Sendi-Sendi Silaturahim

17.39.00


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
Seri Inspirasi Spesial Lebaran

Sahabat yang baik hati, beberpa hari yang lalu kita disibukan dengan agenda silaturahim yang dikemas dengan agenda halal bihalal keluarga besar, atau halal bihalal rekan kerja sekantor, bisa juga dalam bentuk agenda reuni alumni tempat belajar dan agenda sejenis lainnya. Bahkan untuk menghadiri agenda-agenda tersebut barangkali beberapa hari kita berlalu dengan padatnya agenda silaturahim.
Silaturahim merupakan perbuatan yang amat dianjurkan oleh Baginda Rosulullah saw. Bahkan beliau mengabarkan bahwa bagi orang-orang yang senang dan rajin bersilaturahim maka ia akan mendapatkan keutamaan panjang umurnya dan mudah rizkinya.
Ngomong-ngomong soal silaturahim saya sempat mendengar seorang Ust. Berkata bahwa sendi-sendinya termaktub dalam satu kata yakni kata “AKAL”. Mari kita bahas satu persatu.
A = Allah. Hal itu berarti bahwa yang pertama dan utama harus terus kita bangun, sambungkan dan kita jaga yakni silaturahim kita dengan Allah swt. Tuhan yang membuat kita ada, yang mencukupi rizki dan begitu banyak nikmat untuk kita. Maka jangan lupakan hubungan kita dengan Allah. Caranya dengan beriman dan bertaqwa kepadaNya.
K = Keluarga. Artinya setelah kita mengutamakan hubungan silaturahim dengan Allah berikutnya pastikan untuk senantiasa baik, hubungan kita dengan keluarga. Makna keluarga disini diartikan dalam makna yang luas artinya tidak hanya keluarga secara nasab namun juga kekeluargaan yang terbangun atas keimanan, juga atas nama persaudaraan antar sesama manusia. Cara silaturahimnya dengan cara memenuhi hak dan kewajiban kita sebagai keluarga, sebagai manusia.
A = Arwah. Hal itu bermaksud bahwa sendi yang lainnya setelah ke Allah dan keluarga, juga jangan dilupakan hubungan silaturahim kita dengan roh-roh yang telah lebih dulu meninggal. Caranya dengan mendo’akan mereka agar diterima iman dan islamnya, diterima amal baik dan dihapuskan dosa-dosanya. Penting untuk diingat arwah orang-orang yang telah meninggal jangan sesekali dijadikan tempat kita meminta pertolongan karena itu masuknya kateogri syirik yang besar melainkan kita do’akan.
Dan yang terakhir L = Lingkungan. Artinya selain kita berhubungan baik dengan Allah, keluarga dan arwah maka kita juga harus senantiasa berbuat baik dengan lingkungan tempat kita berada. Mau sedang dimanapun dan kapanpun kita harus kedepankan nilai silaturahim dengan lingkungan. Caranya dengan menjaga kebersihannya. Menjaga kestabilan lingkungannnya, kemudian tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan sumber daya alam dalam wujud apapun dengan berlebihan dan lain sebagainya.
Itulah sendi-sendi silaturahim yang harus kita jaga, yang harus senantiasa kita bangun dan jangan sesekali kita meruntuhkannya. Semoga bermanfaat.  



You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.