Langsung ke konten utama

Bahkan Emas Sepenuh Bumipun Tak Ada Artinya



Sahabat ada yang tahu berat bumi? Dari hasil pencarian saya planet ketiga dalam tata surya ini memiliki masa seberat 59.760 miliar ton. Biar tidak terlalu pusing dengan angkanya mari kita masukan angka-angka nol nya. 59.760 milyar ton berarti sama dengan 59.760.000.000.000 ton atau sama dengan 59.760.000.000.000.000 kilo gram atau sebanding dengan 59.760.000.000.000.000.000 gram.
Sekarang saya minta para pembaca untuk membayangkan jika itu bukan masa bumi melainkan masa emas atau bumi yang seluruhnya adalah emas, dan kita akan memberikan harga untuk setiap gramnya dari emas tersebut. Sudah terbayangkan berapa rupiah uang yang kita meiliki jika kita memiliki emas sebanyak itu? Baik biar semakin tidak penasaran, saya ingin mengajak sahabat untuk mengitungnya.
Oke, kita asumsikan harga emas satu gramnya adalah Rp. 470.000 (empat ratus tujuh puluh ribu rupiah). Sekarang mari kita hitung dengan masa emas/bumi diatas. Untuk memudahkan maka kita hitung saya angka selain nol nya, lalu nanti kita tambahkan dengan nol yang tidak kita perhitungkan. Silakan siapkan alat hitungnya. 5.676 X 47 = 266.772 sekarang kita masukan jumlah nol masa emas dengan jumlah nol penyempurna harga emas. Yakni ada sebanyak 20 nol. Tinggal kita masukan saja, hasilnya menjadi RP 26.677.200.000.000.000.000.000.000.
Sekarang bayangkan sahabat memiliki uang sebanyak itu. Kalu kita kalkulasikan berarti kita punya uang sebanyak “Dua Puluh Enam Triliun Triliun Enam Ratus Tujuh Puluh Tujuh Miliyar Triliyun Dua Ratus Juta Triliyun rupiah” (mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan mohon untuk dikoreksi jika tidak tepat penyebutannya).
Oke setelah dibayangkan punya kekayaan sebanyak itu, sekarang mari kita tanya diri kita masing-masing, kalau saja punya uang sebanyk itu, kira-kira apa keinginan kita yang tidak bisa kita wujudkan? Wah sepertinya semua yang ktia inginkan bisa terwujud bukan? Karena orang kaya di dunia hari ini juga sepertinya belum ada yang memiliki uang sebanyak ini.
Namun yang perlu sahabat semua ketahui adalah uang sebanyak itu tidak ada artinya sama sekali dihadapan Allah, dan uang itu tidak ada nilai sama sekali ketika harus menebus kekafiran seorang manusia dihadapan Allah swt. Bagaimana saya bisa mengatakan semikian?
Mari kita buka al-Qur’an surat al-Imran ayat 91. Yang saya tuliskan terjemahannya saja “Sungguh, orang-orang yang kafir dan mati dalam kekafiran, tidak akan diterima (tebusan) dari seseorang diantara mereka sekalipun (berupa) emas sepenuh bumi, sekiranya dia hendak menebus diri dengannya. Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang pedih dan tidak memperoleh penolong” al-Imron ayat 91).
Ayat inilah yang menginspirasi saya untuk menghitung angka-angka diatas, yang bisa ambil hikmahnya adalah bahwa harga keimanan itu sangatlah mahal, sangat mahal harganya, sekali lagi saya ingin mengatakan bahwa iman itu mahal harganya, maka wajar apabila kita memahami bahwa nikmat iman itu adalah karunia dan nikmat Allah yang paling besar. Karena sekalipun orang kaifr mau menebus kekafiranya dengan emas sepenuh bumi itu tidak akan cukup dan tidak akan diterima.
Sebagai penguat mari kita baca firman Allah didalam surat al-ma’arij ayat 11-17, saya kutif terjemahannya “sedang emreka saling melihat, pada hari itu orang yang berdosa ingin sekiranya dia dapat menebus (dirinya) dari azab dengan anak-anaknya, dan istrinya dan saudaranya dan keluarga yang melindungiinya (di dunia), dan orang-orang dibumi seluruhnya, kemudian mengharapkan (tebusan) itu dapar menyelematkannya, salam sekali tidak! Sungguh neraka itu api yang bergejolak, yang mengelupaskan kulit kepala, yang  memanggil orang yang membelakangi dan yang berpaling (dari agama)” al-Ma’arij ayat 11-17.
Na’udzubillahimindzalik, wahai saudaraku, mau yang sudah beriman ataupun yang masih kafir, saya ingin sampaikan tiga hal penting. Yang pertama bagi yang sudah ada iman di hatinya, marilah kita syukuri, kita jaga agar tetap ada dan agar semakin tumbuh subur, hingga kita bisa menghadap Allah dalam keimanan. Yang kedua bagi saudaraku yang sudah beriman, yakinlah kalaupun keitka di dunia kita mungkin dipandang sepele dan hina secara duniawi, maka sesungguhnya kita lebih kaya dipandangan Allah dari pada orang-orang kafir yang kaya raya, karena sesungguhnya kita punya sesuatu yang amat berharga yakni keimanan. Dan  yang ketiga bagi saudaraku yang belum ada keimanan dihatinya, marilah bersegera untuk berubah, berubah demi memilih jalan yang indah, jalan keimanan yang Allah gariskan, karena sungguh kita lemah dihadapanNya, karena sungguh semua yang kita miliki hari ini tidak akan mungkin bisa menyelamatkan kekafiran yang ada pada hatimu. Wallahu’alam. Semoga ada manfaatnya, aamiin.

*ditulis di Baiturahman Bandung, Sabtu, 22 Desember 2012 jam 06.30- 07.03 WIB. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste