Langsung ke konten utama

DIES NATALIS UPI KE-56

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman)
Hari ini, Rabu 20 Oktober 2010 Seluruh Civitas akademika Universitas Pendidikan UPI (UPI ) harus berbahagia karena bertepatan dengan acara dies natalis UPI yang ke-56. Artinya UPI telah mengabdikan dirinya untuk negara kurang lebih selama 56 tahun sejak tahun pendiriannya yaitu pada tahun 1954.
Seluruh rangkaian acara dies natalis ini silaksanakan di lingkungan kampus UPI tepatnya di ruang Gimnasium. Seperti biasa dalam acara ini Pak rektor yang sedang menjabat yang meruapakn rektor periode sebelumnya yakni Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd memberikan sambutan kepada audiens yang terdari dari seluruh komponen civitas akademika UPI.
Waktu yang cukup lama yang telah dilalui oleh UPI. Tentu telah banyak yang dilakukan oleh Universitas yang memiliki icon Pendidikan ini, sesuai dengan namanya, karena memang dulunya adalah institut keguruan dan Ilmu Pengetahuan (IKIP). Dengan visinya “leading and Outstanding University” dalam rangka merelasasikannya beberpa tahun terkahir UPI konsen pada pembangunan aspek pisik, banyak gedung yang diperbaharui. Selainn aspek pisik juga aspek nonpisiknya.
Dalam Pidatonya rektor UPI menyampaikan bahwa “pola rekrutmen mahasiswa UPI menajdi perhatian tersendiri, terlebih saat ini UPI sudah masuk pada ranah PT BHMN”.
Dari waktu selama 56 tahun ini, UPI elah banyak menelurka para pendidik di berbagai jenjang sekolah. Karena memang UPI bisa dikatakan sebagai perguruan tinggi pencetak para pendidik.
Motto kampusnya yang “edukatif Ilmiah dan religiousnya” mengantarkan UPI menjadi perguran tinggi yang bisa dibilang kampus hijau, hijau bukan hanya dalam arti secara pisik tetapi juga hijau daam arti nonpisik, dimana geliat raligiusitas civitas akademika yang terlihat sangat meninjol, hal ini bisa kita lihat ketika suda memasuki waktu shalat, maka mesjid Al-Furqon sebagai mesjid kebanggan UPI selalu penuh didatanagi jmaah untuk melaksanakan shalat berjamaah. Selain itu juga aktivitas keislaman mahasiswa yang sangat banyak dan intensif. Bahkan kalau hari sabtu dan ahad kita mau melihat secara langsung aktivitas keislaman dikampus ini, maka kita akan keheranan, karena semua mahasiswa UPI yang muslim yang sedang mengontrak amtakuliah PAI diwajibkan untuk mengikuti perkuliahan tambahan dimesjid Al-furqon yaitu Program Tutorial. Progam tutorial ini saat ini sudah menjadi model percontohan bagai kampus-kampus yang lain yang menginginkan pola pembinaan karakter mahasiswa berbasis agama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste