Langsung ke konten utama

HUJAN LEBAT, GUYUR BANDUNG

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman)
Bandung walaupun bukan kota hujan sebagaimana kota bogor. Namun kota kembang ini juga tergolong kota yang memiliki rata-rata curah hujan yang cukup tinggi. Sebagaimana yang terjadi malam tadi, Rabu, 20 Oktober 2010 dari jam 00.30-05.30 hujan yang turun sangat lebat. Sepanjang malam hujan terus mengguyur warga kota bandung. Dan derasnya hujan telah mengganngu aktivitas para pedagang yang berjualan di gerlong tengah salahsatunya. Biasanya sejak jam 3 pagi mereka sudah membuka lapaknya, namun karena hujan yang turun dengan lebatnya, maka mereka baru mulai memjajakan dagangannya lebih siang ketika hujan sudah reda.
Hujan yang besar dimalam hari, diperkirankan akan mengakibatkan pelaung terjadinya banjir bandang terutama dikawasan kota yang memiliki ketinggian tempat yang rendah. Seperti halnya kawasan dayeuh kolot, Bale Endah. Peluang terjadinya banjir sangat besar, karena curah hujan yang turun dari kawasan Ledeng, Lembang, dan Cibiru kawasan bandung timur.
Hujan yang terus mengguyur dalam intensitas yang sering, menunjukan musim hujan telah tiba, sebagaimana hari ini, cuaca mendung mengitari kawasan Bandung, bahkan masih siang juga sudah mulai turun rintikrintik hujan, yang juga berpeluang menurunkan hujan yang lebat.
Dari beberapa informasi hujan yang turun lebat semalam, alhamdulillah tidak menimbulkan bencana yang mengancam masyarakat. Seperti halnya yang dituturkan warga di Cibiru “disini hujan dari semalam hingga subuh, tapi alhamdulillah tidak terjadi bencana”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste