Langsung ke konten utama

Laporan Observasi Evaluasi Program Pelayanan Perpustakaan

LAPORAN OBSERVASI EVALUASI PROGRAM PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Sebuah studi tentang pengaruh keberhasilan ISO;9001 dan perbaikan sarana perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan. Disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Evaluasi Program Dosen Mata Kuliah: Drs. Zaenal Arifin, M.Pd. Dr. Deni Kurniawan, M.Pd Disusun Oleh: Ence Surahman (0800201) MAHASISWA KONSENTRASI PENDIDIKAN GUTU TIK PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA – BANDUNG TAHUN 2010. KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum wr wb. Segala puji beserta syukur kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Kuasa, atas berkat rahmat-Nya kita semua bisa menikmati setiap nikmat yang telah diberikan-Nya, semoga kita menjadi orang-orang yang bersyukur kepada-Nya, sehingga nikmat-Nya semakin ditambah, amin. Solawat dan salam semoga selamanya tercurahlimpahkan kepada panutan kita, Baginda Rosululloh Nabi Muhammad SAW, yang dengan tetesan darah dan keringatnya alhamdulillah risahalah yang dibawanya yaitu Islam yang damai, telah sampai kepada kita dan ini adalah nikmat besar yang harus kita syukuri, dan mudah-mudah kitapun tergolong umatnya yang setia sebagaimana para sahabat dan kerabat dan keluarganya yang telah berjuang untuk meneruskan jejak langkah perjuangannya, sampai kita bertemu di surga dalam barisannya amin. Alhamdulillah setelah melalui proses yang panjang, akhirnya saya bisa menyusun laporan observasi mengenai evaluasi program pelayanan perpustakaan UPI kepada pengunjungnya. Dalam laporan ini, saya deskripsikan dari proses penyusunan proposal observasi, kemudian angket observasi untuk mengetahui kepuasan pengunjung dengan layanan perpustakaan. Setelah itu saya paparkan mengenai deskipsi waktu pengambilan data, kemudian kesimpilan dari evaluasi program, selanjutnya kesimpulan dari hasil observasi. Kekurangan dan kesalahan bukan sebuah hal yang tidak mungkin luput dari tulisan ini, maka untuk perbaikan kedepannya kami sangat berterimakasih apabila Anda berkenan mengoreksi kesalahan-kesalahan dan kekurangan dalam materi ini. Atas kerja sama, bantuan dan perhatian semua pihak dalam penyusunan dan penyempurnaan tulisan ini kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya. Wassalamu’alikum wr wb Bandung, 27 Desember 2010. Penyusun Ence Surahman (0800201) A. PENDAHULUAN a. Alasan logis mengenai perlunya evaluasi program layanan perpustakaan setalah diraihnya Iso dan perbaikan sarana terhadap peningkatan kepuasan pengunjung perpustakaan Secara konsepsi evaluasi program adalah serangkaian proses kegiatan yang sengaja dilakukan dengan menggunakan model, pendekatan dan prosedur tertentu untuk mengetahui tingkat keberhasilan progam yang telah dilaksanakan. Dari definisi diatas, dapatlah kita tarik kesimpulan mengenai beberapa alasan logis mengenai evaluasi program layanan perpustakaan UPI; diataranya sebagai berikut; 1. Sejak awal tahun 2010. Perpustakaan UPI telah berhasil memperoleh International Standar Organizaion (ISO:9001). Keberhasilan ini merupakan kali pertama untuk UPI. Maka setidaknya hal ini sangat wajar untuk dibanggakan oleh UPI sendiri. hanya permasahalannya adalah apakah dengan diraihnya ISO:9001 itu memberikan dampak yang signifikan terhadap kepuasan yang diarasakan oleh pengunjung 2. Alasan yang lain mengapa perlu evaluasi adalah untuk mengetahui terhadap tingkat keberhasilan perpustakaan UPI dalam upaya meningkatkan kualitas layanan 3. Pembenahan perpustakaan yang dilakukan akhir-akhir ini harus jadi salahsatu kajian evaluasi. Artinya apakah dengan diperbaikinya semua fasilitas yang dimiliki maka akan semakin meningkatkan kepuasan pengunjung perpustakaan setiap harinya. 