswa yang diberikan kemudahan untuk memperlajari semua ilmu, dan tentunya hamba bisa memperoleh banyak ilmu yang banyan serta nilai yang bagus, dan tentunya hamba bisa mengajarkannya keapda orang-orang yang membutuhkan ilmu itu.
Ya Rabb, kalaulah sebulan kemarin adalah bulan penggemblengan diri hamba, sebagai bulan pembinaan diri hamba, maka hmba mohon bimbingan dari-Mu agar setelah melewati setiap fase metamorofosis ini hamba menemukan jati diri yang lebih baik, yang lebih dicintai, yang lebih taat, dan tentunya lebih dekat kepada-Mu. Jadikanlah laykanya kupu-kupu yang telah berubah dari seekor ulat yang menjijikan, dan jangalah Engkau jadikan hamba seperti ular yang hanya berganti kulit saja, dimana setelah ia mengganti kulitnya bukan malah lebih baik, melaikan lebih kejam, lebih banyak menimbulkan kemadaraan. Na’udzubillahimindzalik.
Yang terakhir, ya Rabb, terimalah semua amal hamba dan semua roang muslim yang beriman, maafkanlah semua kesalahan hamba baik yang kecil, besar, yang dzahir, bathin, yang hamba yakin dengan kemurahan-Mu, Engkau akan mengampuninya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste