Langsung ke konten utama

Ekspresi Cinta Allah Untuk Hambanya Yang Shaum


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(artikel ke-18 dari program ramadhan “one day one article”)

            Subhanallah, kalau kita mau sedikit memaknai makna lebih dalam dari salah satu keterangan yang kurang lebih bunyinya begini “bau mulut orang yang shaum, dalam pandangan Allah jauh lebih wangi dibanding harumnya minyak kesturi” subhanallah, keterangan ini kalau dimaknainya hanya dengan kaca mata kita, rasanya sesuatu yang jauh dari kebenaran, bagaimana tidak orang yang seharian tidak shaum dikatakan memiliki wangi yang lebih wangi dari harum kesturi?, padahal faktanya siapapun yang sedang shaum, mau itu kalangan pejabat, konglomerat atapau rakyat jelata, baunya sama saja, tapi tidak dimata Allah swt.
            Hal ini menggambarkan salah satu bukti ekspresi cinta Allah yang begitu luar biasa kepada orang-orang yang sedang shaum. Untuk memahaminya sederhana saja. Kalau sudah cinta, maka sesuatu yang tidak mungkin juga bisa menjadi mungkin, misalnya ada dua insan yang saling mencintai, walaupun terpisah samudra yang dalam pasti akan disebrangi, walaupun lewat gunung berapi pasti akan dilalui, walapun melewati hutan rimba pasti akan dilewati. Walau harus mandi darah dan keringat pasti akan dilakukan, bahkan tidak jarang yang berani berkorban nyawa untuk seseorang yang dicintainya.
            Barangkali Allah sang maha rahman rahim tentu memiliki kualitas cinta yang begitu luarbiasa, kualita cinta dari sang kholik kepada sang makhluk, terlebih ketika sang makhluknya taat, patuh dan senantiasa dekat denganNya, maka tentu curahan cintaNya tidak akan bisa terukur.         
            Itulah sebabnya bagi mereka yang shaum dengan sebenar-benarnya shaum, maka ia akan mendapatkan keutamaan yang amat luarbiasa, diantaranya ia akan masuk secara khusus kedalam salah satu pintu surga yang dinamakan pintu arrayan, berikutnya Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah diperbuatnya, subhanallah, betapa pedulinya Allah, betapa besarnya kualitas cintaNya kepada kita.

            Lalu bagaimana dengan kita, apakah tak ingin mendapatkan kualitas cinta yang begitu luarbiasa? Apakah kita akan melewatkannya begitu saja? Tentu tidak bukan? Mari kita isi dan lakukan ibadahan shaum dengan iktiar yang ikhlas, yang totalitas dengan kualitas mujahadah yang tanpa batas, semoga Allah mencintai kita semua, aamiin YRA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste