Langsung ke konten utama

Kilas UAS 2012 Di Daarul Qur’an Bandung



Terlihat kondisi di ruang kelas yang lebih tertata rapi dan tertib dalam hal waktu dan kegiatan para siswa di Sekolah Daarul Qur’an sejak hari Senin, 03 Desember kemarin, hal ini dikarenakan disekolah sedang dilaksanakan kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) tahun pelajaran 2012-2013.  Dihubungi di sela-sela istirahat shalat dzuhur  ketua pelaksana UAS Mr. Dita Agustian, S.Pd mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakannya UAS ini adalah untuk evaluasi hasil belajar selama satu semester. “tujuan dilaksanakannya UAS pada dasarnya untuk mengevaluasi proses kegiatan belajar mengajar (KBM) selama satu semester” ujar Mr. Dita yang menjadi pengajar IPA Biologi.
Pelaksana kegiatan UAS merupakan gabungan tim akademik dan Daarul Qur’an yang jumlahnya lebih dari  30 orang, proses persiapannya sudah dimulai sejak 4 minggu sebelum pelaksanaan. Sementara itu pelaksanaan UAS dilaksanakan selama 7 hari yakni sejak Senin-Jum’at, 03-07 Desember, dilanjukan hari Senin-Selasa, 10-11 Desember.
Sementara itu jadwal ujian praktik dan jadwal remedian UAS akan dilaksanakan pada tanggal 11-14 Desember, agenda berikutnya yakni class meeting (pekan olah raga dan kreativitas antar kelas) yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-21 Desember yang akan dilaksanakan oleh pengurus OSIS SMP dan SMA Daarul Qur’an Bandung. Sementara itu hasil UAS akan dilaporkan kepada orang tua pada hari Sabtu, 22 Desember 2012.
Mr. Dita menyampaikan “alhamdulillah selama pelaksanakan UAS berjalan dengan lancar, tidak ditemukan kendala yang berarti, hal ini dikarenakan kekompakan kinerja panitia yang tidak diragukan lagi, dan saya sampaikan terimakasih atas kerjasamanya” kata Mr. Dita ketika ditemui di sela-sela istirahat bada shalat dzuhur. (Nc/DQBdg)
 Beliau juga menginformasikan bahwa pekan liburan akhir semester siswa dilaksanakan sejak tanggal 23 Desember sampai 5 januasi 2013. Siswa masuk kelas untuk pembelajaran aktif dimulai lagi pada hari Senin, 07 Januari 2013. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste