Langsung ke konten utama

Sebaik-Baik Teman Anda Adalah Buku

Dikutif dari Buku Dr. Aidh al-Qorni Oleh : Ence Surahman Sebuah kegiatan yang membuat Anda nyaman adalah membaca buku dan mengembangkan daya pikir Anda dengan meraih ilmu pengetahuan didalamnya. Al-Jahizh, seorang penulis arab beberapa abad yang lalu menasehati sesorang untuk menghapuskan kecemasan dengan membaca buku, dia berkata : “buku adalah teman yang tidak suka memujimu dan tidak menyeretmu kepada kejahatan. Ia adalah sahabat yang tidak membuatmu bosan dan dia adalah tetangga yang tidak mengancam keselamatanmu, ia adalah sahabta yang tidak berniat untuk memeras kebaikan darimu dengan rayuan, dan ia tidak akan menipumu dengan kepalsuan dan dusta. Ketika kamu membuka halaman-halaman buku, perasaanmu mendapat stimulus dan daya intelektualmu pun menjadi tajam, dengan membaca biografi orang lain, Anda bisa meraih apresiasi orang-orang pada umumnya sambil memperlajari cara berpikir para raja. Dapat dikatakan disini, bahwa apa yang kamu pelajari dari lembaran-lembaran buku selama satu bulan terkadang tidak bisa kamu raih disbanding dengan belajar dari mulut orang-orang selama satu abad. Semua itu menguntungkan tanpa perlu kehilangan harta dan tidak perlu berdiri didepan seorang guru yang menunggu untuk mendapatkan bayarannya atau belajar dari seseorang yang lebih rendah akhlaknya darimu. Buku selalu setia baik siang maupun malam, ketika kamu sedang dalam perjalanan atau sedang berada dirumah. Buku tidak akan merasakan kantuk atau lelah sampai lartu malam ketika Anda belajar bersamanya. Ia adalah guru yang selalu siap kapan saja Anda butuhkan ia adalah guru yang jika kamu menolak memberikan sesuatu kepadamu, ia justru tidak menolak memberikan sesuatu kepadanya, ia justru tidak menolak memberikan sesuatu kepadamu. Jika kamu meninggalkannya, kesetiaannya tidak akan berkurang. Dan ketika semua orang berbalik menyerangmu, memperlihatkan permusuhan kepadamu, ia tetap berada dipihakmu, memperlihatkan permusuhan kepadamu, ia tetap berada dipihakmu.selama kamu berhubungan dengan buku, ia menghindarkanmu dari persahabatan dengan orang malas yang malas. Ia menjagamu agar tidak duduk dimuka pintu sambil menonton orang-orang yang sedang lalu lalang. Ia menyelamatkanmu dari pergaulan orang-orang yang rendah akhlaknya, jelek ucapannya, dan terkutuk dengan sikap ketidakpeduliannya. Kalaupun buku memiliki manfaat, walau hanya satu-satunya, maka ia hadir untuk menjagamu dari keterlenaan, serta supaya tidak terhanyut dalam mimpi bodoh di siang hari. Dalam hal ini, sudah barang tentu buku akan dianggap sebagai teman sejati yang telah memberikanmu banyak kebaikan” MANFAAT MEMBACA: 1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan 2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk kedalam kebodohan 3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tikda mau bekerja 4. Dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata 5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir 6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman 7. Dengan sering membaca, seseorang dapat mengembangkan kemampuannya, baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin imu dan aplikasinya didalam hidup 8. Keyakinan seseorang akan bertambah ketika dia membaca buku-buku yang bermanfaat, terutama buku-buku yang ditulis oleh penulis-penulis muslim yang saleh. Buku itu adalah penyampai ceramah terbaik dan iamempunyai pengaruh kuat untuk menuntun seseorang menuju kebaikan dan menjauhkan dari kejahatan 9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia 10. Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat. Lebih lanjut lagi, ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis”diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste