Langsung ke konten utama

Aku Khawatir Dengan Shaumku.


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(artikel ke-17 dari program ramadhan “one day one article”)


Alkisah disalah satu Bulan Ramadhan ketika Rosulullah saw masih hidup,beliau kedatangan tamu seorang muslimah. Wanita tersebut konon datang untuk mengadukan permasalahan yang sedang ia hadapi, namun sebelum wanita tersebut menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya, Rosulullah menyuguhkan segelas susu untuk diminum oleh wanita tersebut.
Ketika disodorkan segelas susu untuk diminumnya, wanita tersebut menolak dengan alasan ia sedang shaum. Sementara Rosulullah dengan sangat yakin bahwa wanita itu tidak shaum, akhirnya untuk meyakinkan wanita itu, Rosulullah menyuruh wanita tersebut untuk memuntahkan yang sudah masuk ke dalam perutnya, dan ketika ia memuntahkannya, ternyata dari mulut wanita tersebut keluar daging busuk yang sudah sangat bau.
Melihat keadaan begitu sang wanita hanya terdiam, lalu Rosulullah mengatakan kepada wanita tersebut, inilah yang menyebabkan aku mengatakan kepadamu bahwa engkau tidak shaum dikarenakan engkau telah melakukan perkara gibah hari ini. Subhanallah, kisah ini menginspirasi kita betapa luarbiasanya nilai pendidikan dibulan ramadhan. maka wajarlah kalau para ulama menyebut bulan ramadhan dengan sebutan syahruttarbiyah atau bulan pendidikan.
Orang-orang yang sedang shaum dididik untuk menjauhi dan tidak melaksanakan perbuatan yang sia-sia terlebih menjurus kepada maksyiat, orang-orang yang shaum dan ingin mendapatkan keutamaan shaumnya maka ia akan senantiasa mawas diri dan berhati-hati, dengan semua yang ia ucapkan, semua yang ia lakukan, dan semua yang ia niatkan dalam hatinya, karena ia tak ingin kalau ternyata balasan shaum yang didapatkannya hanya lapar dan dahaga yang tidak akan mengantarkan pada tujuan utama shaumnya yakni agar menjadi pribadi muttaqin. Wallau’alam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste