Langsung ke konten utama

Mari Perbaiki Pola KorKomSosnya




Oleh : Ence Surahman, S.Pd

Dulu, ketika saya masih kuliah, lebih tepatnya ketika sedang menikmati sederatan aktivitas di organisasi kemahasiswaan saya sering mengalami masalah klasik diorganiasi yang saya ikuti yakni masalah koordinasi, komunikasi dan sosialisasi. Bahkan saya pikirhal itu hanya terjadi di organisasi yang saya ikuti ternyata ketika saya beberapa kali ada yang meminta sharing tetang manajemen organisasi baik di ormawa tingkat jurusan, fakultas, bahkan universitas, nyatanya masalah klasik tersebut juga sering terjadi disana.
Ketika itu saya berpikir, mungkin wajar hal itu terjadi karena memang pelaku organisasinya notabene para mahasiswa yang memang sedang dalam proses belajar. Dan saya pikir ketika nanti saya masuk dalam dunia kerja dimanapun saya masuki, saya kira tidak wajar apabila masalah klasik tersebut masih terjadi.
Ketika saya mencoba masuk kedalam dunia kerja, ternyata pandangan saya ketika masih kuliah dulu salah, rupanya masalah klasik itu masih saja terjadi, dan saya baru tahu dampaknya jauh lebih berefek dibandingkan ketika masalah tersebut terjadi pada konteks organisasi kemahasiswaan, artinya kalau kepada mahasiswa orang masih memberikan ruang toleransi yang tinggi berbeda halnya ketika hal itu terjadi pada dunia kerja yang secara prinsip dituntut adanya profesionalitas, semua kebijakan yang diambil seharusnya berdasarkan hasil analisis dan kajian yang tidak sembarangan. Tentu kesalahan klasik berkaitan dengan tidak rapinya pola komunikasi, koordinasi dan sosialisasi kebijakan saya pikir bukan perkara kecil yang bisa terus berulang dikemudian hari, seolah seperti pepatah “jatuh kelubang yang sama”.
Inti dari tulisan diatas, hanya untuk bahan pelajaran khususnya bagi saya pribadi dan umumnya bagi para pembaca sekalian, smeoga menjadi bahan instrospeksi dan antisipasi dalam benak kita bersama, karena boleh jadi hal itu masih saja terjadi dalam keseharian kita termasuk dalam dunia kerja yang kita masuki. Walallu’alam, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste