Temukan Potensi Suksesmu!

16.16.00


Oleh : Ence Surahman


Pada suatu hari saya menjadwalkan waktu khusus untuk pengambilan gambar (pemotretan) untuk menambah koleksi photo dengan konsep wisuda dan mencoba melakukan photo dengan gaya yang lebih santai yang rencananya untuk dibuat foto cover buku yang sedang digarap. Kebetulan saya punya teman seangkatan bahkan satu kelas sewaktu kuliah yang punya lembaga photo sendiri. Namanya 2008 photography. Memang belum lama mereka mendirikan itu, tapi saya lihat lumayan projeknya sudah mulai banyak dan kualitas hasil photonya juga bisa bersaing dengan lembaga yang sudah lebih lama.
Awalnya saya kira proses pengambilan gambar itu hanya memerlukan beberapa menit saja, namun ternyata tidak demikian yang terjadi. Mulai dari awal hingga akhirnya dirasa telah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, kami menghabiskan waktu lebih dari 2 jam. Pada awalnya saya mengira itu waktu yang terlama dalam pengambilan gambar, namun teman saya yang juga photograper-nya itu berkata bahwa ini belum seberapa, para model biasa mengambil gambar lebih dari 8 jam bahkan hanya untuk kepentingan pra wedding saja itu bisa seharian penuh. Terlebih pada proses editingnya, untuk menghasilkan kualitas editan yang maksimal, maka seorang editor harus meluangkan cukup banyak waktu.
Ketika proses pengambilan gambar sudah selesai, kami sempatkan waktu untuk pemilihan gambar yang akan diedit. Sewaktu itulah kami ngobrol yang ujung-ujungnya nyambung dengan mengingat kembali perjalanan perkuliahan kami. Sampai akhirnya saya mendapatkan watu simpulan kecil yang membuat saya tersadar bahwa jalan sukses setiap orang berbeda-beda. Dan orang akan survive hingga eksis hidupnya sesuai dengan potensi dalam dirinya.
Satu angkatan teman-teman kuliah saya di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan ada sebanyak 70 orang lebih. Dari sebanyak itu saya melihat masing-masing memiliki kelebihann yang berbeda. Ada yang giat dalam melaksanakan tugas kuliah, ada juga yang semangat untuk melihat hasil pekerjaan temannya, ada yang lebih menyukai kajian teoritis, ada yang lebih senang secara konseptual, ada yang cenderung suka ke photograpy, ada juga yang senang membuat film, ada yang jago di animasi, ada yang di 3 dimensi, ada yang mahir ke grafis, ada juga yang lebih senang kekomunikasi hingga ia cukup mahir berbicara di depan umum, ada juga yang lebih giat dan aktif di organisasi sosial, ada juga yang cenderung lebih menyukai dunia anak-anak, hingga orang tua. Intinya saya melihat masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda.
Barangkali disinilah makna sebuah ungkapan yang sudah kita ketahui bersama bahwa tidak ada pribadi yang sempurna (no body perpect). Artinya masing-masing memiliki kelebihan sekaligus kekurangan yang berbeda satu sama lain. Maka sinergi menjadi sebuah solusi dan bukan alternatif untuk mengukir sukses yang lebih dahsyat. Dan sehebat apapun seorang individu tidak akan mampu mengalahkan potensi kelompok. Disinilah pentingnya sosialisasi dan kerja sama untuk membangun cinta, kerja dan harmoni sebagaimana slogan salah satu partai politik yang konon sedang menyambut takdir untuk masuk 3 besar di pemilu 2014 nanti.
Kedua teman saya yang tadi saya singgung diatas yang sudah punya lembaga photograpy ketika masih kuliah dulu, secara akademik bukan yang terbaik, karena saya masih menemukan yang lain yang lebih rajin, lebih aktif, lebih unggul, namun ternyata beliau memiliki kemampuan yang menjadi citra dan kekhasan dirinya yang tidak dimiliki oleh semua teman-teman seangkatannya termasuk saya sendiri.
Hikmah untuk para pembaca sekalian, mari kembali bercermin lalu temukan potensi diri yang bisa dikembangkan untuk dijadikan jalan dalam rangka menyambut sukses hidup anda semua. Jangan gantungkan harapan hidup bahagia anda kepada orang lain, namun raciklah potensi diri anda dan jadilah yang bangga serta cinta terhadap dirinya karena telah bisa memberikan banyak manfaat dari kemampuan yang bisa anda lakukan. Wallahu’alam.
Baiturrahman, 29 april 2013



You Might Also Like

1 komentar

  1. okeh mas, insyaallah dibidang yg lain...

    BalasHapus

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.