4. Dengan dievaluasi maka kita akan melihat dimanakah letak yang kurang dan yang bisa dikembangkan menjadi baik kedepannya. b. Tujuan evaluasi program Tujuan umum Tujuan evaluasi program adalah untuk mengetahui keberhasilan dari suatu program yang dijalankan dan untuk membuat rekomendasi pengembangan program yang bersangkutan. Tujuan khusus Tujuan khusus dari proses evaluasi progam sebagaimana dipaparkan oleh Pak Zaenal Arifin dalam Bukunya yang berjudul Evaluasi Pembelajaran dalam hal ini tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan perpustakaan setelah diraihnya ISO:9001 dan setelah diperbaiki sarana dan prasarana yang dimiliki oleh perpustakaan itu sendiri Manfaat Evaluasi Manfaat Secara Teoritis Ditinjau dari manfaat secara teoritis, evaluasi ini diharapkan mampu memberikan gambaran dan penjelasan mengenai pengaruh diraihnya ISO dan perbaikan sarana terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan. Manfaat secara Praktis Adapun manfaat evaluasi secara praktis diharapkan dapat memiliki kemanfaatan sebagai berikut: a. Masukan kepada pihak pengelola perpustakaan mengenai hasil survey terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pengunjung. b. Bahan informasi bagi siapapun yang mau membaca hasil evaluasi ini c. Bagi evaluator sendiri, hasil evaluasi program ini akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri ketika melakukan evaluasi terhadap sebuah program berikutnya. Maka dalam hal ini diperlukan instrumen untuk proses pengumpulan data yang mendukung proses evaluasi program perpustakaan UPI:  Perangkat yang diperlukan untuk mengevaluasi suatu program Untuk mengevaluasi suatu program, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salahsatunya adalah perangkat evaluasi. 1. METODE a. Sumber data Sumber data saya peroleh dari hasil pengisian kepada para pengunjung yang dipilih secara acak b. Alat pengumpul data Adapun untuk melengkapi proses pengumpulan data, maka saya menggunakan instrument angket bagi para pengunjungnya c. Analisis data Analisis data yang saya lakukan adalah dengan menggunakan analisis data kuantitatif dengan judgement. Sementara proses pengumpulan datanya adalah dengan pemberian angket isian kepada para pengunjung perpusatakaan yang di tentukan pemilihannya secara acak. Adapun format angketnya adalah sebagai berikut: ANGKET KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UPI: Petunjuk Pengisian Angket: 1. Pilihlah salahsatu alternatif jawaban yang Anda sepakati dengan cara membubuhkan tanda silang (X) 2. Anda hanya diperbolehkan memilih satu alternatif jawaban 3. Tidak ada pengurangan nilai apabila jawaban Anda salah, maka mohon semua soal untuk diisi. Alternatif jawaban: 1: Sangat Tidak Puas, 2: Tidak Puas, 3: Kurang Puas, 4: Puas, 5: Sangat Puas No Pernyataan Alternatif Jawaban 1 2 3 4 5 01 Saya puas dengan layanan perpustakaan 02 Saya selalu menemukan semua buku/referensi yang dibutuhkan dari perpustakaan 03 petugas perpustakaan selalu membantu ketika saya memperoleh kesulitan dalam mencari buku yang diperlukan 04 Saya memahami prosedur penggunaan komputer untuk pencarian judul buku yang diperlukan 05 Saya merasa puas dengan ruang baca yang tersedia 06 Saya puas dengan adanya mushola di perpustakaan 07 Saya puas dengan pengamanan barang yang saya bawa karena telah disediakan loker untuk penempatannya 08 Saya puas dengan kebersiahan ruangan 09 Saya puas dengan penerangan perpustakaan 10 Saya puas dengan pentilasi udara didalam ruangan perpustakaan 11 Saya puas dengan ruangan yang tidak bau 12 Saya puas dengan kemudahan peminjaman koleksi perputakaan 13 Saya puas dengan kebijakan adanya denda apabila saya telat mengembalikan buku pinjaman 14 Saya puas dengan koleksi yang ada 15 Menurut saya koleksinya sudah cukup dan tidak perlu ditambahkan lagi Skor Total B. DESKRIPSI PELAKSANAAN OBSERVASI Observasi program yang saya lakukan ini. Diawali dengan menyusun proposal observasi, kemudian dilanjutkan dengan menyusun angket, selanjutnya memperbanyaknya. Adapun jumlah angket yang saya perbanyak sebanyak dua puluh angket (20 angket). Sasaran dari observasi yang saya lakukan adalah para pengunjung perpustakaan UPI, yang datanya diambil secara acak, yaitu sebanyak 20orang. Mereka diminta untuk mengisi angket yang telah diberikan. Responden yang saya ambil secara acak ini berasal dari berbagai jurusan di Universitas Pendidikan Indonesia. Setelah data diisi oleh responden, kemudian datanya saya klasifikasikan berdasarkan pilihan jawaban soal angket yang saya buat. Langkah selanjutnya adalah membuat presentase dari dat yang didapatkan, maka selanjutnya adalah menarik kesimpulan dari data yang telah di olah. C. HASIL-HASIL OBSERVASI Berikut ini adalah tabel presentase data dari jawaban responden mengenai kepuasan pengunjung terhadap pelayanan perpustakaan. No Alternatif Jawaban Skor Ket. Dalam % 1 Sangat tidak puas 19 6.05 % 2 Tidak puas 40 12.73 % 3 Kurang puas 78 24.84 % 4 Puas 132 42.03 % 5 Sangat puas 45 14.33 %. Total 314 100 % Pendapatan hasil persentase didasarkan pada jumlah soal angket ada 15 pertanyaan. Dengan jumlah responden sebanyak 21 orang. Sehingga terdapat total skor normal sebanyak 315 seharusnya. Hanya karena ada satu pertanyaan yang tidak dijawab oleh responden, maka akhirnya skor yang diperhitungkan hanya sebanyak 314 skor. Dari tabel diatas, secara sekilas pun kita dapat langsung menyebutkan bahwa : 1. Pengunjung yang merasa sangat tidak puas dengan layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia setelah mengalami perbaikan sarana dan pencapaian penghargaan ISO;9001, maka total persentasenya adalah sebanyak 6.05 %. 2. Pengunjung yang merasa tidak puas dengan layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia setelah mengalami perbaikan sarana dan pencapaian penghargaan ISO;9001, maka total persentasenya adalah sebanyak 12.73 %. 3. Pengunjung yang merasa kurang puas dengan layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia setelah mengalami perbaikan sarana dan pencapaian penghargaan ISO;9001, maka total persentasenya adalah sebanyak 24.84 % 4. Pengunjung yang merasa puas dengan layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia setelah mengalami perbaikan sarana dan pencapaian penghargaan ISO;9001, maka total persentasenya adalah sebanyak 42.03 % 5. Adapun pengunjung yang merasa sangat puas dengan layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia setelah mengalami perbaikan sarana dan pencapaian penghargaan ISO;9001, maka total persentasenya adalah sebanyak 14.33 %. Berdasarkan data diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa setelah dilakukan perbaikan sarana dan pencapaian penghargaan ISO;9001, maka pengunjung perpustakaan merasa puas dengan layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Di Indonesia D. REKOMENDASI UNTUK PENGELOLA PERPUSTAKAAN UPI Membaca data pada tabel persetase kepuasan pengunjung terhadap program layanan perpustakaan diatas. Maka berikut ini saya mencoba menuliskan beberapa rekomendasi atau catatan yang mudah-mudahan bisa memicu pengelola untuk meningkatkan program layanannya; diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Jangan dulu merasa puas dengan pencapaian yang saat ini telah diraih, baik penghargaan-pengharagaan dari internal UPI sebagaimana hasil evaluasi program yang saya lakukan ataupun pencapaian keberhasilan dan penghargaan dari ekternal UPI karena memperoleh dari ISO;9001. 2. Terus lakukan inovasi bentuk pelayanan kepada para pengunjung 3. Terus berupaya untuk kreatif dalam mengemas dan menyajiakn program layanan. 4. Terus memperbaiki system atau sarana yang fisik yang sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung. 5. Lakukan pemberian pengharagaan bagi pengunjung terbaik, atau pengujung terrajin, pengujung terdisiplin dalam pengembalian peminjaman. 6. Lakukan pemberian penghargaan untuk karyawan agar mereka bisa terus melakukan program layanan dengan sebaik-baiknya. E. PENUTUP Alhamdulillah, laporan ini telah selesai saya susun. Dan semoga bermanfaat. Berikut ini adalah kesimpulan hasil observasi yang telah saya lakukan dan juga saran untuk observer selanjutnya serta untuk pihak terkait dengan observasi yang telah saya lakukan ini. Simpulan hasil observasi Dari data yang berhasil saya kumpulkan dan kemudian di olah. Maka dapa disimpulkan bahwa setelah pencapaian penghargaan ISO;9001 dan juga setelah perbaikan sarana dan prasarana perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, para pengunjung merasa puas dengan layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia dengan pesertase sebanyak 42.03 %, disusul dengan rank kedua yang skor kurang puas sebesar 24.84 %, kemudian sangat puas sebesar 14.333 %, dilanjutkan dengan tidak puas sebanyak 12.73 % dan di skor terakhir yang pengunjung merasa sangat tidak puas sebesar 6.05 %. Saran-saran Demikian laporan observasi tentang program layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia telah saya susun. Mohon maaf atas kekurangannya dan mohon kritik dan sarannya agar bisa melakukan evaluasi program dengan lebih baik lagi. Semoga simpulan dari hasil observasi ini bisa bermanfaat semua pihak. Khususnya bagi pengelola Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia dalam rangka mengevaluasi hasil kerjanya selama ini. Dan untuk perbaikan kedepannya. Sehingga tingkat kepuasan pengunjung mengenai layanan perpustakaan akan semakin baik dan bisa sangat memuaskan layanan pengunjung. Bandung, 27 Desember 2010. Penyusun Laporan Ence Surahman 0800201

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste