Langsung ke konten utama

Jangan Lupakan Rosulusi Yang Satu Ini!



oleh : Ence Surahman


Sumber Gambar : http://aryan.ngrambe.net/2012/12/resolusi-2013-belum-bisa-berbuat-banyak.html

Sudah sama-sama kita pahami bahwa disetiap penghujung tahun dan diawal tahun yang baru hampir semua orang menyibukan dirinya untuk menyusun resolusi jitu dalam hidupnya. Berharap semoga ditahun yang baru yang akan dilewati kualitas hidupnya bisa lebih baik sebagaimana yang diinginkannya. Walaupun mungkin saja ada diantara banyak orang tersebut yang ketika ia menyusun resolusi yang baru, hal itu sama seperti apa yang ia lakukan tepat satu tahun yang lalu ketika dirinya membuat resolusi untuk 1 tahun yang telah dilewatinya. Hmm itu berarti ada orang yang melakukan hal yang sama disetiap tahunnya dan itulah orang-orang yang merugi.
            Nah, pertanyaannya agar kita tidak dilabeli orang-orang yang rugi karena telah menyamakan hari ini dengan satu tahun yang lalu, maka ada beberapa hal penting yang harus kita benar-benar sadari, harus sungguh-sungguh kita perhatikan. Apakah itu? Yang pertama ketika kita akan menyusun resolusi untuk tahun yang baru, maka jangan lupakan begitu saja evaluasi diri kita dari perjalanan setahun yang telah terlewati. Kita analisis sedalam mungkin agar hal-hal yang kurang baik tidak kita lakukan lagi dan kita bisa mengambil pelajaran besar dari setiap pengalaman yang telah kita lalui.
            Yang kedua, barulah kita melangkah untuk menentukan visi apa yang akan kita wujudkan di tahun yang baru ini? dalam hal ini gunakan otak kiri dan kanan kita secara seimbang, agar kita berani menyusun resolusi sebaik mungkin namun tetap dalam koridor analisis diri yang realistis, hal ini penting guna meminimalisir resiko buruk yang mungkin datang menghalangi perjalanan suksesi resolusi kita.
Sebagai acuan, Anda bisa membuat resolusi untuk urusan materi, karir, karya, prestasi, dan lain sebagainya yang ingin Anda wujudkan di tahun yang baru ini. Namun dibalik semua resolusi yang telah Anda susun, jangan lupakan resolusi yang satu ini! karena ini menyangkut diri Anda di masa  depan yang sesungguhnya, karena hal ini terkait dengan nasib Anda untuk hidup Anda yang sebenarnya. Apakah itu? Ya, resolusi terbaik untuk akhiratmu. Jangan lupakan itu! Karena sehebat apapun resolusi materi dunia kita, tanpa di barengi dengan resolusi terbaik untuk akhirat kita, maka sia-sialah ia, hanya di dunia saja kita menikmatinya, sementara diakhirat kelak entah bagaimana nasib kita. So, pastikan untuk memnyusun dan berikhtiar sehebat mungkin untuk membuat resolusi terbaik akhirat kita! Setuju?



*ditulis di Baiturrahman, Selasa, 1 Januari 2013 jam 20.50-21.15 WIB sehabis perjalanan pulang dari Sukabumi.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste