Langsung ke konten utama

Proposal Evaluasi Program Pelayanan Perpustakaan Di Universitas Pendidikan Indonesia

Sebuah studi tentang pengaruh keberhasilan ISO;2001 dan perbaikan sarana perpustakaan terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan setiap harinya. Disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Evaluasi Program Dosen Mata Kuliah: Drs. Zaenal Arifin, M.Pd. Dr. Deni Kurniawan, M.Pd Disusun Oleh: Ence Surahman 0800201 MAHASISWA KONSENTRASI PENDIDIKAN GUTU TIK PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA – BANDUNG TAHUN 2010. 1. RASIONAL / PENDAHULUAN a. Alasan logis mengenai perlunya evaluasi program layanan perpustakaan setalah diraihnya Iso dan perbaikan sarana terhadap peningkatan kepuasan dan peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan Secara konsepsi evaluasi program adalah serangkaian proses kegiatan yang sengaja dilakukan dengan menggunakan model, pendekatan dan prosedur tertentu untuk mengetahui tingkat keberhasilan progam yang telah dilaksanakan. Dari definisi diatas, dapatlah kita tarik kesimpulan mengenai beberapa alasan logis mengenai evaluasi program layanan perpustakaan UPI; diataranya sebagai berikut; 1. Sejak awal tahun 2010. Perpustakaan UPI telah berhasil memperoleh International Standar Organizaion (ISO:2001). Keberhasilan ini merupakan kali pertama untuk UPI. Maka setidaknya hal ini sangat wajar untuk dibanggakan oleh UPI sendiri. hanya permasahalannya adalah apakah dengan diraihnya ISO:2000 itu memberikan dampak yang signifikan terhadap kepuasan yang diarasakan oleh pengunjung dan peningkatan jumlah pengunjung setiap harinya 2. Alasan yang lain mengapa perlu evaluasi adalah untuk mengetahui terhadap tingkat keberhasilan perpustakaan UPI dalam upaya meningkatkan kualitas layanan 3. Pembenahan perpustakaan yang dilakukan akhir-akhir ini harus jadi salahsatu kajian evaluasi. Artinya apakah dengan diperbaikinya semua fasilitas yang dimiliki maka akan semakin meningkatkan kepuasan dan jumlah pengunjung perpustakaan setiap harinya. 4. Dengan dievaluasi maka kita akan melihat dimanakah letak yang kurang dan yang bisa dikembangkan menjadi baik kedepannya. b. Tujuan evaluasi program Tujuan umum Tujuan evaluasi program adalah untuk mengetahui keberhasilan dari suatu program yang dijalankan dan untuk membuat rekomendasi pengembangan program yang bersangkutan. Tujuan khusus Tujuan khusus dari proses evaluasi progam sebagaimana dipaparkan oleh Pak Zaenal Arifin dalam Bukunya yang berjudul Evaluasi Pembelajaran, diantaranya: 1. mengetahui tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan 2. mengetahui peningkatan jumlah pengung perpustakaan setelah diraihnya ISO:2000 dan setelah diperbaiki sarana dan prasaranan yang dimiliki oleh perpus itu sendiri Manfaat Evaluasi Manfaat Secara Teoritis Ditinjau dari manfaat secara teoritis, evaluasi ini diharapkan mampu memberikan gambaran dan penjelasan mengenai pengaruh diraihnya ISO dan perbaikan sarana terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan. Manfaat secara Praktis Adapun manfaat evaluasi secara praktis diharapkan dapat memiliki kemanfaatan sebagai berikut: a. Masukan kepada pihak pengelola perpustakaan mengenai hasil survey terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pengunjung. b. Bahan informasi bagi siapapun yang mau membaca hasil evaluasi ini c. Bagi evaluator sendiri, hasil evaluasi program ini akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri ketika melakukan evaluasi terhadap sebuah program berikutnya. Maka dalam hal ini diperlukan instrumen untuk proses pengumpulan data yang mendukung proses evaluasi program perpustakaan UPI:  Perangkat yang diperlukan untuk mengevaluasi suatu program Untuk mengevaluasi suatu program, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan,salahsatunya adalah perangkat evaluasi. 2. METODE a. Sumber data Sumber data saya peroleh dari hasil interview kepada para pengunjung yang dipilih secara acak b. Alat pengumpul data Adapun untuk melengkapi proses pengumpulan data, maka saya menggunakan instrument angket bagi para pengunjungnya c. Analisis data Analisis data yang saya lakukan adalah dengan menggunakan analsis data kualitatif. Sementara proses pengumpulan datanya adalah dengan mewawancarai para pengunjung perpusatakaan yang di tentukan pemilihannya secara acak. Selain dengan cara mewawancarai, teknik pengambilan datanyapun saya lakukan dengan pemberian angket pertanyaan kepada para pengunjung yang terpilih. Adapun format angketnya adalah sebagai berikut: ANGKET KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UPI: Petunjuk Pengisian Angket: 1. Pilihlah salahsatu alternatif jawaban yang Anda sepakati dengan cara membubuhkan tanda silang (X) 2. Anda hanya diperbolehkan memilih satu alternatif jawaban 3. Tidak ada pengurangan nilai apabila jawaban Anda salah, maka mohon semua soal untuk diisi. Alternatif jawaban: 1: Sangat Tidak Puas, 2: Tidak Puas, 3: Kurang Puas, 4: Puas, 5: Sangat Puas No Pernyataan Alternatif Jawaban 1 2 3 4 5 01 Saya puas dengan layanan perpustakaan 02 Saya selalu menemukan semua buku/referensi yang dibutuhkan dari perpustakaan 03 petugas perpustakaan selalu membantu ketika saya memperoleh kesulitan dalam mencari buku yang diperlukan 04 Saya memahami prosedur penggunaan komputer untuk pencarian judul buku yang diperlukan 05 Saya merasa puas dengan ruang baca yang tersedia 06 Saya puas dengan adanya mushola di perpustakaan 07 Saya puas dengan pengamanan barang yang saya bawa karena telah disediakan loker untuk penempatannya 08 Saya puas dengan kebersiahan ruangan 09 Saya puas dengan penerangan perpustakaan 10 Saya puas dengan pentilasi udara didalam ruangan perpustakaan 11 Saya puas dengan ruangan yang tidak bau 12 Saya puas dengan kemudahan peminjaman koleksi perputakaan 13 Saya puas dengan kebijakan adanya denda apabila saya telat mengembalikan buku pinjaman 14 Saya puas dengan koleksi yang ada 15 Menurut saya koleksinya sudah cukup dan tidak perlu ditambahkan lagi Skor Total PENUTUP Demikian proposal pengajuan evaluasi program layanan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia saya susun. Mohon maaf atas kekurangannya dan mohon kritik dan sarannya agar bisa menjadi proposal yang baik. Bandung, 21 Desember 2010. Penyusun Ence Surahman 0800201

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste