Langsung ke konten utama

Ada 5 Mata Dalam Diri Kita, Waspadalah!


Oleh : Jaisyurrahman

Tulisan ini terinspirasi dari perkataan seorang guru spiritual saya, yang saya dengar kurang lebih satu jam sebelum saya tuliskan. Dalam suasana yang begitu hangat dan akrab, beliau bilang, “wahai kawan, sesungguhnya dalam diri kita ada 5 mata, maka waspadalah”, sejenak saya berpikir agak dalam, -tapi tidak sedalam palung mindanau- J lalu saya pusatkan pengaran dan perhatian kepada kata-kata beliau. Lalu beliau ceritakan bahwa kita memiliki dua mata yang bisa melihat, dan ia terlihat. Kita juga punya dua mata yang bisa terlihat tapi tidak bisa melihat, serta kita punya satu mata yang tidak terlihat tapi ia bisa melihat, bahkan mata yang satu ini memiliki kualitas ketajaman yang lebih tajam dari kedua mata pertama, itulah mata hati.
Setelah saya dengarkan penjelasannya, Alhamdulillah saya bisa menangkap dari pesan yang guru saya sampaikan. Semoga Anda juga bisa menangkap dari apa yang saya sampaikan di tulisan ini. Dan saya sangat yakin bahwa Anda juga menyadari betul kelima hati yang dimaksud. Untuk itu marilah kita perdalam pemahaman kita mengenai kelimanya. Agar kita bisa menggunakan kelimat mata itu sesuai dengan peran dan fungsinya secara tepat.
Kedua mata Anda yang berada di bagian organ kepala adalah anugrah terbesar dari Tuhan untuk Anda dan juga saya. Dengan mata yang bisa melihat, kita bisa menikmati indahnya pemandangan, bisa membedakan warna dengan keindahannya, bisa berjalan dengan nyaman, sekarang coba Anda bayangkan seandainya mata Anda tidak bisa melihat, maka Anda tidak akan bisa melihat wajah Ayah dan Ibu serta keluarga besar Anda, termasuk anak dan istri atau suami Anda. Tidak bisa membedakan mana gambar yang indah dan tidak, tidak bisa membedakan pakaian yang indah di kenakan dan yang tidak. Begitulah yang dirasakan oleh orang yang tidak bisa melihat (buta). Maka bersyukurlah kepada Tuhan akan nikmat ini, dengan menjaga dan menggunakannya pada perkara-perkara yang Tuhan inginkan.
Kedua mata yang selanjutnya ada di organ bagian bawah, yakni di kaki, sehingga namanya disebut dengan “mata kaki”. Mata kaki ini terlihat tapi tidak bisa melihat sebagaimana mata yang atas. Tapi yang luar biasa dari mata kaki ini adalah ia selalu jujur, dan ia tidak banyak mengeluh, misalnya ketika Anda tersandung, maka kaki mata kaki Anda menydari betul bahwa ia tersandung, dan ia tidak pernah protes besar-besaran ke organ yang lain yang telah menjadikannya terluka. Ia senantiasa ikut kemanapun sang tuan berjalan, dan ia tidak pernah peduli dengan itu, apakah sang tuan membawanya ke jalan diperkotaan, ataukah ia harus terendam air, atau ia harus jalan berlumur lumpur di pematang sawah, atau boleh jadi sang tuan membawanya berjalan pada tempat yang kotor dan bau. Apapun kondisinya tidak pernah mengeluh dan protes, ia senantiasa taat.
Mata yang kelima adalah mata hati, ia tidak terlihat tapi pernglihatannya begitu tajam. Mata hati ini memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan seseorang. Mata hati ini menjadi penentu kualitas kepribadian seseorang. Bahkan mata hati ini menjadi ukuran tentang baik tidaknya seseorang. Mata hati ini tidak akan pernah bohong, mata hati ini secara fitrah menyenangi kebaikan dan menolak keburukan. Mata hati ini awalnya amat putih berseri, namun ia berubah sejalan dengan warna yang di celupkan kepadanya oleh sang tuan.
Mata hati ini juga yang menjadi pengontrol diri seseorang, termasuk pengontrol mata yang sebelumnya. Karena saking pentingnya kualitas mata hati ini, maka sang tuan memiliki kewajiban untuk memeliharan dan melatih serta mengasahnya pada perkara yang akan membuat mata hati ini memiliki ketajaman yang kuat untuk melihat segala fenomena yang terjadi. Agar ia senantiasa tersentuh dan empati ketika melihat perkara yang memprihatinkan, agar ia tergerak membantu orang yang kesusahan, agar ia terpancar sangat indah dalam wujud akhlak mulia, agar ia bisa mewarnai dan meningkatkan kualitas diri sang tuan agar menjadi pribadi yang unggul dan mengesankan.
So, mari jagalah mata hati kita agar tetap tajam. Jangan sampai menjadi buta, karena ketika hati telah buta, kerugiannya akan lebih dari pada butanya mata di kapala. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste