Langsung ke konten utama

Kadang Kita Butuh Nyala Api Yang Lebih Besar



Oleh : Jaisyurrahman

Pernahkah Anda memasak nasi goreng? Masih ingat apa saja bahan yang dibutuhkan? Peralatan apa yang harus disiapkan? Sejauh yang saya pahami bahan-bahan yang harus dipersiapkan diantaranya nasi, minyak goreng, bawang merah, garam, beberapa jenis sayuran untuk menambah rame sajian nasi gorengnya, adapun peralatan yang dipersiapkan diantaranya satu set wajan, kemudian kompor berseta bahan bakarnya, piring dan sendok untuk penyajian nasi yang sudah matang.
Nah, ketika semua bahan dan alat sudah disiapkan, lalu Anda memesak, dan tidak lama lagi Anda akan menikmati hidangan istimewa yang telah Anda masak. Ketika Anda di tuntut untuk segera menyajikan hidangan nasinya, maka yang paling logis untuk ditambahkan bukan pada banyak nasi gorengnya, atau ditambah bawangnya, melainkan yang harus kita tambahkan adalah nyala apinya.
Begitupula dalam hidup Anda, ketika Anda merasa ilmu sudah cukup, pengalaman sudah banyak, usia sudah tidak lagi anak-anak, namun sukses dan kematangan jiwa belum kunjung tiba, maka boleh jadi Anda butuh semangat dan dorongan motivasi yang lebih besar, sebagaimana nasi goreng yang ingin segeran disajikan. Maka hidup Anda juga butuh motivasi yang lebih besar.
Maka, perbanyaklah mencari motivasi, bisa melalui buku motivasi, atau bisa mengikuti training motivasi, atau Anda memiliki teman dekat yang senantiasa bersedia untuk memotivasi Anda setiap waktu. Agar Anda menjadi pribadi yang segera matang, sehingga Anda bisa segera berkarya dan berdaya guna lebih besar untuk diri Anda, keluarga Anda dan orang lain disekitar Anda.
Mari, kita tambahkan besaran nyala apinya. Agar kita segera menjadi pribadi yang matang. bagai buah yang siap di panen dan dinikmati. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste