Langsung ke konten utama

MEREKA YANG LUAR BIASA...

MEREKA YANG LUAR BIASA...
Malam itu, ketika takbir bergema, mengiringi larut malam kemenangan, mereka berjalan beriringan dipandu oleh seorang pemandu, yang diberi satu kelebihan dibanding yang berdua lainnya. Ya... akupun terharu melihat kedatangan mereka, mereka dari ikatan tunanetra muslim, yang 20 yang lalu telah mengirimkan proposal permohonan uang zakat fitrah, dari mesjid yang aku menjadi amil didalamnya, mereka memang telah Allah takdirkan dengan tidak bisa melihat sebagaimana kita yang diberikan mata. mereka memnag tidak bisa melihat dengan matanya, namun aku yakin mata batinnya bisa lebih tajamn dari mata kita.
Yang tepat jam 21.58 WIB, dengan badan kedinginan mereka mengtuk pintu, tempat aku dan sahabta yang lain sedang berbincang-bincang sembari menghayati setiap lantunan takbir dimalam itu. Mereka dengan badan yang tr=erlihat menggingil arena mungkin sudah melakukan perjalanan seharian untuk mengambil jatahnya. Mereka memang snagat luar biasa, sekalipun malam, sekalipun hujan, dengan keyakinan terhadap Allah yang pencipta dan pemberi rizkynya, mereka rela mengahbiskan waktunya untuk menyusuri malam gelap tanpa mata, inilah pelajaran berharga, pertanyaan kita adalah “mengapa mereka bisa sehebat itu dalam berusaha?” jawabannya adalah karena mereka punya keyakinan akan jaminan dari Allah yang senantiasa mencukupi kebutuhannya asal dengan usaha yang maksimal. Aku yakin mereka punya tanggungan, sekalipun mereka hanya jadi tukang pijat, namun ya iulah jalan datangnya rizky dari Tuhannya.
Untuk kita semua yang diberikan banyak kelebihan dibanding dengan saudara kita itu, marilah sejenak kita menundukan kerasnya kepala angkuh, mari kita tundukan nafsu angkar yang banyak mengeluh, mari kita memuji syukur pada Tuhan yang maha pengasih, yang maha pemberi, yang maha mencukupi, yang akan senantiasa mencintai makhluknya. Bersyukurlah, maka yakinlah Tuhan akan melipatgandakan pemberian-Nya bagi siapa saja orang yang bersyukur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste