Keterasingan Akan Mengantarkanmu Pada .....

22.08.00




Oleh: Ence Surahman

Gambar : http://2.bp.blogspot.com/


Masih ingatkan ketika Anda pertama kali belajar menulis sewaktu di TK atau SD dulu? Masih ingatkah ketika guru pertama kali mengajari anda membaca, mengingat cerita dan akhirnya kita berhasil membuat cerita dan menceritakannya didepan kelas. Bahkan ketika pertama kali kita belajar berjalan, belajar berbicara, belajar mengenal dan mengingat setiap benda yang kita temukan. Sungguh pada awalnya semua itu begitu asing untuk kita.
Seperti halnya seorang pendaki hutan rimba yang ketika kali pertama akan menjelajahi sebuah gunung tinggi menjulang yang sebelumnya tidak pernah ia daki. Perjalanan tersebut begitu asing untuk dirinya, namun akhirnya ia menemukan sebuah kenyataan yang begitu mengesankan dan membahagiakan, yakni ketika kakinya telah mencapai puncak tertinggi dan ia bisa memegang awan dari puncak tersebut.
            Sahabat,ketahuilah bahwa itulah hakikat dari proses belajar. Hakikat dari makna kehidupan, perjuangan dan jalan panjang yang harus dihadapi oleh setiap kita. Yakni semuanya akan bermula dari keterasingan namun akan berujung pada pencerahan dan wawasan baru, sebagaimana saat ini kita sudah bisa membaca, menulis, bercerita, bermain bola, mendaki gunung, bahkan akhirnya kita menjadi tahu bagaimana alur perjalanannya. Hingga berujung pada satu kesimpulan awal bahwa ketika kita berlajar sesuatu yang baru dan itu terasa begitu menyulitkan diri kita. Bersabarlah karena kita sedang belajar untuk menemukan sebuah pencerahan melalui keterasingan sementara. Kelak akan kita kita temukan ujungnya yang begitu mengesankan. Perayalah!.  
            Cukup dua hal saja yang menjadi bekal utama dalam upaya mensukseskan diri ketika melewati masa keterasingan, pertama keyakinan bahwa keterasingan itu hanya sementara dan yang kedua adalah keyakinan yang kokoh bahwa Anda akan bertemu dengan kepuasan diri yang dibuktikan dengan bertambahnya pengalaman, wawasan dan inspirasi yang amat berharga. Wallahu’alam.

You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.