Langsung ke konten utama

JANGAN BERSEDIH…….

Dikutif dari bukunya Dr. Aidh al-Qorni, MA.
Oleh : Ence Surahman

Saudaraku, pernahkah kita saudara menemukan kesedihan yang berhasil mengoyak-ngoyak perasaan, hati dan pikiran? Atau pernahkah kita berada dalam sebuah suasana yang sangat menyakitkan, sehingga kita merasa sangat tertekan, kita merasa kesepian, merasa kesepian, merasa tak berdaya, merasa sangat kecil merasa tidak punya teman, merasa percuma menjalani hidup, atau merasa tak karuan dengan semua aktivitas yang dijalani?
Ya, memang. Semua orang tentu pernah atau mungkin sering ditimpa rasa sedih. Sedih menjadi sesuatu momok yang menakutkan, mengapa demikian? Karena semua orang sangat mengingkan berada dalam suasana kebalikan dari kesedihan, yaitu kebahagiaan. Kesedihan adalah kebalikan dari kehagiaan.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana seharusnya kita bersikap untuk melawan atau menghindarkan diri dari kesedihan, atau ketika kita mendapat atau ditimpa kesedihan, apa yang seharusnya kita lakukan, agar kita terhindar kesedihan dan bisa merasakan kebahagiaan selamanya, berikut ini adalah beberapa cara untuk menyikapi ketika datangnya kesedihan.
Dalam bukunya Dr. Aidh Al-qorni yang berjudul Don’t be Sad, cara hidup positif tanpa pernah sedih & frustasi. Beliau menuliskan beberapa larangan untuk tidak bersedih dalam kondisi apapun. Berikut ini adalah ringkasannya:
1. Jangan bersedih karena sesungguhnya Tuhanmu mengampuni dosa dan menerima taubat
2. Jangan bersedih, karena segala sesuatu akan terjadi sesuai dengan ketetapannya
3. Jangan bersedih, tunggulah dengan sabar datangnya hasil yang membahagiakan
4. Jangan bersedih, seringlah memohon ampunanAllah karena Dia MAha pengampun
5. Jangan bersedih, ingatlah selalu kepada Allah
6. Jangan bersedih, karena perbuatan orang lain, maafkanlah mereka
7. Jangan bersedih, atas apa yang luput dari Anda karena Anda telah mendapatkan kenikmatan lain
8. Jangan bersedih, dan menangisi hal-hal yang tidak berharga
9. Jagan bersedih, hapuskan kekhawatiran
10. Jangan bersedih, karena kebaikan Anda tidak dihargai oleh orang lain
11. Jangan bersedih, ketika orang lain mencela dan meremehkan Anda
12. Jangan bersedih karena miskin
13. Jangan bersedih karena sesuatu yang dikahwatirkan tidak terjadi
14. Jangan bersedih dengan kritikan orang yang iri dan berpikiran negative
15. Jangan bersedih, ambilah apa yang telah Allah pilihkan
16. Jangan bersedih, maafkanlah perlakuan orang lain
17. Jangan bersedih renungkanlah nilai apa yang Anda sedihkan
18. Jangan bersedih, berbuat baiklah kepada orang lain
19. Jangan bersedih, kedengkian bukan sesuatu yang baru
20. Jangan bersedih, bersabar ketika mendapat kesulitan adalah jalan menuju kebahagiaan dan kesuksesan
21. Jangan bersedih karena perlakukan orang lain, lihatlah perlakukan mereka terhadap Allah
22. Jangan bersedih karena kesulitan karena sulit mendapatkan rezeki
23. Jangan bersedih, masih ada cara untuk memudahkan Anda bersabar menghadapi bencana
24. Jangan meniru kepribadian orang lain
25. Jangan terguncang dengan kesulitan
26. Jangan bersedih, simaklah prinsip-prinsip kebahagiaan ini
27. Jangan bersedih, jika dizalimi, dilecehkan atau dihina orang lain
28. Jangan bersedih, simpanlah pujian orang dengan tetap berbuat baik kepada manusia
29. Jangan bersedih jika Anda berhadapan dengan masalah justru seharusnya Anda kuat menanggungnya dan tetap bersabar
30. Jangan bersedih jika seseorang tidak mau membantu Anda
31. Jangan bersedih ada kehidupan lain yang akan dating
32. Jangan stress jika pekerjaan menumpuk
33. Jangan bersedih, tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan ini,
34. Jangan berputus asa, ketika Anda menghadapi situasi sulit
35. Jangan bersedih ketika ada dimusuhi
36. Jangan bersedih, dengan hal-hal yang sepele, karena dunia ini hanyalah sesuatu yang sepele belaka
37. Jangan bersedih ketika adan dimusuhi

Masih banyak pesan-pesan luar biasa dari Aidh Alqorni, sungguh beliau telah begitu memahami hal ini, bagi kita, semoga kita semakin meyakini bahwa sesungguhnya kita punya Allah, tidak perlu bergeming dengan apapun yang dating, justru seharusnya kita hadapi semua masalah yang datang, jangan pernah mengatakan “Ya Allah aku punya masalah yang sangat besar”, melainkan katakanlah “wahai masalah, aku punya Allah yang maha besar”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste