Langsung ke konten utama

Berani Unggul, Berani Sukses!



Oleh : Ence Surahman

Sumber Gambar : http://onlinebusiness.volusion.com/articles/leading-your-business/

Saya adalah satu dari jutaan pemuda Indonesia dan dunia yang harus terus bersyukur karena bisa menjadi bagian civitas akademika disebuah perguruan tinggi. Tak peduli mau itu swasta ataupun negeri, dan apapun jurusan serta bidang keilmuan yang saya jalani hari ini. ya, saya bersyukur, karena dengan kesempatan kuliah, saya bisa belajar banyak hal tentang kehidupan. Saya belajar dari dosen ketika di bangku kuliah, sayapun belajar hidup dari teman-teman sesama mahasiswa, belajar bersosialisasi, belajar berorganisasi, belajar menata mimpi dan masa depan. Belajar banyak hal yang mungkin tidak didapatkan oleh teman-teman seumuran saya yang tidak atau belum sempat menikmati dunia kampus. Walaupun mungkin saja, sayapun sama tidak mendapatkan pengalaman yang dimiliki oleh teman-teman yang tidak kuliah tersebut.
Dari sekian banyak pelajaran yang saya dapatkan selama saya kuliah, salah satu hal menarik yang membuat saya terus berpikir adalah tentang masing-masing individu mahasiswanya. Dari semua teman-teman yang pernah saya ketahui, ternyata mayoritas yang menjadi mahasiswa kebanyakan diantaranya mereka adalah siswa yang unggul semasa disekolahnya dulu. Baik unggul dari sisi akademik ataupun non akademik, hanya yang pasti mereka pasti memiliki satu keunggulan dibanding teman-teman pada umumnya.
Dari pelajaran tersebut, saya berhipotesis bahwa orang-orang yang berani unggul dalam hidupnya maka mereka adalah pemenang dalam kehidupannya. Disinilah letak pembeda antara satu orang dengan orang yang lainnya, yakni hasyrat hidup yang terpancar dari jiwa berani unggul dalam diri masing-masing.
So, pelajaran penting yang tak boleh kita lupakan adalah berani menjadi yang unggul, dimanapun dan kapanpun, maka dengan begitu berarti kita telah membuat dan menyambut takdir menjadi pemenang, pemenang bukan berarti telah mengalahkan orang lain, tapi pemenang karena telah bisa mengalahkan kemalasan diri sendiri. Pemenang karena telah memimpin seluruh jiwa raganya untuk mencapai semua mimpi hidupnya. 

Komentar

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste